Purbasari Metallic Color Matte Lipstick Review (All Shades)

Hi girls ada yang sudah coba atau lagi penasaran dengan Purbasari Metallic Color Matte Lipstick? Sukses dengan produk Lip Cream, kali ini Purbasari kembali meluncurkan produk lipstick baru lagi. Karena memang lipstick Metallic lagi ngehits, dan karena trend lipstick kembali ke model bullet; Purbasari memutuskan untuk membuat Metallic Lipstick mereka dalam bentuk bullet lipstick. Dari hasil percobaanku, aku suka sekali dengan varian warnanya yang wearable untuk sehari – hari.

Apakah kualitasnya sama bagusnya dengan Hi-Matte Lip Cream mereka? Yuk dibaca review lengkapnya!

Koleksi lipstick terbaru Purbasari
Koleksi lipstick terbaru Purbasari

pink-swirly-hi

Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Purbasari Metallic Color Matte Lipstick adalah koleksi lipstik terbaru dari Purbasari. Seperti Purbasari Hi-Matte Lip Cream, lipstick metallic ini masih merupakan bagian dari Hydra Series collection mereka. Secara khusus Purbasari memilih tema metallic untuk koleksi lipstick terbaru mereka karena Metallic Makeup adalah trend makeup terkini. So, sebagai salah satu beauty brand Indonesia, Purbasari tidak mau ketinggalan dong.

Formula

Seperti Lip Cream mereka, Purbasari Metallic Color Matte Lipstick ini juga diformulasikan dengan Vitamin E sebagai pelembab. Selain itu, tekstur dari lipstick metallic ini juga dibuat creamy. Untuk pigmentasi, tentu saja Purbasari juga memastikan agar lipstick yang kali ini pun pigmented.

Ingredients

Cyclomethicone, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Ricinus Communis Seed Oil, Polymethyl Metharcylate, Candelilla Cera Extract, Octyldodecanol, Polymethylsilsequioxane, Cyclopentasiloxane, Copernicia, Cerifera Cera, Mycrocystalline Wax, Ozokerite, Beeswax, Tocopheryl Acetate, Aroma, Propylparaben, BHT.

May Contain:

Synthetic Fluorphlogopite, CI77491, RED 7(CI 15850:1), CI 77499, CI 45410:2, CI 77019, CI 77891, CI 75470, CI 77492

my Purbasari Metallic Color Matte Lipstick
my Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

pink-swirly-hi

My Experience

Pros’

  • Creamy Texture
  • Pigmentasi sangat baik
  • Lipstik ini bisa dilayer warnanya. Namun aku saranin maximum 2-3 layer saja biar tidak terlalu bold hasil akhirnya, kecuali teman – teman suka tampilan yang bold atau strong look.
  • Metallic Matte finish seperti yang diklaim 
  • Warna bisa dipakai sehari – hari / wearable
  • Tidak ada bau kimia atau wangi – wangian yang aneh
  • Harganya masih terjangkau (dibawah IDR 100,000.-)
  • Mudah untuk dicari / available diseluruh Indonesia; bisa dibeli online dan offline.
  • Mudah untuk dibersihkan
  • Warna tidak transfer kalau sudah settle dibibir
  • Tidak berat dibibir
  • Tahan 4-5 jam dengan catatan tidak dipakai untuk makan makanan berat, atau hanya snack ringan saja seperit biskuit.
  • BPOM Certified
  • Termasuk Makeup Halal

Cons’

  • Kemasan lipsticknya agak oglekKarena goyang, jadi membuat aplikasi agak sulit atau tricky
  • Masih membahas soal kemasan, menurutku grib-nya agak susah. Pasalnya bagian dalam kemasan menciut semakin kecil. Tubenya itu kecil banget, jadi pegangnya agak susah. Sedang kalau pegang bagian kotaknya, tubenya itu goyang – goyang.
  • Tidak tahan lama, dipakai makan hilang. Padahal ditestnya cuma untuk makan ayam panggang, belum dicoba untuk makan rendang atau nasi uduk.
  • Formulanya drying. Walau kondisi bibirku tidak lagi kering atau rusak, tapi setelah beberapa waktu jadi berasa agak kering. Tidak sampai narik though.
  • Jatuh di fine lines
  • Lipstick Metallic Purbasari no 701 – Rubellite punya formula paling kering.
Kemasan dalam lipstick terbaru Purbasari
Kemasan dalam lipstick terbaru Purbasari

Baca juga: Zoya Lip Scrub Matcha Review

Saran pemakaian:

  • Untuk teman – teman yang memiliki bibir kering, atau kulit bibirnya sedang kering, aku sarankan untuk memakai lip balm terlebih dahulu. Karena seperti yang sudah aku jelaskan, formula matte-nya bikin bibir kering.
  • Seperti sudah kujelaskan diatas, kalau kalian mau build layer, paling bagus hasilnya adalah 2-3 layer maksimum. Lebih dari itu, lipsticknya akan terlihat sangat bold dan bibirpun akan terasa berat.
  • Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih bagus, rapikan pinggiran bibir dengan menggunakan concealer.

pink-swirly-hi

The Shades

Sejauh ini, sudah ada 5 warna dirilis untuk seri Purbasari Metallic Color Matte Lipstick ini. Apakah kedepannya Purbasari akan mengeluarkan warna tambahan? Sampai saat ini belum ada terdengar berita apapun. Kalau sampai ada warna tambahan, aku berharap mereka mengeluarkan pilihan warna nude, pinkish nude dan warna – warna peach.

Berikut adalah varian warna Purbasari Metallic Color Matte Lipstick yang sudah ada dikonter:

  • Shade 71 Rubellite – Merah metallic dengan pink undertone
  • Shade 72 Madeira – Merah tua metallic dengan blue undertone
  • Shade 73 Carnelian – Warna pink keunguan seperti lilac
  • Shade 74 Sunstone – Warna orange metallic
  • Shade 75 Goldstone – Warna orange tua keemasan metallic mengandung hue merah

Hand Swatch

Hand Swatch of Purbasari Metallic Color Matte Lipstick (Right - Left): 71 Rubellite, 72 Madeira, 73 Carnelian, 74 Sunstone, 75 Goldstone
Hand Swatch of Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Lip Swatch

71 Rubellite
71 Rubellite
72 Madeira
72 Madeira
73 Carnelian
73 Carnelian
74 Sunstone
74 Sunstone
75 Goldstone
75 Goldstone

Kemasan Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Purbasari Metallic Color Matte Lipstick punya kemasan luar yang cantik. Aku suka sekali dengan design kombinasi warna putih dan rose gold metallicnya. Kombinasi ini memberikan kesan yang clean, modern, tapi juga artistic.

Untuk detail, pada sisi depannya, dapat kita temuka logo Purbasari dicetak pada row atas dengan warna rose gold. Lanjut dibawahnya terdapat keterangan nama produk. Lalu pada bagian sisi bawah terdapat klaim mereka yang menyatakan bahwa metallic lipstick Purbasari adalah bagian dari koleksi Hydra Series mereka. Selain itu, juga dapat kita temukan klaim formula mereka, yaitu long lasting dan hydrating.

Bagian pinggir kemasan Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Dibagian belakang, terdapat informasi mengenai produk, cara pakai, cara penyimpanan, kode produksi, dan juga expiry date yang penting untuk kita take notes.

Untuk daftar ingredients, kali ini mereka taruh pada bagian pinggir kemasan box. Dan disisi satunya lagi dapat kita temukan barcode beserta informasi tentang warna yang terdapat didalamnya.

Bagian belakang dan sisi pinggir kemasan Purbasari Metallic Color Matte Lipstick

Kalau Hi-Matte Lipstick mereka dikemas dalam kemasan akrlik bening berbentuk kotak, kali ini Metallic Color Matte Lipstick-nya dikemas dalam kemasan tube lipstick berwarna Rose Gold metallic. Dan kali ini, pada bagian pinggir badan, selain tulisan Purbasari, dapat kita temukan juga informasi singkat tentang expiry date. Buatku ini ide yang sangat bagus dan thoughtful of them. Karena informasi ini akan sangat membantu untuk teman – teman yang suka lupa mencatatat masa berlaku produk.

Badan lipsticknya terdapat nama brand dan tanggal expired

Pada bagian bawah kemasan, dapat juga kita temuka informasi yang aku yakin sudah tidak asing lagi buat kita semua, yaitu nomor warna dan nama warna dari lipstick yang terdapat didalam kemasan.

 

 

The Store & The Price

Semua produk Purbasari, termasuk Purbasari Metallic Color Matte Lipstick dapat dibeli dari official stores dan official retail stores mereka seperti di Guardian, Watson, Giant, Transmart Carrefour, Lotte Mart Century dan toko kosmetik dan supermarket besar lainnya di kotamu.

Atau kalau kalian prefer belanja online, kalian dapat beli di GOC Shop berikut: Bibli, Qoo10. Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Elevenia, Lazada

Harga Purbasari Metallic Color Matte Lipstick saat ini adalah IDR 42,000*, tapi bisa juga lebih, tergantung toko yang menjual.

*Price may change anytime without notice

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935