Skincare Untuk Kulit Berjerawat – Skincare Routine Update

Hi gengs, hari ini aku mau share tentang update skincare routine untuk kulit berjerawat. Jadi ceritanya, sekitar awal bulan February kemarin, kulit aku sempat bermasalah – timbul banyak jerawat, kulit kusam, warna kulit tidak merata, bekas jerawat dan kemerahan dibeberapa area. Singkat cerita, aku sempat coba beberapa produk perawatan untuk mengatasinya. Dan ternyata, aku menemukan opsi skincare lokal yang harganya super terjangkau, dan berhasil menolong kulit aku kembali normal. Karena itu, lewat update blog ini, aku mau share sama kalian my updated version of acne skincare routine. Semoga informasinya bisa membantu kalian menghilangkan jerawat ya!

Paket dari elsheskin

pink-swirly-hi

My Troubled Skin

Buat kalian yang belum follow Instagram aku – @blossom.shinekulitku ini tidak tiba – tiba bermasalah. Jadi ceritanya aku sempat pergi berlibur ke Canada selama 3 minggu awal tahun kemarin. Seperti kalian ketahui, akhir sampai dengan pertengahan awal tahun, dibagian utara bumi sedang mengalami musim dingin. Kulit siapa yang tidak akan terpengaruh dengan perubahan cuaca yang ekstrim? Akibatnya, kulitku sempat menjadi kering, sampai beberapa area menjadi kasar, dan timbul jerawat. Sekembalinya ke Indonesia, kulitku tentunya harus kembali beradaptasi dengan perubahan cuaca Indonesia yang sangat panas.

Selain itu, perubahan waktu juga sangat mempengaruhi kondisi kulit aku. Pasalnya, Jakarta dan Canada memiliki perbedaan waktu sekitar 15 jam. So, ketika Indonesia pagi, di Canada sedang malam hari, dan sebaliknya. Karena itu, ketika sampai disana, aku sempat mengalami jet lag selama beberapa waktu. Begitu juga ketika kembali di Indonesia. Hal ini sangat mempengaruhi hormon tubuh aku.

Faktor lainnya adalah makanan. Selama di Canada, bisa dibilang aku makan sehat. Pasalnya, selain bahan makanannya lebih fresh, jenis makanan dengan harga terjangkaunya juga lebih banyak. Sushi, poke, fresh sandwich, dan soup adalah jenis makanan yang hampir setiap hari aku makan. Di Indonesia, kebanyakan makanan yang terjangkau harganya adalah gorengan. Lain cerita kalau kita masak sendiri di rumah ya. Opsi yang satu ini tentunya jauh lebih sehat. Karena itu, aku tidak kaget lagi ketika kulitku break out.

my face before the treatment

My Acne Skincare Routine

Karena aku sudah pernah bahas tips perawatan untuk kulit berjerawat sebelumnya, which kalian bisa baca disini – 10 Tips Perawatan Jerawat Di Rumah; maka dari itu, aku tidak akan membahas ulang dari segi lifestyle. Yang aku mau bahas hari ini adalah update produk dalam Acne Skincare Routine yang aku pakai kemarin.

So, sama seperti acne skincare routine yang sebelumnya, produk – produk yang aku pakai dalam acne skincare routine kali ini pun aku masih menggunakan produk merek lokal juga. Hal ini memang aku sengajain. Berikut alasan aku memilih skincare lokal Indonesia:

  1. Produk kosmetik dalam negeri kualitasnya sudah bersaing dengan merek luar negeri
  2. BPOM Certified
  3. Karena itu, pastinya sudah melewati uji klinik, kalau tidak pasti tidak lulus BPOM Test

pink-swirly-hi

Elsheskin Acne Skincare

Seperti Acne Skincare Routine kemarin, kali ini pun aku hanya menggunakan 1 brand saja. Alasanku sederhana, biasanya Brand bikin 1 set atau 1 rangkaian produk itu pasti tidak sembarangan mix & match. Karena itu, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, lebih baik pakai 1 set perawatan dari 1 brand saja. Kalau kita mix and match sendiri, tanpa benar – benar memahami ingredients yang terkandung, justru malah bahaya; resikonya kulit kita bisa break out lebih parah dari yang sekarang dialami. Pasalnya tidak semua ingredients dapat dicampur dan memberikan hasil yang baik. Makanya penting untuk kita konsultasi terlebih dahulu.

Akupun sebelum memutuskan untuk mencoba rangkaian Acne Skincare dari Elsheskin, terlebih dahulu melalui proses konsultasi kulit via Line. Jadi, selain aku disuruh isi questioners untuk menganalisa kondisi kulitku, mereka juga minta foto aku bare face tanpa makeup. Dari situ, mereka kasih rekomendasi produk yang menurut analisa mereka cocok dengan kondisi kulitku saat itu. Ini salah satu alasan kenapa aku suka sama brand Elsheskin. Mereka tidak sekedar jualan skincare, tapi benar – benar concern sama keadaan kulit kita, dan berusaha untuk memberikan produk yang tepat, sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Nah, berikut adalah produk – produk yang disarankan oleh Elsheskin untuk aku:

  • Acne  Cleansing Wash
  • Acne Refresh Toner
  • Daily Protection Gel
  • Komedo Cream
Elsheskin Acne Skicnare
Elsheskin Acne Skicnare

Skincare Step-By-Steps

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara step-by-steps untuk skincare routine biasa maupun acne skincare routine. Yang membedakan itu sebenarnya hanyalah produk yang digunakan. Kalau kulitku lagi dalam kondisi normal, yakni oily, maka produk yang dipakaikan pun adalah untuk produk yang dikhususkan untuk kulit berminyak. Kalau lagi break out dan jerawatan parah, tentunya harus menggunakan produk perawatan untuk kulit berjerawat.

But, aku akan list ulang steps-by-steps-nya untuk kalian, supaya tidak perlu repot – repot cari dipostingan lama aku:

Acne Morning Skincare Routine 
  1. Cuci wajah dengan menggunakan facial wash, dan keringkan dengan handuk bersih.
  2. Aplikasikan toner dengan cara menuangkan produk kekapas bersih, lalu usapkan secara gentle pada seluruh area wajah dan leher (PLEASE JANGAN DISKIP!).
  3. Aplikasikan serum (termasuk eye serum)
  4. Aplikasikan moisturizer (please pakai jenis essence jika kulitmu berminyak)
  5. Aplikasikan Sunscreen
  6. Makeup
Acne Night Skincare Routine
  1. Bersihkan wajah dengan Makeup Remover
  2. Cuci wajah dengan menggunakan facial wash, dan keringkan dengan handuk bersih.
  3. Aplikasikan toner dengan cara menuangkan produk kekapas bersih, lalu usapkan secara gentle pada seluruh area wajah dan leher (PLEASE JANGAN DISKIP!).
  4. Aplikasikan serum (termasuk eye serum)
  5. Aplikasikan Sleeping mask (Optional, kalau tidak mau pakai masker, bisa langsung ke step 6)
  6. Aplikasikan Moisturizer

Notes: aku memakai produk ini kurang lebih 2 minggu, sampai kulitku kembali normal atau bersih dari jerawat.

pink-swirly-hi

Elsheskin Acne Cleansing Wash

Well, sesuai dengan namanya, Acne Cleansing Wash; pembersih wajah yang satu ini diciptakan dengan Acne friendly formula seperti Salicylic Acid dan bahan anti acne lainnya yang efektif untuk membersihkan kulit berjerawat, kotor dan berminyak.

Dari hasil pemakaianku, sabun jerawat Elsheskin ini mempunyai tekstur yang cair tapi agak kental, mirip gel, tapi bukan gel ya, dan warnanya ini colorless; jadi dia bening atau transparan. Selain itu, facial wash ini tidak foamy, hanya menghasilkan busa sangat sedikit. Dan meskipun tidak fragragce, tetapi pembersih ini tidak punya bau – bau kimia yang mengganggu.

Salah satu hasil yang aku paling suka adalah, Acne Cleansing Wash Elsheskin ini tidak membuat wajah jadi keset, kencang atau berasa ketarik. Instead, kulit wajahku jadi terasa kenyal dan membal kayak mochi. Selain itu, pembersih ini juga efektif membersihkan kulit wajah dari kotoran dan sisa makeup; jadi buka efektif membersihkan makeup ya. Untuk makeup-nya, tetap harus dibersihkan terlebih dahulu dengan makeup remover.

Net: 100ml
Harga: IDR 60,000.-*

Elsheskin Acne Cleansing Wash

Tekstur Elsheskin Acne Ckeansing Wash
Tekstur Elsheskin Acne Ckeansing Wash

Elsheskin Acne Refresh Toner

Nah ini dia, produk yang biasanya orang – orang suka skip. Kalau kalian adalah salah satu orang yang suka skip toner, please banget, jangan lagi skip step ini. Pasalnya, Toner itu punya peranan yang penting dalam skincare routine. 

Secara umum, Toner bermanfaat untuk bukan hanya menyegarkan kulit saja, tetapi juga bermanfaat untuk mengembalikan [J dan kelembapan alami kulit spserti semula. Hal ini dikarenakan, mayoritas facial wash cenderung over-cleansing wajah kita, sehingga kandungan moisture dalam kulit juga ikut terangkat. Selain itu, Toner juga membantu mempersiapkan atau mengkondisikan kulit wajah kita untuk pemakaian skincare berikutnya, supaya dapat terserap secara maksimal.

Secara khusus, Acne Refresh Toner dari Elsheskin ini punya manfaat umum yang sama. Yang membedakan adalah Toner untuk kulit berjerawat Elsheskin ini mengandung salicylic acid yang bermanfaat untuk menglarutkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori – pori kulit wajah kita, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Selain itu, efek lain yang aku dapatkan adalah mengecilnya ukuran pori – pori diwajah aku,dan mengurangnya produksi minyak berlebih; kulit jadi nampak lebih sehat dan cerah alami; plus, karena pori – porinya sudah tidak tersumbat lagi, kulitku jadi bisa menyerap produk skincare lainnya yang aku pakai sesudah step ini, dengan lebih cepat.

Net: 100ml
Harga: IDR 60,000.-*

Elsheskin Acne Refresh Toner

Tekstur Elsheskin Refresh Toner
Tekstur Elsheskin Refresh Toner

Elsheskin Acne Daily Protection

Ini dia favorit aku. Jadi, produk ini adalah krim tabir surya yang ringan dan aman untuk dipakai sehari – hari orang – orang yang punya kulit berminyak seperti aku. Hal ini dikarenakan krim ini formulanya waterbased dan oil-free! Akhirnya setelah sekian lama aku mencari kemana – mana, ketemu juga Sun Protection yang bersahabat dengan kulit wajahku. Soalnya selama ini aku gak bisa pakai sunscreen kalau mau makeup, otherwise bubar makeup aku dalam kurun waktu 1 – 2 jam.`

Selain itu, Acne Daily Protection ini juga mengandung Salicylic Acid dan Sulfur yang bermanfaat untuk melindungi kulit wajah kita dari pengaruh buruk matahari (kulit kemerahan, rasa terbakar, bintik hitam, kekeringan, dan efek penuaan dini), sekaligus mengurangi komedo dan bakteri penyebab jerawat.

Net: 15g
Harga: IDR 80,000.-*

Elsheskin Daily Protection Gel

Tekstur Elsheskin Daily Protection Gel

Elsheskin Komedo Cream

Untuk yang satu ini, aku sempat rada bingung. Pasalnya, informasi dibadan kemasan sangatlah minim. Lalu, aku mencari ke website mereka, tetapi tidak menemukan informasi yang aku cari. Bisa dibilang, produk ini tidaklah eksis diwebsite Elsheskin. Thanks God for Google, ternyata produk ini ada di official Shopee Elsheskin!

So, menurut klaim pada deskripsi box Official Shopee Elsheskin, krim komedo ini bermanfaat untuk melunakan sumbatan sebum penyebab komedo dan membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit, sehingga mengurangi dan mencegah timbulnya komedo baru.

Sesuai instruksi untuk memakaikan krim ini pada area yang berkomedo saja; so, aku memakai krim komedo ini hanya pada area hidung saja. Karena pada area tersebutlah komedoku numpuk. Dan ternyata, terbukti bahwa krim ini efektif. Pasalnya, jumlah komedo pada hidungku berkurang, dan tidak ada timbul komedo baru juga!

Net: 12.5g
Harga: IDR 80,000.-*

Elsheskin Cream Komedo

Tesktur Elsheskin Cream Komedo
Tesktur Elsheskin Cream Komedo

pink-swirly-hi

Summary

So, secara singkat berikut adalah list Pros’ & Cons’ aku setelah menggunakan rangkaian skincare untuk kulit berjerawat dari Elsheskin:

Pros’:
  • Aku dikonsultasi terlebih dahulu ketika menentukan produk yang tepat untuk kondisi kulit aku
  • Produknya sudah BPOM Certified
  • Formula Acne Series ini oil-free dan non-comedogenic, sehingga efektif untuk dipakai sebagai Skin Primer sebelum makeup, makeup tidak akan bubar / awet.
  • Produknya efektif merawat kulit berjerawat, kulitku membaik dan menjadi normal kembali dalam kurun waktu +/- 2-3 minggu
  • Hasilnya, kulitku jadi tidak berjerawat lagi, komedo berkurang dan tidak timbul komedo baru, warna kulit jadi kembali merata dan tidak kusam, bekas jerawat hilang, kulit jadi sehat dan cerah.
  • Harga bersahabat dikantong, masih tergolong murah, karena biasa skincare harganya mahal – mahal
  • Ukurannya pas, tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil, bisa dibawa untuk travelling juga.
  • Produknya tidak bikin kulit ketagihan, jadi kalau sudah tidak pakai lagi, tidak kembali jerawatan lagi.**

**Lain cerita kalau sesudah kulit kita baik, lalu kita kembali menjadi malas perawatan; kita tidak lanjutin perawatan dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit, dan malas bersihin wajah secara baik dan benar sesudah makeup-an; dijamin kulit kita pasti akan jerawatan lagi.

Cons’:
  • Sebenarnya ini bukan cons juga sih ini. Namun, aku mendapati acne skincare ini bikin kulit jadi kering kalau kita lanjut pakai setelah kulitku balik normal. Karena itu, aku sekarang sudah berhenti menggunakan skincare series ini.

Lagi pakai Elsheskin Refresh Toner

 

pink-swirly-hi

The Store & The Price

Semua produk ElshéSkin, termasuk ElshéSkin Acne Series dapat kalian beli online dari Official Website ElshéSkin, Official Shopee, Official Tokopedia, Official Line atau Whatsapp ElshéSkin, dan juga dari official E-Commerce partners mereka seperti Sociolla.

Berikut aku list ulang pricelist Acne Series yang aku punya:

  • Acne Cleansing Wash – IDR 60,000.-*
  • Acne Refreshing Toner – IDR 60,000.-*
  • Acne Daily Protection – IDR 80,000.-*
  • Cream Komedo – IDR 80,0000.-*

Harga di atas dapat berubah sewaktu – waktu tanpa notifikasi.*

Oh ya, untuk kalian yang penasaran ingin coba produk ElshéSkin, aku punya Discount Code yang dapat kalian gunakan di semua Official Stores ElshéSkin, termasuk pembelian via Line atau WA ElshéSkin

 

Min belanja IDR 250,000.-
Min belanja IDR 250,000.-

pink-swirly-hi

 

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine