Maybelline The Nudes Palette [Makeup Review]

Jangan klaim diri kalian sebagai Neutral or Natural girl, kalau kalian belum mencoba Maybelline The Nudes Palette. Aku tahu beberapa beauty bloggers sudah pernah mengreview eyeshadow Maybelline yang satu ini. Tapi, why not adding one more into the pool?

I have been loving the Maybelline Color Tattoo collection. Eyeshadow Maybelline yang satu ini punya pigmentasi yang bagus banget, dan tahan lama juga. Aku sering banget pake si Color Tattoo ini sebagai eye primer. So, apakah Palette Eyeshadow Maybelline ini akan sebagus eyeshadow Maybelline yang sebelumnya? Read on!

The 12 Pans Eyeshadow By Maybelline
The 12 Pans Eyeshadow By Maybelline

pink-swirly-hi

Beberapa orang bertanya – tanya, kenapa kita butuh lebih banyak pilihan warna netral? Apa bedanya? Well, kalau kalian pernah color wheel atau color chart, kalian akan tahu apa bedanya. Jadi, sekalipun sama – sama warna pink, tapi ada banyak jenisnya. Belum lagi kalau warna dasarnya dicampur, seperti misalnya warna merah dengan undertone biru atau abu – abu, dsb. Jadi, tidak ada satu jenis warna yang sama.

Maybelline The Nudes Palette

Maybelline The Nudes Palette adalah the Maybelline’s first 12 shade collection. Palette ini didesign untuk menciptakan berbagai tampilan nude. Karena itu, palette ini loaded dengan warna bold beige, sultry sands, brazen bronzes, and taupe.

Awalnya aku gak yakin, apakah aku akan suka dengan palette ini atau tidak. Pasalnya, yang aku cari sebenarnya yang The Blushed Nudes. Namun, yang baru masuk di Indonesia hanya Maybelline Dare To Be Nudes. *Tapi sekarang, aku sudah berhasil mengumpulkan semua Maybelline Palette. Kalian bisa check review dari Palette Maybelline lainnya disini: Maybelline The Blush Nudes Palette review, Maybelline The Rocked Nudes Palette review & Maybelline The 24K Nudes Palette review.

*Updated 5 March 2018

The Pretty Maybelline The Nudes Palette
The Pretty Maybelline The Nudes Palette

pink-swirly-hiThe Formula

Kebanyakan drugstore brands biasanya hanya menawarkan 4 – 6 shades per palette. Karena itu, aku harus akui kalau Maybelline berhasil memberikan good surprise. To be precise, dalam palette ini, Maybelline menawarkan  mix of satin, frost and matte shades, all in one pack.

Setiap warna mempunyai pigmentasi dan formula yang berbeda.  Overall, Maybelline The Nudes Palette punya soft, creamy and powdery texture. However, aku mendapati matte shades-nya adalah yang paling chalky dan kering; plus, color pay off-nya paling sheer juga. Aku harus kerja bakti untuk bangun lapisan warnanya pas bikin swatch berikut. Sebaliknya, satin shades di palette ini punya pigmentasi terbaik. Untuk warna frost-nya, menurutku just OK.

Sehubung dengan Ketahanan, aku sangat menyarankan untuk menggunakan Eye Primer terlebih dahulu. Hal ini bukan hanya supaya bisa lebih tahan lama, tapi juga supaya warnanya lebih keluar. So far, aku mendapati eyeshadow ini bisa tahan lebih dari 5 jam dengan primer. Tanpa primer, paling lama tahan sekitar 3 – 4 jam maksimal.

Swatches of Maybelline The Nudes Palette
Swatches of Maybelline The Nudes Palette

pink-swirly-hiThe Shades

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, The Maybelline The Nudes palette memiliki 12 nudes shades. Palette eyeshadow ini memiliki good balance mix between mattes and shimmers. Selain itu, palette ini juga menawarkan 3 varian warna to play with –  neutralscool dan warm tone.

Pada bagian belakang palette, dapat kita temukan informasi seperti cara memakai eyeshadow palette Maybelline ini, tanggal produksi, dan informasi produski dan distribusi. Pada bagian instruksi cara pemakaian, dapat kita temukan informasi bahwa eyeshadow Maybelline ini didesign untuk dapat digunnakan dengan cara berikut: quads, trio dan duos. Aku pribadi mendapati instruksi ini sangat membantu, khususnya ketika kita lagi bingung mau bikin look seperti apa. Dan aku yakin, informasi ini juga sangat membantu untuk pemula yang lagi belajar makeup atau baru mau belajar makeup.

The back side of of Maybelline The Nudes Palette
The back side of of Maybelline The Nudes Palette

Quads 1

Quads 1 is a collection of neutral shades, which are perfect for day looks.

  • Shade 1 is a shimmery pinky beige shade.
  • Shade 2 is a satin finish taupe shade.
  • Shade 3 is a satin finish medium brown.
  • Shade 4 is a matte dark brown.

Quads 2

Quads 2 is a collection of warm tone, bronzy shades.

  • Shade 5 is matte cream.
  • Shade 6 is a satin finish bronzy brown.
  • Shade 7 is a shimmery gold.
  • Shade 8 is a satin finish brownish burgundy.

Quads 3

Quads 3 is a collection of cool tone shades, packed with greyish and dark shades, which are perfect for sexy smokey eyes.

  • Shade 9 is a matte greyish taupe.
  • Shade 10 is a matte grey.
  • Shade 11 is a shimmery cream shade.
  • Shade 12 is a satin finish charcoal shade, though it appears black in the pan.

pink-swirly-hiThe Packaging

Maybelline The Nudes Palette dikemas dalam kemasan kotak plastik berwarna hitam dengan transparent lid. Tidak ada box, which I think is great idea, karena kita jadi bisa lihat langsung warnanya seperti apa. Jadi kita tahu persis apa yang kita beli.

Pada bagian belakang, seperti sudah sempat aku sebutkan diatas, dapat kita temukan informasi seperti ingredients, production information, dan juga instruski bagaimana cara memakai eyeshadow-nya, sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Also, aku juga suka dengan ukuran kemasannya. It is arguably travel friendly. So, ukurannya ini tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil, dan beratnya pun cukup ringan. Selain itu, Maybelline The Nudes Palette juga dilengkapi dengan double ended sponge tips brush. Kedua sponge tip ini mempunyai ukuran yang berbeda. Menurutku ini ide yang bagus, karena kita jadi bisa membuat berbagai macam tampilan mata.

Sehubungan dengan design palettenya, aku harus kasih jempol untuk Maybelline. Adalah ide cemerlang untuk mengalokasikan warna – warna eyeshadownya dengan memecah mereka dalam order quads, trios dan duos, sehingga kita tidak perlu bersusah payah berpikir keras bagaimana mix and match warnanya dengan baik. Alhasil, kita dapat dengan mudah membuat tampilan mata yang simple untuk sehari – hari sampai dengan tampilan yang lebih kompleks untuk malam hari.

Satu – satunya hal yang aku sayangkan adalah palette ini tidak memiliki cermin. Menurutku palette ini akan menjadi palette yang sempurna. Well, ini bukan issue besar though. Karena aku biasanya tidak menggunakan cermin yang ada dikemasan eyeshadow. Aku biasa menggunakan cermin yang ada di kemasan compact powder. But, it may come useful in emergency situation.

pink-swirly-hiThe Store & Price

Maybelline The Nudes Palette is available online and offline:

  • Online: Sociolla
  • Offline: Wherever you can spot Maybelline Counters.

The price is cheaper offline Rp189,000-*

*Pricing is subject to change from time to time.

If you are going to shop online at Sociolla, here I have a Sociolla Discount Code for you to enjoy 🙂 To use it, simply enter the code, ” SBNLA5p3 ” when you check out.

Sociolla Discount Code - SBNLA5P3

Recommendation

Rating: 3.5/5

Recommendation: Meskipun Maybelline The Nudes palette ini punya beberapa kelemahan, tetapi eyeshadow palette Maybelline ini adalah palette yang bagus untuk drugstore level. Kalau kalian adalah pemula, atau adalah end user yang sedang mencari a good drugstore palette, aku akan mengrekomendasikan eyeshadow palette ini. Tapi kalau kalian punya budget lebih, aku akan mengrekomendasikan nudes palette lainnya yang lebih bagus seperti Full Exposure Palette Smashbox, atau Amazonian Clay Palette Tarte Cosmetics.

pink-swirly-hi

So, that’s all my review for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

 

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

Here are some looks I created with the Maybelline Dare To Be Nude Palette.

Quads – Neutral look
Trio – Gold Look
Duo – Smokey Eyes Look