5 Cara Menggunakan Automatic Eyeliner [Beauty Tutorial]

Hallo semuanya, dalam post kali ini, aku mau share 5 Cara Memakai Automatic Eyeliner. Aku angkat topik ini karena Eyeliner merupakan salah satu bagian make up yang sangat penting! Dengan memakai eyeliner, kita bisa membuat penampilan menjadi terlihat lebih segar dan tegas.

Fresh Eye Look, with just eyeliner
Fresh Eye Look, with just eyeliner

Jenis – jenis Eyeliner

Langkah pertama untuk membuat eye-line, kita tentunya membutuhkan eyeliner. Sebagai makeup artist, aku sering sekali mendapatkan pertanyaan dari murid – murid Personal Beauty Class-ku, “Eyeliner mana yang bagus untuk digunakan?” Setiap kali aku selalu menjelaskan bahwa semua eyeliner pada dasarnya bagus, tetapi jenis apa yang cocok untuk digunakan, ini pertanyaan besar sesungguhnya. So, sebelum kita lanjut ke tutorial, mari kita kenali dahulu jenis – jenis eyeliner yang ada dipasaran:

  1. Eyeliner Pensil – Sesuai namanya, bentuk eyeliner yang satu ini terlihat seperti pensil biasa yang kita gunakan untuk menulis. Tipe ini mempunyai low pigmentation dan cenderung tidak tahan lama.
  2. Liquid Eyeliner – Jenis eyeliner yang satu ini mempunyai pigmentasi yang sangat baik dan tahan lama. Namun cukup sulit untuk dikontrol karena teksturnya yang encer.
  3. Gel Liner – Dikemas dalam bentuk pot, eyeliner ini punya formula yang lebih kental dibandingkan dengan liquid-liner; oleh karena itu, gel liner lebih mudah untuk dikontrol. Selain itu, eyeliner ini cenderung tahan lama dan cepat kering setelah diaplikasikan.
  4. Pen Liner – Tipe ini bisa dikatakan adalah bentuk lain dari Liquid Eyeliner. Dikemas dalam bentuk spidol, Pen Liner mempunyai tekstur yang cair juga, namun lebih mudah untuk dikontrol dalam pengaplikasiannya, dan mempunyai hasil akhir yang lebih lembut.
  5. Cake Liner – Tipe yang satu ini mungkin jarang kita dengar, karena memang lebih banyak digunakan oleh Makeup Professional untuk eksplorasi gaya makeup. In short, cake liner mempunyai tekstur yang sangat padat; oleh karena itu kita perlu membasahi kuas terlebih dahulu sebelum aplikasi agar warnanya lebih keluar.
  6. Automatic Eyeliner / Retractable Eyeliner – Ini adalah bentuk lain dari eyeliner pensil. Jika pensil-liner harus diserut, seperti pensil mekanik, kita tidak perlu menyerut automatic eyeliner. Untuk mengeluarkan isinya, kita hanya perlu memutar pensilnya. Selain itu, automatic eyeliner punya pigmentasi yang lebih pekat. Beberapa automatic eyeliner mengandung waterproof formula, sehingga awet dipake seharian.

Rekomendasi

Untuk pemula, khususnya buat teman  – teman yang baru mau belajar makeup, aku anjurkan untuk memilih antara pensil-liner atau gel-liner atau automatic eyeliner. Dibandingkan dengan tiga tipe lainnya, ketiga eyeliner ini lebih mudah untuk digunakan. Selain itu, tiga tipe eyeliner ini juga lebih mudah untuk dirapikan jika kita membuat kesalahan.

Personally, aku prefer Automatic Eyeliner, karena tidak perlu diserut – cukup diputar saja cara pemakaiannyalebih pigmented dari pensil-liner, dan tidak menggumpal. Namun, jeleknya agak fragile. Jadi, aku sarankan untuk jangan dikeluarkan panjang – panjang isinya karena rentan patah. So, be gentle when using automatic eyeliner ya girls!

Automatic Eyeliner Caring by Biokos
Automatic Eyeliner Biokos

5 Cara Memakai Automatic Eyeliner

Dalam tutorial berikut, aku menggunakan Black Automatic Eyeliner dari Caring by Biokos. Aku pilih automatic eyeliner Biokos ini karena post ini disponsori oleh Caring by Biokos. Namun, bukan karena ini saja aku pilih Automatic Eyeliner Biokos. Alasan pertama, aku pribadi kurang suka dengan pigmentasi pensil-liner biasa, dan aku gak pilih gel-liner karena aku suka kesal kalau formulanya sudah mulai numpuk dikuas dan cepat sekali keringnya. Kalau sudah begini, gel-nya harus dibasahi dahulu dengan air.

Alasan kedua,  aku mau tunjukin secara realistis kepada kalian, bahwa tampilan – tampilan foto dibawah dapat kalian achieve juga dengan menggunakan Automatic Eyeliner. Karena aku sering ditanyain sama orang – orang, kalau tampilan seperti winged eyes hanya bisa dibuat dengan tipe eyeliner tertentu. Well, let me tell you now, kalau makeup itu hanya terbatas oleh kreativitas kita.

Small Cat Eyes Look
Small Cat Eyes Look
winged eye, created with automatic eyeliner
winged eye

Alasan ketiga, baru automatic eyeliner Biokos ini jadi favoritku. Sebelum ini, aku belum punya favorite automatic eyeliner. Aku mengalami kesulitan untuk menemmukan automatic eyeliner yang pigmented dan tahan lama di oily monolids aku. Walaupun banyak yang claim bahwa kosmetik mereka waterproof dan tahan lama, baru Automatic Eyeliner Biokos yang benar – benar waterproof dan tahan lama dimataku. Aku pakai sekitar 6 jam dan tidak beleber sama sekali. Aku claim ini bukan karena aku dikirimin dari Biokos ya, tapi karena memang ini faktanya.

(l-R) Fine Line, Smudged Line
(l-R) Fine Line, Smudged Line.

What’s more, baru kali ini aku juga aku ketemu skincare makeup  dalam bentuk eyeliner. Kalau skincare makeup untuk wajah dan bibir sih sudah sering, seperti BB Cream dan Lip Color balm. So,  it’s really interesting to find this eyeliner mengandung skincare – soya lecithin, Jojoba Oil dan Vitamin E; jadi eyeliner ini tidak hanya mempercantik, tetapi juga merawat kulit mata kita.

Selain itu, automatic eyeliner Biokos juga comes with sponge smudger yang bisa digunakan untuk membuat smokey eyes. Tapi kalau kalian lebih suka dengan tampilan natural, atau ngerasa warna hitamnya terlalu tebal untuk dipakai on daylight, eyeliner ini juga comes in Brown Shades.

Last, but not least, dibalik smudger autmoatic eyeliner biokos ini ternyata ada serutan mini. Jadi, kita bisa meruncingkan ujung pensilnya kalau kita mau buat fine thin line. Jarang – jarang aku ketemu automatic eyeliner ada serutannya.

Serutan Automatic Eyeliner Biokos

 

The Tutorial

Ok, aku gak akan panjang – panjang lagi. Video berikut adalah Tutorial 5 Cara Memakai Automatic Eyeliner.  Good Luck!

Selain bisa dipakai untuk membuat tampilan mata seperti ditutorial diatas, eyeliner ini juga bisa dipakai untuk membuat tampilan seperti Selena Gomez Inspired Look di post sebelum ini loh! Jangan lupa dicheck ya 🙂

The Store and The Price

Jika kalian tertarik dengan Automatic Eyeliner Biokos ini, kalian bisa beli offline at your nearest Martha Tilaar beauty counters atau di Beauty Mart seperti Guardian atau Watson; atau beli Online dari Martha Tilaar official website.

Currently, it’s priced IDR 115,500.-*

*Price may change anytime without notice

Website: http://www.caringcolours.com/

 Facebook: https://www.facebook.com/biokosmt

 Twitter: https://twitter.com/caringbybiokos

 Instagram: https://www.instagram.com/caringbybiokos_mt/

 Youtube: https://www.youtube.com/user/caringcolours

 Online Store: https://marthatilaarshop.com/products/brand/caring-colours

pink-swirly-hi

So, that’s all my Blog Post for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Blog: blossomshine.com

Instagram: @blossom.shine

Youtube: Gracia Cita

Facebook: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

Comments

Comments

  1. Gracia Cita says:

    Hallo mba Filly, thank you for reading my post 🙂
    Ayo semangat mba, emank makeup itu hrs byk latian.. aku jg blm ahli2 banget kok.. masih belajar jg..
    aku saranin pake pensil atau automatic eyeliner aja mba klo masih blm pede.. jd klo salah gampang benerinnya 😀

    Salken jga <3

  2. Gracia Cita says:

    Thank you for reading my post Fanny! Aku krg sk yg pensil.. soalnya beleber di monolid aku, sekalipun dia teksturnya Gel.. klo Gel Liner yg pot, aku bukan masalah dikuas, tapi di menggumpal dan cepat kering itu loh.. U/ Pen-liner, aku blm pernah coba Oriflame.. entah knp gk minat dari awal.. tp pen liner so far yg aku temuin bagus br Pen Liner Sailor Moon. Ini mantep banget.. bs dicari dr olshop2 yg sk PO brg jepang.. tppp… harganya krg bersahabat.. jd aku gk brani rekomendasi.. nanti aku coba hunting2 lagi.. klo ada yg bagus nanti aku share di IG 🙂

  3. Fanny f nila says:

    Sampe skr aku lbh suka pake pencil liner :D. Yg gel sempet suka, tp kuasnya sering ilang, makanya balik lagi ke pencil :D. Kalo cair aku blm jago mba, jd ga mau pake itu :D. Pasti deh ga simetris kalo pake cair :). Yg paling aku ga suka ,itu yg modelnya spidol.. Ga tau ya kalo merk lain, tp pernah coba merk oriflame, hasilnya ga bisa terang. Makanya aku ga tertarik mau pake yg model begitu..

  4. Fillyawie says:

    hi Mba Gracia, saya nggak pinter make up jadi cuma bisa pakai gel liner. Dan persis seperti yang mba bilang di atas, gel liner gampang kering kalau sudah kering susah sekali di aplikasiin lagi. Nice sharing Mba.
    Salken ya Mba dari
    http://www.fillyawie.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*