Tips Perawatan Kulit Saat Puasa

Hi gengs, hari ini aku mau share Tips perawatan kulit saat puasa. Seperti kita semua tahu, selama berpuasa, kita tidak mengkonsumsi apapun hingga saatnya buka puasa. Satu sisi, memang puasa itu baik untuk kesehatan tubuh kita. Namun, disisi lain, ternyata ada dampak negativenya juga, yakni  kulit kita menjadi kering dan cenderung kusam. Karena itu, selama puasa, kita butuh perawatan ekstra dari luar.

Saatnya puasa. Pic: IDN Times
Saatnya puasa Pic: IDN Times

Masalah Kulit Saat Puasa

Sebelum ini, aku sempat share di Instagram masalah kulit saat puasa, dan tips perawatan kulit tubuh kita agar tetap sehat dan tampak cerah dan segar. Untuk teman – teman yang belum follow aku di Instagram, yuk follow aku di @blossom.shine dan jangan lupa nyalain notifikasinya biar kalian tidak ketinggalan update dariku ya (Sekalian numpang promosi.. hehehe).

Anyway, disana aku sempat ada cerita kalau selama puasa, kulit kita butuh perhatian ekstra. Pasalnya, selama tidak makan dan minum, asupan dari dalam (vitamin dan nutrisi baik lainnya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi) yang mendukung proses regenerasi kulit menjadi berkurang. Karena itu, kulit kita cenderung menjadi  kering dan kusam. Karena itu, hari ini aku mau bagikan lebih detail, My Tips Perawatan Kulit, khususnya biar sekalipun lagi puasa, kulit kalian tetap sehat dan cerah.

Kulit cenderung kusam dan kering ketika puasa
Kulit cenderung kusam dan kering ketika puasa

pink-swirly-hi

Tips Perawatan Kulit Saat Puasa

Tips perawatan kulit yang pertama ini sifatnya lebih umum. So secara umum, ada banyak upaya yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit saat puasa. Salah satunya adalah dengan menjaga apa yang kita konsumsi saat sahur dan buka puasa. Berikut adalah 4 Tips Perawatan Kulit yang dapat kita lakukan:

  • Kurangi konsumsi yang berlemak dan berminyak ketika sahur atau buka puasa
  • Perbanyaklah konsumsi sayur mayur dan buah – buahan yang kayak akan mineral dan vitamin
  • Pilihlah air mineral ketimbang minuman yang manis atau bersoda.
  • Untuk juice buah, kalau bisa konsumsi yang murni; hindari juice kemasan produksi dari pabrik, dan kalau bisa minum juice murni tanpa gula.

Tips Perawatan Kulit Wajah Saat Puasa

Disamping menjaga konsumsi, tips perawat kulit yang ke-2 adalah berhubungan dengan daily skincare routine. Secara khusus, berikut adalah tips perawatan kulit wajah yang teman – teman bisa lakukan, untuk menolong kulit wajah kita tetap sehat dan cerah selama berpuasa:

  • Menggunakan skincare sebelum makeup.
    • Untuk kulit kering, gunakan  yang hydrating
    • Untuk kulit berminyak, gunakan oil free
  • Aplikasikan Sun Protection untuk mengurangi bahaya dari sinar UVA & UVB
  • Gunakan tampilan makeup yang ringan, karena kulit kita butuh kerja ekstra kalau kita menggunakan heavy makeup
  • Menggunakan Facial Mist untuk menyegarkan kulit sebelum touch up makeup
  • Pastikan teman – teman menggunakan makeup remover sebelum mencuci wajah saat mandi disore hari
  • Gunakan Masker Wajah sebelum Night Skincare Routine
  • Gunakan produk yang Hydrating & Nourishing dalam night skincare routine, seperti face oil dan Sleeping mask misalnya,

Tips Perawatan Kulit Badan Saat Puasa

Last but not least, aku ada tips perawatan kulit badan juga. Memang sepertinya jarang sekali ya orang membahas tentang perawatan tubuh. Mayoritas tips perawat kulit, cenderung hanya membahas soal kulit wajah saja. Namun, sebenarnya penting juga loh untuk memperhatikan kesehatan kulit badan juga. Karena itu, berikut adalah tips perawat kulit badan, yang penting sekali untuk dilakukan kalau mau kulit badan kalian juga senantiasa sehat dan cerah, khususnya selama berpuasa:

  • Gunakan Body Moisturizer / Body Serum dipagi hari sesudah mandi
  • Gunakan Sun Protection
  • Secara rutin berkala, lakukanlah perawatan lulur untuk mengeksfoliasi kulit mati, sehingga proses regenerasi kulit bisa berjalan dengan baik, dan kulit senantiasa nampak sehat dan cerah.
Click the picture to read my current daily skincare routine, disana aku ada share produk yang gunakan dalam Tips Perawatan Kulit hari ini
Click the picture to read my current daily skincare routine

pink-swirly-hi

Rekomendasi Produk Perawatan Saat Puasa

Kalau tadi aku sudah berbagi beberapa tips perawatan kulit saat puasa, sekarang aku mau share product update yang digunakan dalam Rhamadan Skincare Routine aku. Untuk produk perawatan lengkap yang sampai sekarang aku gunakan, kalian bisa baca dari Update Daily Skincare Routine.

Nah, produk yang aku update disini adalah jenis masker wajah yang kugunakan. Karena kondisi kulit selama puasa cenderung kering dan kusam, jadi aku switch dengan produk yang lebih hydrating dan energizing. Secara khusus, aku memilih untuk boost kondisi kulit aku dengan menggunakan Masker Wajah. Karena, selain praktis pemakaiannya, masker wajah juga loaded dengan serum yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit wajah kita.

Untuk jenis masker yang aku lagi pakai produk, sekarang ini aku lagi pakai face mask dari SNP Indonesia, yaitu SNP Ampoule Mask Sheet jenis Jade dan Bird Nest.

 

Top-Bottom: SNP Jade Soothing Ampoule Mask, SNP Bird's Nest Aqua Ampoule Mask
Top-Bottom: SNP Jade Soothing Ampoule Mask, SNP Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask

pink-swirly-hi

SNP Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask

Sesuai dengan informasi pada website SNP Indonesia,  Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask adalah highly concentrated ampoule mask. Mengandung ekstrak sarang burung, masker ini efektif meningkatkan tingkat kelembapan pada kulit, sekaligus pada saat yang bersamaan, juga menenangkan kulit yang sedang iritasi.

Hal ini sudah aku buktikan sendiri. Kalau kalian sadar, walau aku aktif bikin story di IG, tapi belakangan ini aku hardly tunjukkin wajahku. Selain aku memang lagi sibuk kejar tayang, kulitku belakangan ini entah kenapa lagi break out. Jadi, selain mendadak jadi kering sampai gatal dan kemerahan di beberapa area, dan juga timbul jerawat. Jerawatnya sih tidak parah, cuma muncul 1-2 saja, Tapi yang lumayan mengganggu itu area yang lagi iritasi.

Nah, pas banget kan aku dapat SNP Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask ini, langsung aku coba; jadi aku bisa buktiin langsung klaim-nya ini. Singkat cerita, dari hasil pemakaian, kudapati serum-nya ini rich banget / highly concentratedMenurutku ini disebabkan oleh kandungan ekstrak sarang burungnya (1,000mg) yang tinggi. Karena itu, setelah dipakai, aku merasa kulitku kayak habis minum pocarisweat. Langsung berasa segar dan lembab. Tekstur kulit juga berasa lebih kenyal. Disamping itu, kulit yang iritasi langsung jadi tenang (sooth & relief) dan tidak kemerahan lagi. So, bisa dibilang efektif banget buat jadi skin booster untuk penanganan pertama pada kulit iritasi.

Hal lain yang aku suka adalah, masker SNP ini diformulasikan dengan free system: Paraben, Mineral Oil, Artificial Color, dan Synthetic Silicone Free. Jadi aman dipakai buat kulit sensitive atau yang lagi bermasalah seperti kulitku.

Notes: untuk kulit jenis kulit berminyak, disarankan untuk memakai dimalam hari saja. Karena konsentrasi serumnya tinggi, jadi kalau dipakai sebelum makeup, kulit akan terlihat kelewat mengkilap.

Net: 25ml

Ingredients

Berikut adalah Key Ingredientsnya:

  • Swiftlet Nest Extract
  • Centella Asiatica Extract
  • Betaine
  • Greentea Extract
  • Chamomile Extract

Berikut adalah list ingredients lengkapnya:

Water, Glycerin, Swiftlet NEst Extract (1,000mg), Butylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Camellia Sinensis Leaf Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Ceramide NP, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Bark/Leaf/Twig Extract, Centella Asiatica Extract, Betaine, Hydroxyethylcellulose, Carbomer, Polysorbate 80, Disodium EDTA, Triethanolamine, Alcohol, Phenoxyethanol, Flavor.

SNP Bird's Nest Ampoule Mask
SNP Bird’s Nest Ampoule Mask

pink-swirly-hi

SNP Jade Soothing Ampoule Mask

Mirip dengan SNP Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask, SNP Jade Soothing Ampoule Mask ini juga didesign untuk mengrevitalisasi kulit. Secara khusus, melalui energi dari ornamental mineral berwarna hijau ini (1,000ppm of Jade), SNP Ampoule Mask bekerja dengan cara mempurifikasi, memberikan efek tenang dan mengembalikan moisture barrier pada kulit. Karena itu, masker ini dikenal juga sebagai Anti-Pollution Mask.

Dari hasil pemakaianku, serumnya ini tidak se-rich / tingkat konsentrasi serumnya lebih ringan dibandingkan dengan masker Bird’s Nest, tapi tetap menolong untuk keep the skin well moisturized. Sebenarnya wajar sih, karena Bird’s Nest Mask kan serumnya boosted dengan ekstrak sarang burung yang berfungsi untuk boost the skin condition; sebaliknya, Jade Mask ini lebih untuk memberikan energi kepada kulit agar tampak segar. Dan sewaktu dipakai, memang langsung terasa efek soothing dan refreshing-nya. Jadi terasa sejuk dikulit. Pikiranku yang lagi penuh juga tiba – tiba ikut terasa lebih tenang.

So, SNP Jade Mask ini aku lebih rekomendasi untuk yang kulitnya berminyak seperti aku. Mainly karena konsentrasi serumnya yang ringan, dan juga karena efek soothing-nya. Plus, cocok untuk kalian yang mau travelling jarak jauh, seperti mudik nanti.

Net: 25ml

Ingredients

Berikut adalah Key Ingredientsnya:

  • Nephrite Powder (1,000ppm)
  • Wheat Flour
  • Witch Hazel Extract
  • Camellia Sinensis Leaf Extract
  • Chammomilla Recutita Extract

Berikut adalah list ingredients lengkapnya:

Water, Glycerin, Nephrite Powder (1,000ppm), Alcohol, Sodium Hyaluronate, Triticum Vulgare (Wheat) Flour Lipids, Centella Asiatica Extract, Hamamelis Virginiana (witch hazel) Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Chamomilla Recutita (Matricaria) Extract, Ethylhexylglycerin, Betaine, Carbomer, Polysorbate 80, Butylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Hydroxyethylcellulose, Triethanolamine, Disodium EDTA, Phenoxyethanol, Fragrance.

SNP Jade Soothing Ampoule Mask
SNP Jade Soothing Ampoule Mask

Tips Perawatan Praktis 

Karena sebentar lagi sudah mau Lebaran, aku sekalian mau share sama kalian Tips Praktis Perawatan Kulit Saat Mudik. Kalau kalian follow aku di IG, kalian pasti tahu aku ini sering sekali travelling. Nah, dari pengalaman travelling-ku, aku mendapati kalau kulit kita sebenarnya turut merasa lelah karena perjalanan jarak jauh. Jadi ketika kita merasa capai, kulit kita juga merasakan hal yang sama. Makanya ketika kita bercermin, pasti wajah terlihat lelah, lesu dan kusam.

Singkat cerita, setelah mencoba beberapa cara perawatan kulit saat travelling, aku mendapati cara terpraktis dan paling efektif adalah dengan menggunakan face mask. Eitsss.. ini bukan karena aku lagi endorsed masker SNP ya! Berikut alasanku:

  • Handy, karena bentuknya tipis dan tidak berat.
  • Paling mudah lewati airport custom check, karena tidak terhitung sebagai benda cair (kalau bepergian dengan pesawat)
  • Kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh wajah.
  • Cara penggunaanya pun praktis, tinggal ditempein saja diwajah. Jadi, kita tidak perlu ribet – ribet cari skincare ukuran travel size, atau ribet – ribet pindahin skincare kita ke botol kecil.

Karena alasan – alasan inilah akhirnya aku mendapati face mask adalah solusi perawatan saat travelling. Untuk jenis maskernya, sesuaikan dengan kebutuhan kulit kalian ya! Kalau aku, aku prefer si Jade Soothing Mask (alasan sudah dijelaskan diatas ya!).

Hasil pemakaian, kulit radang langsung soothes, dan tampak lebih sehat
Hasil pemakaian, kulit radang langsung soothes, dan tampak lebih sehat

pink-swirly-hi

The Store & The Price

Semua produk Shining Nature Purity, termasuk SNP Aqua Cooling Sun Spray dan SNP Ampoule Mask dapat kalian beli online dari official stores mereka di market place seperti Shopee, Tokopedia, Lazada& Bibli. Selain itu, juga bisa dibeli dari official partner mereka seperti Sociolla. Untuk offline, kalian bisa beli dari Beauty Store resmi seperti Guardian dan Watson.

Harga Masker SNP termasuk SNP Bird’s Nest Aqua Ampoule Mask & SNP Jade Soothing Ampoule Mask saat ini adalah IDR 39,00.-*,

Harga di atas disadur dari akun Shopee resmi SNP Indonesia, dan dapat berubah sewaktu – waktu tanpa notifikasi.*

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa check officials SNP:

Website I Instagram

Read Also: A’Bloom Review – Althea Newest Exclusive

pink-swirly-hi

 

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine