Rose Gold Christmas Makeup Tutorial

 

Can’t believe how fast time fly. It’s that time of the month again – Makeup Collaboration. Dan untuk kali ini, aku membuat Rose Gold Christmas Makeup Look. Loh kok collab milih look sendiri? Well, berbeda dengan yang sebelumna, kali ini kita dibebasin untuk milih tema sendiri.

Jadi, ceritanya kita dibebasin karena di bulan December ini kita merayakan hari Hak Asasi Manusia (10 December).  Karena itu, Beautiesquad memutuskan untuk mengajak kita untuk Celebrate Hak kita sebagai pecinta makeup untuk membuat any look we like.

Beautiesquad Monthly Makeup Collaboration
Beautiesquad Monthly Makeup Collaboration

Hak Asasi Manusia

Sebelum kita membahas Christmas Makeup Look yang aku buat, mari kita diskusi sedikit tentang Hak Asasi Manusia.

Tahukah kalian bahwa Hari Hak Asasi Manusia itu diperingati setiap tahunnya oleh banyak negara diseluru dunia? Hari yang satu ini mulai diperingati secara formal dan rutin sejak tahun 1950. Jadi, setelah Majelis Umum Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB) mengundang semua Negara dan Organisasi yang perduli untuk ikut mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia; disepakatilah untuk menjadikan tanggal 10 December sebagai hari Hak Asasi Manusia.

Tujuan utama PBB didirikan adalah untuk:

  1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia,
  2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia
  3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
  4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan perdamaian dunia, dan
  5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

So basically, PBB ingin memastikan keadilan yang merata untuk semua orang didunia. Hal ini berjalan selaras dengan nilai – nilai Pancasila kita. Karena itulah Indonesia turut bergabung dengan PBB, dan turut serta merayakan hari HAM ini.

Makeup Adalah Hak

1 Beauty adalah Universal Culture

So, apa urusanya HAM dengan Beauty? Well, believe it or not, Makeup itu adalah hak yang dimiliki oleh semua manusia di bumi, karena berdandan itu termasuk dalam HAM loh, tepatnya masuk dalam point no-3. Karena Beauty, dan secara khusus Makeup itu adalah budaya. Budaya ini dihidupi dan dicelebrate secara universal diseluruh dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan Beauty Trend Around The World. Selain itu, lewat makeup kita bukan hanya mendapatkan kesempatan untuk berekspresi, tetapi juga kesempatan untuk menyampaikan sesuatu kepada dunia. Pasalnya, Beauty, seperti lukisan, juga adalah bahasa universal yang dapat diterima dan dimengerti oleh semua lapisan masyarakat didunia.

Karena itu, sebagai kelompok pecinta Beauty, komunitas Beautiesquad mengajak para membernya untuk merayakan hari HAM dengan membuat kreasi makeup. Baik pemula maupun veteran, semua welcomed untuk berpartisipasi, celebrating our right to makeup. Jadi, kamu tidak harus jadi MUA dulu baru bisa join. Asalkan kamu punya blog, punya kategori Beauty dalam blog, dan aktif ngeblog; you are very much welcome to join the collaboration every month.

Berikut adalah steps how to join Monthly Makeup Collaboration Beautiesquad:

  1. Tergabung dalam Facebook Group Beautiesquad.
  2. Mendaftar Makeup Collaboration dalam rentan waktu yang telah ditentukan
  3. Join Collab WA Group dalam rentan waktu yang telah ditentukan
  4. Do the Collab as per instructions (brief)
  5. Submit the Photo On Time agar editor punya cukup waktu untuk mengedit kolase fotonya
My last month makeup Collaboration Project - Festive Birthday Makeup Look
My last month makeup Collaboration Project – Festive Birthday Makeup Look

2 Setiap wanita berhak untuk berkreasi

Suka tidak suka; setuju tidak setuju; Beauty, dalam pengertian Make Up adalah Art atau Karya Seni. Jadi berdandan itu bukanlah sekedar menemplokan krim, cairan dan bubuk kewajah. Berdandan adalah ekspresi karya seni yang dilukiskan pada media berupa wajah manusia.

Pada prinsipnya, ketika kita berdandan, kita sedang mengaplikasikan tekhnik melukis dan mengukir. Karena itu, para makeup artist secara khusus, menyebut hasil karya mereka sebagai Makeover. Hal ini dikarenakan, ketika kita berdandan, kita dapat mengubah bentuk wajah kita. Karena itu, seperti pelukis atau pengukir berhak take pride dengan hasil lukisan atau ukiran mereka, begitu juga dengan wanita dan makeup artist. We take pride dengan hasil makeup kita.

Pada prinsipnya, ada 2 hasil Makeover:

  • Better version of ourselves. Jadi kita tetap menjadi diri sendiri, tetapi terlihat lebih baik. Misalnya, yang tadinya mukanya jerawatan jadi terlihat mulus; yang mukanya bundar seperti bola menjadi oval atau lebih tirus; yang matanya sipit jadi belo, dst.
Rose Gold Christmas Makeup Look
Rose Gold Christmas Makeup Look
  • Makeup Transformation. Versi makeover yang satu ini dapat membuat kita terlihat seperti orang lain. Contoh perfect untuk case ini adalah Promise Tamang. Well, memang dia pada dasarnya adalah makeup artist. Tapi secara khusus, dia mendalami dan banyak melakukan Fantasy Makeup Makeover seperti kita bisa lihat dari Portfolio Channel Youtubenya, dimana dia banyak memposting Video Tutorial Makeup Transformation.
Promise's Mermaid Transformation
Promise’s Mermaid Transformation

3 Makeup adalah skills yang perlu dilatih

Tahukah kalian kalau skill make up itu perlu dilatih? Seperti aku sebutkan diatas, berdandan itu invlove skill melukis dan mengukir. Meskipun hanya tampilan natural untuk sehari – hari, tapi butuh waktu lama dan tekhnik berdandan yang baik untuk bisa menciptakan tampilan yang bagus.

Kalau kita lihat di film – film Hollywood, ada kan adegan – adegan dimana para aktor dan aktris terlihat natural, seolah – olah mereka tidak pakai makeup. Nah, itu namanya No Makeup Makeup. Jadi tetap pakai makeup, tapi kesannya seolah – olah tidak pakai makeup. Karena tidak mungkin mereka tidak makeup; otherwise, mereka akan terlihat kucel dan kurang menarik.

One of my natural Look
One of my natural Look

Nah, untuk mendapatkan hasil akhir yang seperti itu, bukan hanya butuh investasi produk yang berkualitas, tetapi juga butuh waktu untuk perfecting the skills. Makanya kita punya yang namanya Makeup School, Makeup Academy, Makeup Workshop, Makeup Classes (kelas informal dengan MUA), dan personal Self-Makeup Classes. Dan tahukah kalian berapa biayanya? Biayanya itu mahal sekali, makanya banyak yang mengambil solusi alternative dengan Self-Taught dari Youtube Tutorial.

Point yang ini sengaja aku masukan kedalam list. Why? Karena aku merasa hal ini penting sekali untuk didiskusikan. Just to be clear, aku bukannya anti kritik dan saran ya. Tetapi, yang menjadi persoalan adalah cara menyampaikan masukan atau komentar tersebut yang menjadi masalah. Mungkin niat kita baik. Kita tidak bermaksud untuk melukai dan membuat orang lain menjadi down. Namun, kalau cara penyampaian kita salah, hal ini bisa berdampak terbalik. Masalah ini secara khusus didapati sangat sensitive di dunia maya. So, saranku, cobalah untuk dibaca ulang terlebih dahulu komentar kita sebelum  dipost. Kalau tidak yakin, mintalah pendapat orang yang sedang ada bersamamu, atau kalau lagi sendirian, chatlah temanmu; apa pendapat mereka?

Yes, I am a makeup artist and used to take Makeup Job too :)
Yes, I am a makeup artist and used to take Makeup Job too 🙂

pink-swirly-hi

Rose Gold Christmas Makeup 

OK, enough with HAM Talk. Now, let’s talk about Makeup! So, untuk collaboration kali ini, seperti sudah aku mentioned diatas, aku membuat Christmas Makeup Look. I called this look Rose Gold Christmas Look. Alasanku sederhana saja, aku memilih Christmas Look karena ini adalah bulan Desember. Desember = Christmas Season. So, sudah sewajarnya aku turut merayakannya dengan membuat my version of Christmas Look.

Kali ini aku memilih Rose Gold as my theme; simply karena aku sudah janji pas hauling di IG Story kalau aku akan bikin Rose Gold Christmas Makeup Tutorial using BLP Beauty Limited Edition Caramel Champagne Lip Coat. So, I think that’s enough and good enough reason, doesn’t it? Kalau masih kurang, aku suka banget sama warna Rose Gold.

Honestly, meskipun aku suka banget sama warna Rose Gold, tapi aku belum pernah bikin any Rose Gold Makeup Look sebelumnya. So, ini adalah kali pertama. Dan I think, personally, Rose Gold adalah warna yang perfect untuk Christmas. Warnanya ini punya kesan yang warm but at the same time, it feels glamorous. Dan warna ini juga get along well dengan the iconic Christmas color, which is redIn fact, it may be perfect to go with any colors that you may wear. So, yuk join me using Rose Gold Christmas Makeup this year together!

Christmas is around the corner
Christmas is around the corner!

So, berikut adalah list produk yang aku pakai untuk membuat the Rose Gold Christmas Makeup:

Face Makeup:

♡ Catrice Cosmetic – Anti Shine Primer
♡ Catrice Cosmetic – Smoothing Refiner Primer
♡ Maybelline Cosmetic Master Camouflage Concealer
♡ Maybelline Cosnetic Fit Me Matte+Poreless Foundation
♡ Maybelline Fit Me Matte+Poreless Foundation
♡ Makeover Cosmetic Contour Kit
♡ Sephora Ombre Face Palette (Limited Edition)

The Face Makeup I used

Brow Makeup:

♡ BLP Beauty Brow Definer – Dark Brown
♡ BLP Beauty Brow Filler – Dark Brown

Eyes Makeup:

♡ NYX Professional – White Eye Primer
♡ Makeover Cosmetic Contour Kit
♡ Sephora Ombre Face Palette (Limited Edition)
♡ BLP Beauty Caramel Champagne Lip Coat
♡ Sailor Moon Black Pen Liner
♡ Maybelline Falsie Push Up Mascara Drama
♡ Maybelline Falsie Push Up Mascara Angel

The Eyes Makeup I used

And here is the Rose Gold Christmas Makeup tutorial, enjoy!

pink-swirly-hi

The Store

Beberapa makeup aku beli dari E-Commerce Sephora, Sociolla, tapi beberapa aku beli juga dari online shop seperti Beauty Haul Indo.

Kalau teman – teman mau belanja di Sociolla, feel free to use my Discount Code ya. Lumayan banget kan, belanja minimal IDR 250,000 dapat diskon IDR 50,000 + dapat Free Ongkir juga lagi!

Sociolla Discount Code

pink-swirly-hi

Karea Makeup Tutorial ini adalah kolaborasi, tentunya ada teman – teman lain yang juga turut membuat makeup look versi mereka. Nah berikut adalah salah satu contoh hasil karya dari teman kolaborasiku Dwi Ningrum.

Nah yang ini adalah Photo Collage dari teman – teman yang ikutan Makeup Collaboration kali ini, untuk more photos, kalian bisa cek instagram Beautiesquad:

Looks from Tim Inti :)
Looks from Tim Inti 🙂
Looks from Facebook Tim :D
Looks from Facebook Tim 😀

 

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

 

hearts-line-divider-12541935