7 Cara Merawat Kulit Berminyak [Beauty Tips]

Hello, lewat post ini, aku mau share 7 cara merawat kulit berminyak. Secara khusus, aku mau mendedikasikan untuk teman – teman yang punya kulit berminyak seperti aku, karena aku tahu dan mengerti betapa sulitnya merawat kulit berminyak di negara dengan iklim tropis ini. Dulu sewaktu aku masih tinggal di Australia, kulitku tidak seberminyak sekarang. Well, tidak mengherankan actually, karena cuaca disana kering dan hardly panas, keculai pas musim panasa saja.

So, I hope this article bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak kalian. Dan jika kalian ada saran tips atau saran yang bermanfaat, feel free untuk komen ya ūüôā Siapa tahu bisa berguna untuk teman – teman lainnya.

Ps: this article is brought to you in collaboration with Beautisquad and BIOKOS.

Biokos Pure Balance Skincare

7 Cara Merawat Kulit Berminyak

Step 1: Jangan Malas Membersihkan Wajah!

Ini adalah lifestyle yang harus dibangun oleh semua orang, khususnya untuk kita Рkita yang punya kulit berminyak. Why? Karena orang dengan kulit berminyak cenderung mempunyai pori Рpori yang besar. Oleh karena itu, cara merawat kulit berminyak yang pertama dan wajib untuk dilakukan setiap hari adalah membersihkan semua kotoran dan makeup yang terakumulasi dikulit agar pori Рpori tidak tersumbat. Namun, jangan terlalu sering. Cukup membersihkan sehari dua kali saja Рpagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur, agar kulit tidak menjadi kering; otherwise, hal ini dapat merangsang produksi minyak tambahan, yang akhirnya menyebabkan kulit jadi semakin berminyak.

Ketika mencuci wajah, hindari menggunakan air panas. Lebih dianjurkan untuk menggunakan air hangat, karena dapat membantu membuka pori Рpori sehingga produk pembersih dapat mengangkat kotoran dan sisa makeup dengan lebih baik. Lalu, gunakanlah cool water untuk membilas supaya pori Рpori kembali mengecil, sehingga tidak ada kotoran yang masuk kembali kekulit kita.

Skincare Suggestion

Untuk produk pembersih, dianjurkan untuk menghindari produk yang mengandung  oil, soap atau wax. Sebaiknya gunakan pembersih dalam bentuk Foam atau Gel. Pembersih tipe ini lebih mudah diserap oleh kulit; oleh karena itu, pembersih jenis ini lebih efektif untuk mengatasi kebelihan minyak. Seperti BIOKOS Pure Balance 20s Purifying Gel Cleanser ini misalnya.

Gel Cleanser ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian skincare BIOKOS Pure Balance 20s. Didesign untuk wanita usia 20-an seperti saya, semua skincare dari seri BIOKOS Pure Balance 20s ini mengandung active ingredients seperti Bio Witch Hazel Extract, Pro Vitamin B5, Bio-Chamomile Extract dan Bio-Sulfur. Oleh karena itu, gel cleanser BIOKOS ini dapat membantu mengurangi kelebihan minyak di kulit, dan membantu merawat kulit yang berjerawat.

Personally, aku pakai cleanser ini dipagi hari, untuk membersihkan wajah sebelum makeup. Lalu dimalam hari, sepulang kerja, sebagai double cleansing. Yang aku paling suka dari Gel Cleanser BIOKOS Pure Balance 20s ini adalah tidak membuat kulit terasa keset, dan berasa segar karena ada cool sensation ketika dipakai.

Biokos Pure Balance Cleanser, efektif untuk membersihkan kulit berminyak

Biokos Cleanser Texture

 

Step 2: Gunakan Toner

Setelah mencuci wajah dengan baik, cara merawat kulit berminyak yang kedua adalah menggunakan toner. Memang kadang rasanya malas untuk menggunakan toner. Banyak orang bahkan merasa langkah ini tidaklah penting untuk dilakukan. So, sesudah cuci wajah, mereka langsung pakai moisturizer.

Well, let me tell you hari ini bahwa step ini ternyata salah satu rahasia kulit sehat! Berikut adalah manfaat menggunakan Toner:

  1. Dapat membantu meminimalkan ukuran pori – pori
  2. Mengangkat  sisa kotoran dan lapisan sel kulit mati dari permukaan kulit sehingga mencegah pori Рpori tersumbat dan timbulnya komedo.
  3. Membantu mencerahkan kulit kusam
  4. Mengembalikan keseimbangan pH pada kulit wajah. Karena cleanser cenderung over cleansing sehingga mengganggu keseimbangan pH pada kulit.
  5. Memberi lapisan pelindung dengan cara mengencangkan ruang pada sel – sel setelah dibersihkan.
  6. Melembabkan kulit karena Toner karena mempunyai kemampuan humektan – mengunci kelembaban, sehingga dapat mencegah dehidrasi pada kulit.
  7. Menyegarkan kulit, khususnya jika Toner yang digunakan mengandung Cooling Agent.

Suggestion

Untuk wanita dengan kulit berminyak seperti saya, khususnya yang berjerawat, dianjurkan untuk mencari Toner yang mengandung asam glikolat (glycol) atau asam alisilat (salicylic acid), karena dapat mengurangi minyak dan membuat kulit wajah cerah.

Karena aku lagi pakai skincare BIOKOS Pure Balance 20s, agar hasilnya  maksimal dan tidak rancu, skincare mana yang efektif bekerja dikulitku; so, sesudah mencuci wajah hingga bersih, aku pakai Toner mereka, yaitu BIOKOS Pure Balance 20s Purifying Astringent. Seperti Gel Cleanser mereka, BIOKOS Pure Balance Purifying Astringent ini juga mengandung Active Ingredients: Bio Witch Hazel Extract, Pro Vitamin B5, Bio-Chamomile Extract dan Bio-Sulfur juga.

Biokos Toner

Dari hasil pemakaian sampai dengan hari ini, kira – kira sudah 2-3 minggu aku pakai secara konsisten – pagi dan malam hari sesudah mencuci wajah, Toner BIOKOS ini terasa ringan, lembut, tidak lengket dan menyegarkan dikulit. Apalagi kalau pulang kerja, berasa sekali segarnya, like my skin feels alive lagi.

Untuk result, aku notice kalau pori – poriku jadi lebih kecil. Well, seperti yang teman – teman ketahui, wanita dengan kulit berminyak itu cenderung punya pori – pori yang besar. Nah, karena dulu waktu sekolah aku suka pencetin jerawat, jadi ada beberapa pori – pori yang kesannya bolong, alias super besar. Memang tidak sampai menutup rapat, tapi size-nya jadi jauh lebih kecil dari yang sebelumnya.

Biokos Toner texture - light and smells good

 

Step 3: Pilih dan Gunakan Pelembab Bebas Minyak

Siapa bilang kalau kulit berminyak tidak butuh pelembab? Tahukah teman Рteman kalau kulit berminyak bisa menjadi kering dan membutuhkan pelembab juga. Hal ini penting untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dengan baik. Karena selain kandungan minyak, kulit kita juga memiliki kandungan air. Oleh karena itu, cara merawat kulit berminyak yang ketiga adalah wajib menggunakan moisturizer. Moisturizer berfungsi untuk memperlambat evalporasi kandungan air pada kulit kita. Jika kulit berminyak menjadi kering, hal ini dapat menyebab produksi minyak tambahan; makanya kulit kita jadi berminyak sekali seperti wajan penggorengan.  Selain itu, pelembab tertentu juga dapat membantu mengkontrol produksi minyak.

Suggestion

Pilihlah produk yang memiliki efek mendinginkan. Seberapa besar pori Рpori dikulit kita sangat mempengaruhi kulit wajah yang berminyak; oleh karena itu, dianjurkan untuk memakai produk yang memiliki efek cooler untuk membuat pori Рpori kita lebih relax, sehingga dapat mengurangi produksi minyak berlebih.

Sehari Рhari, sebelum makeup dan sebelum tidur,  aku pakai dua moisturizer: pelembab water base dalam bentuk essence dan BIOKOS Pure Balance Hydro Gel Moisturizer. Karena Hydro Gel ini punya tekstur yang agak encer seperti air, jadi mudah menyebar; so, sedikit saja sudah cukup untuk seluruh wajah. Biar hemat, aku biasanya suka mix kedua pelembab ini ditelapak tangan, baru sesudah itu diaplikasikan secara merata diseluruh wajah.

Biokos Gel Moisturizer

Seperti Toner BIOKOS, BIOKOS Pure Balance 20s Hydro Gel ini juga memiliki Cooling Effect yang menyegarkan. Selain itu, Gel ini juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih karena mengandung active ingredient Bio-Witch Hazel Water juga, dan Collagen untuk menjaga elasitisas kulit.  Enaknya lagi, Hydro Gel ini tidak lengket diwajah dan cepat meresapnya.

Texture Biokos hydro Gel moisturizer

Step 4: Minum Air Yang Cukup

Ini adalah cara merawat kulit berminyak yang tidak bisa dinegosiasi kalau mau kulit kita jadi lebih sehat dan less oily. Ternyata kalau tubuh kita dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit jadi berminyak loh! Hal ini dikarenakan kekurangan cairan pada tubuh membuat kulit kita menjadi kering. Hence, kulit akan memproduksi minyak berlebih untuk menyeimbangkan keringnya kulit kita. So, yuk mulai hari jangan malas minum air putih!

A glass of water
Image: https://steptohealth.com/

Step 5: Kertas Minyak Adalah Sahabatmu

Kertas Minyak bisa dibilang adalah “P3K” untuk wanita kulit berminyak. Kertas ini sangat berguna untuk menyerap semua minyak pada wajah. Oleh karena itu, penting banget untuk selalu siap sedia didalam tas. Khususnya, kalau kita lagi menghadiri¬†event, penting sekali untuk digunakan sebelum touch up. Karena kalau kita langsung touch up dengan bedak, riasa kita akan jadi¬†cakey.

Blotting Paper to help with the excess oil. Use it always before touching up
Image: http://www.makeupandbeautyblog.com

Step 6: Jagalah Rambut Tetap Bersih

Kebersihan rambut juga dapat menyebabkan kulit wajah jadi kotor dan berjerawat. Seperti kita ketahui, Indonesia itu cuacanya selalu panas dan lembab. Oleh karena itu, baik wajah maupun rambut pasti cepat berminyak. Ditambah dengan tingkat polusi yang terbilang tinggi, tidaklah mengeherankan rambut jadi cepat kotor juga. Karena itu, cara merawat kulit berminyak yang keenam yang penting untuk kita lakukan adalah menjaga kebersihan rambut. Coba bayangkan apa jadinya kalau rambut kotor menempel diwajah kita yang juga sudah berminyak dan kotor? Jadi Double deh kotornya. Makanya orang Indonesia cenderung berjerawat. Apalagi yang rambutnya berponi, biasanya diarea jidat sana pasti banyak jerawatnya. So, kalau ingin punya kulit wajah yang bersih dan sehat, jangan malas untuk merawat kebersihan rambut juga ya!

Washing hair regularly
Img: https://media.licdn.com

Step 7: Gantilah Seprei Secara Berkala Dan Rutin

Cara merawat kulit berminyak yang ketujuh ini mungkin kedengerannya aneh. Jarang – jarangkan ada yang kasih nasihat buat ganti seprei secara rutin? Well, masalahnya, ketika kita tidur dikasur pada malam hari, seprei kasur maupun bantal guling kita juga terkontaminasi dengan minyak dari wajah kita. Belum lagi kalau kita tidur – tiduran dikasur sepulang sekolah atau kerja, bukan hanya minyak yang menempel, tetapi juga debu dan kotoran lainnya juga menempel disana. Plus, sekalipun lokasi kasur kita indoor, dan kita juga sudah menutup ruangan rapat – rapat, tetapi bukan berarti ruangan kita tidak terekspos dengan debu dan kuman. Oleh karena itu, gantilah seprei secara berkala dan rutin.

Changing bed cover regularly is important to keep our skin healthy
Img: https://media.sheridan.com.au/

 

The Store and The Price

Jika kalian tertarik dengan seri skincare BIOKOS Pure Balance 20s ini, dan ingin menggunakan the whole set, rangkaian mereka sangat lengkap – Cleanser, Toner, Facial Foam, Moisturizer, Night Cream, Scrub, Masker dan Clarifying Lotion (untuk ditotolkan pada jerawat). Untuk detail, bisa dicheck langsung di:

Website: http://www.biokos.com/

Fanpage: https://www.facebook.com/biokosmt

Twitter: https://twitter.com/biokos_mt

Instagram: https://www.instagram.com/biokos_mt/

Online Store: https://marthatilaarshop.com/products/brand/biokos

 

Produk Рproduk ini  bisa dibeli offline at your nearest Martha Tilaar beauty counters atau di Beauty Mart seperti Guardian atau Watson; atau beli Online dari Martha Tilaar official website.

Berikut adalah pricelist saat ini*:

  • BIOKOS Pure Balance Purifying Gel Cleanser – IDR 52,400.-**
  • BIOKOS Pure Balance Purifying Astringent – IDR 52,400.-**
  • BIOKOS Pure Balance Hydro Gel Moisturizer – IDR 38,600.-**

*Price may change anytime without notice

** Product ini mengandung alcohol dan fragrance

 

Read also: 5 Cara Menggunakan Automatic Eyeliner

pink-swirly-hi

So, that’s all my Blog Post for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Blog: blossomshine.com

Instagram: @blossom.shine

Youtube: Gracia Cita

Facebook: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

Comments

Comments

  1. Gracia Cita says:

    Welcome, dan thank you for reading my post! Glad to know kalau postinganya berguna ūüôā

  2. Parasayu says:

    Detail sekali infonya, informasi bagus. ūüôā

  3. Gracia Cita says:

    Hi Asti, i used to be like that too.. main pake tp gk bc ingredients.. gara2 ngereview produk dan kadang ada org nanya soal ingredients, jd mulai terbiasa check ingredients deh ūüėÉ sptna itu good habit yg baik buat dibangun ‚ėļÔłŹ

  4. Beautyasti1 says:

    Wait, what? Padahal aku pakai 20s loh walau umur udah setingkat di atas nya. Tapi ga pernah baca ingredients nya karena belom pernah di review. Pakai aja

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*