10 Tips Mudah Perawatan Jerawat Di Rumah

Siapa bilang perawatan jerawat itu harus selalu diklinik? Lewat postingan hari ini, aku mau share 10 tips mudah untuk perawatan jerawat di rumah. Tips ini aku buat berdasarkan pengalaman aku pribadi. Semoga bermanfaat ya!

*This post is brought to you by KBBV X MUSTIKA PUTERI

Clean Beauty

pink-swirly-hi

Fakta seputar Jerawat/Acne

Menurut Rycroft, Acne atau jerawat adalah salah satu jenis penyakit kulit yang paling sering terjadi pada kelenjar keringat pilosebaceous. Penyakit ini dikarakteristikkan dengan produksi sebum yang berlebihan dan keberadaan komedo. Inflamasi kronis Acne Vulgaris terpengaruh pada daerah seborrheic, terutama pada dada (15%), wajah (99%), dan punggung (60%).

Lebih lanjut, penelitian lain menyatakan bahwa penyakit ini cenderung dialami oleh wanita dibandingkan pria:

  • 83-85% remaja wanita usia 14 – 17 tahun yang sudah mengalami puber, memiliki kulit berjerawat.
  • 80,8% siswi SMU mengaku memiliki kulit berjerawat.
  • Dan wanita usia 20-an beresiko terkena jerawat 5 kali lebih besar daripada pria.

My Acne Research

Untuk membuktikan langsung hasil research diatas, aku melakukan Closed Anonymous Group Survey. 85% partisipan adalah wanita usia 18 – 35 tahun. 15% lainnya adalah pria dengan range usia yang sama. Mungkin teman – teman bingung, kenapa jumlah prianya sedikt banget? Simply, yang peserta pria banyak yang kurang bersedia, a.k.a males isi survey-nya. Anyway, seperti bisa dilihat dari Chart dibawah, 40% partisipan mempunyai kulit berminyak, 35% memiliki kulit kombinasi, 10% sensitive, 10% normal, dan hanya 5% yang memiliki kulit kering.

Survey perawatan jerawatn dirumah - genderSurvey perawatan jerawatn dirumah - jenis kulit

Moreover, 45% partisipan, khususnya partisipan wanita mengaku bahwa mereka mulai mengalami masalah jerawat sejak mereka menginjak bangku SMP, which berarti mereka saat itu berusia sekitar 12 tahunan. Namun, ada juga yang mulai bermasalah dengan jeawat sejak SD karena early puberty, yaitu 15% dari total partisipan. 15% lainnya baru mulai mengalami masalah dengan jerawat antara ketika mereka di SMA, bahkan ada juga yang baru mulai berjerawat ketika mereka sudah kerja. Sampai dengan hari ini, 75% dari total partisipan menyatakan bahwa kulit mereka masih berjerawat, khususnya kalau mereka mau PMS.

Survey perawatan jerawatn dirumah - mayoritas mengalami jerawat pas SMPSurvey perawatan jerawatn dirumah - 75% masih mengalami masalah jerawat sampai hari ini

pink-swirly-hi

Solusi Mengatasi Jerawat

Awalnya aku mengira kalau orang Indonesia rata – rata suka perawatan di Klinik Kecantikan untuk mengatasi masalah jerawat mereka, tapi ternyata aku salah. Hanya 5% dari partisipan survey-ku yang memilih cara ini. Mayoritas, sekitar 85% surveyor, memilih untuk melakukan self-treatment dirumah. Sekitar 10% sisanya, which is partisipan pria, memilih untuk tidak melakukan treatment apapun, bahkan ada yang tidak pernah merawat wajahnya sama sekali.

Sehubung mayoritas dari kalian memilih self-treatment untuk mengatasi masalah jerawat; so, let me share beberapa tips perawatan jerawat di rumah, dan skincare yang bisa kalian pakai untuk membantu kulit kalian healing faster.

Survey perawatan jerawatn dirumah - 85% memilih merawat jerawat dirumah
Survey perawatan jerawatn dirumah – 85% memilih merawat jerawat dirumah

Tips Perawatan Jerawat Di Rumah

  1. Langkah perawatan jerawat yang satu ini sangatlah mudah. tetapi kita sering kali terlalu malas untuk melakukannya. So, sara pertamaku, Jangan Malas Membersihkan Wajah, khususnya dimalam hari sebelum tidur. Tapi jangan mencuci dan menggosok wajah secara berlebihan ya, karena kalau terlalu sering dicuci, dan jia kita  menggosok secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
  2. Pilih dan gunakan pelembab sesuai jenis kulit (Product recommendation below). Tips perawatan jerawat kedua ini sebenarnya mungkin sudah banyak yang lakukan. Namun, bisa jadi masih banyak yang salah memilih produk. Kalau kalian punya kulit normal – berminyak, gunakanlah produk yang oil free. Sebaliknya, kalau kulit kalian kering gunakanlah produk yang melembabkan.
  3. Minum air yang cukup, karena ternyata banyak loh manfaatnya untuk kulit, rambut dan kesehatan. 
  4. Bawa dan gunakanlah kertas minyak jika wajah sudah mulai berminyak, khususnya ketika sedang berpergian.
  5. Jagalah agar rambut tetap bersih. Gunakan ikat rambut untuk keep the dirty hair away dari wajah kita.
  6. Gantilah seprei secara berkala dan rutin
  7. Jangan menekan dan memecahkan jerawat dengan paksa, karena  dapat menyebabkan proses peradangan menjadi lebih parah dan proses penyembuhan menjadi lebih lama.
  8. Hindari mencoba banyak produk dan obat jerawat sekaligus
  9. Lakukan perawatan jerawat dirumah secara konsisten. Jangan cepat putus asa jika hasil belum terlihat. Setialah dalam proses perawatan jerawat, karena wajah kita butuh waktu untuk healing. Biasanya proses healing ini bisa berlangsung sekitar 6 – 12 minggu.
  10. Gunakan makeup berlabel non-comedogenic, hypoallergenic, tidak mengiritasi, dan bebas minyak (Product recommendation below).
Perawatan jerawat dirumah dengan menggunakan Produk non-comedogenic, hypoallergenic, tidak mengiritasi, dan bebas minyak
Perawatan jerawat dirumah dengan menggunakan Produk non-comedogenic, hypoallergenic, tidak mengiritasi, dan bebas minyak

Rekomendasi produk untuk mengatasi jerawat

Dalam postingan ini, aku akan bahas 1 seri produk saja. Selain karena ini adalah sponsored post, tapi memang 2 minggu+ ini aku hanya menggunakan produk perawatan jerawat Mustika Puteri saja. As mentioned above, kalau lagi perawatan, tidak dianjurkan untuk menggunakan beberapa produk perawatan sekaligus. Kalau kita pakai produk perawatan campur – campur, nanti malah jadi tidak efektif; lebih parahnya, kulit kita bisa jadi iritasi. Plus, karena post ini sudah panjang, jadi biar tidak menjadi lebih panjang lagi. 😛

Also, let me makes two things clear. Pertama, meskipun ini adalaah sponsored post, tapi aku mengrekomendasikan produk seri Jerawat Mustika Puteri ini karena aku sudah merasakan manfaatnya langsung. So, as always, aku akan share my thought tentang produk – produk berikut berdasarkan hasil pemakaianku. Kedua, karena kita memiliki hormon, llifestyle, jenis kulit dan kondisi kulit yang berbeda; so, kalau kalian pernah mencoba, atau nantinya mencoba produk jerawat series Mustika Puteri berikut sesudah membaca postingan ini, please keep in mind that we may have different experience and result.

Tanpa panjang – panjang lagi, berikut adalah produk perawatan jerawat yang aku dan teman – teman KBBV terima dari  Mustika Puteris: Acne Trouble Mist Spray, Acne Gel, Acne Tinted Moisturizer dan Acne Powder.

Notes: Tidak disarankan untuk teman – teman yang mempunyai kulit kering, karena produk – produk berikut mengandung Alcohol

Mustika Puteri Acne Series
Mustika Puteri Acne Series

 

Baca juga: 7 Cara Merawat Kulit Berminyak

pink-swirly-hi

Formula Khusus Jerawat 

Seri perawatan Jerawat Mustika Puteri mempunyai 4 formula khusus yang dipercaya ampuh untuk bukan hanya mengatasi jerawat, tetapi juga untuk mencerahkan dan melembabkan kulit, yaitu: Ekstrak Temulawak, Asam salisilat yang telah dikombinasikan dengan Acacia Gum Panthenol. Khusus untuk Acne Gel, Mustika Puteri juga menggunakan Chitosan dan Pegagan dalam formulanya. Kenapa 6 bahan ini, karena keempat bahan ini memiliki kemampuan sebagai berikut:

Ekstrak Temulawak 

Temulawak atau Curcuma Xanthorrhiza adalah tumbuhan herbal khas Indonesia. Herbal yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi buat kita semua, khususnya dikalangan pecinta jamu. Ternyata selain kaya akan khasiat dan manfaat untuk tubuh kita, Temulawak juga punya khasiat dan manfaat buat kesehatan kulit kita juga. Hal ini dikarenakan ekstrak Temulawak mengandung senyawa Xanthorrizol. Senyawa ini bermanfaat sebagai anti-acne. Berikut adalah manfaat penting dari Temulawak untuk kulit:

  • Menghaluskan kulit
  • Anti-Acne
  • Anti-Aging
  • Mencerahkan kulit secara alami
Temulawak
Pic: tokoherbalmuslim.com
Salicylic Acid 

Salicylic Acid atau Asam Salisilat adalah salah satu kandungan yang sudah tidak asing lagi didunia kecantikan. Acid yang satu ini sering ditemukan khususnya dalam skincare untuk membasmi jerawat.  Hal ini dikarenakan Salicylic Acid memiliki kemampuan berikut:

  • Soothing dan calming the troubled skin
  • Anti-inflamasi pada jerawat.
  • Memecah ‘semen’ di antara sel-sel di pori-pori yang tersumbat.
  • Less irritating than more potent treatments, jadi aman dipakai oleh orang – orang yang memiliki kulit kering
  • Mampu menghilangkan bekas jerawat
Salicylic Acid
Pic: chemistryabout.com
Acacia Gum

Acacia Gum atau Akasia adalah genus tanaman yang mencakup berbagai jenis tanaman, seperti pepohonan dan semak belukar. Dalam sejarah, tanaman ini telah digunakan dalam obat-obatan, bahan baking, peralatan, dan kayu selama berabad-abad – mulai dari peradaban kuno Mesir dan suku Aborigin Australia. Berikut adalah list manfaat Acacia Gum:

  • Meredakan rasa sakit dan iritasi
  • Membantu penyembuhan luka
  • Membantu menghentikan pendarahan berat dan bakteri dengan cara mencuci luka dengan air infused acacia.
  • Menjaga kesehatan mulut
  • Sumber serat yang baik
  • Mengurangi lemak tubuh
Acacia Gum
Pic: sidco.co.th
Pathenol

Pathenol adalah alkohol yang diproses oleh tubuh menjadi pathetonic acid atau Vitamin B5.  Zat ini dimiliki oleh semua mahluk hidup. Oleh karena itu aman untuk digunakan sebagai salah satu ingredient untuk kosmetik. Pada prinsipnya, Pathenol berfungsi sebagai skin conditioning, karena Pathenol:

  • Hydrating: Pantothenic acid yang terkandung dalam Pahtenol bekerja sebagai humectant  dengan mengsuplai air kedalam sel, dan menjaga tingkat moisturizer dalam jaringan kulit.
  • Moisturizing: Menurut penelitian, acid Pathenol bukan hanya extremely moisturizing, tapi jika digunakan secara teratur selama 4 minggu atau lebih, maka Pathenol juga akan menjadi anti-inflamasi dan mengurangi gatal-gatal.
Pathenol is a chemical element that can be found in every living creatures
Pic: wikimedia.org
Chitosan

Berasal dari Chitin, Polysaccharide, ditemukan di exoskeletons udang, lobster dan kepiting. Penelitian ekstensif menunjukkan bahwa element ini mempunyai kemampuan untuk skin restoring and soothing secara efektif.

Chitosan is extracted from sea animals like lobsters, shrimps and clams
Pic: greenleafchemical.net
Pegagan

Pegagan adalah sejenis tanaman yang merupakan anggota dari keluarga peterseli yang tumbuh di India, Asia Tenggara, dan Afrika. Tanaman ini tumbuh subur di tepi badan air yang tenang dan menyebar. Daun dan batangnya adalah bagian dari tanaman yang kita makan atau sebagai obat. Daun Pegagan ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional di berbagai negara. Berikut adalah manfaat dari Pegagan:

  • Pengobatan Tradisional dan Kontemporer untuk luka internal
  • Mengurangi kecemasan
  • Mempercepat penyembuhan luka eksternal
Pegaga leaf
Pic: deherba.com

pink-swirly-hi

Acne Trouble Mist Spray

Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray adalah solusi terkini untuk mengatasi jerawat baik diwajah maupun dibadan, secara khusus dibadan. Menurutku Spray Jerawat ini adalah solusi praktis, khususnya untuk orang yang malas perawatan atau ingin perawatan tapi dengan cara yang praktis dan tanpa ribet. Selain itu, cocok juga buat orang – orang yang highly mobile dan punya jadwal yang padat, sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengaplikasikan berbagai jenis skincare.

Kenapa aku bilang khususnya bermanfaat untuk dipakaikan dibadan, karena area badan bagian belakang adalah area yang sangat sulit untuk dijangkau. Kalau jerawatnya dibagian pinggang kan masih terjangkau, nah.. kalau munculnya dibagian punggung bagian tengah gimana? Oleh karena itu, aku merasa sangat tertolong dengan adanya spray jerawat Mustika Puteri ini.

Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray
Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray
How To use

Cara pakainya sangat mudah, kocok dulu botolnya, lalu semprotkan diaera yang sedang radang mau keluar jerawat baru, atau sudah berjerawat, kemerahan, dan dibekas jerawat.

 Mist Sprayer

Size: 100Ml

Ingredients

Aqua, Alcohol, Curcuma, Xanthorrhiza Root Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Sodium, Palmitoyl Proline, Panthenol, Diazaolidinyl Urea, PEG-60, Almond Glycerides, Palmitic Acid, Caprylyl Glycol, Coceth-7, PPG-1-PEG-9 Lauryl Glycol Ether, Glycerin, Triclosan, Fragrance, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Nymphaea Alba Flower Extract, Carboner, Nordihydroguaiaretic Acid, Oleanolic Acid.

Pro:
  • Praktis penggunaannya.
  • Wanginya enak.
  • Cooling effect karena mengandung Witch Hazel.
  • Melembabkan wajah.
  • Membantu meredakan rasa sakit kalau jerawat lagi radang.
  • Cepat keringnya.
  • Tidak lengket.
  • Harga sangat terjangkau.
  • Produk lokal.
  • Sudah BPOM.
  • Halal.
Cons:
  • Belum nemu jeleknya

pink-swirly-hi

Mustika Puteri Acne Gel

Acne Gel Mustika Puteri ini merupakan bagian perawatan jerawat dari Acne Series Mustika Puteri. Sesuai namanya, Gel ini bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat.Seperti bisa dilihat dari packagingnya, bentuknya mirip seperti odol. Namun isinya bukan pasta atau cream, tetapi gel berwarna kuning. Mungkin warna kuning ini berasal dari kandungan Temulawaknya.

Mustika Puteri Acne Gel
Mustika Puteri Acne Gel
How To use

Dari pengalamanku, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, oleskan Mustika Puteri Acne Gel ini pada kulit yang berjerawat sehari 3x – pagi, siang dan malam hari. Oleskan Gel ini sesudah menggunakan Toner dan sesudah Mustika Puteri Acne Trouble Mist Spray, sebelum menggunakan Tinted Moisturizer Mustika Puteri.

Gel ini mudah disebarkan. Jadi, sedikit saja sudah cukup untuk seluruh wajah. Berhati – hatilah ketika mengeluarkan isinya agart tidak mengeluarkan terlalu banyak.  Karena gel ini butuh waktu untuk menyerap; so, kalau kita pakai terlalu banyak, nanti malah tambah lama keringnya. Biar cepat menyerap dan kering, aku  sarankan untuk tepuk – tepuk ringan bagian yang kita oleskan Acne Gel Mustika Puteri ini.

Acne Gel Puteri

Size: 15 gram

Ingredients

Aqua, Alcohol, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Glycerin, Caprylic Capric Triglyceride, Hamamelis Virgiana (Witch Hazel) Extract, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid, Curcuma Xanthorrhiza Root Extract, Butylene Glycol, Panthenol, Diazolidinyl Urea, Chitosan, PEG-60 Almond Glycerides, Caprylyl Glycol, Pentasodium Triphosphate, Allantoin, Triclosan, Centella Asiatica Leaf Extract, Behenyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Laureth-23, Soidum, Dicocoylethylenediamine PEG-15 Sulfate, Fragrance, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Glyceryl Stearate Citrate, Soidum Lauroyl Lactylate, DMDM Hydantoin, Arbutin, Carboner, Lecithin, Linoleic Acid, Sodium Ascorbyk Phosphate, Tocopheryl Acetate, Norhydroguaiaretic Acid, Oleanolic Acid, Glutatione, Linolenic Acid, Iodopropynylbutylcarbanate, Tocopherol, Vitis Vinifera (grape) Seed Extract.

Pro:
  • Wanginya enak, tidak ada bau kimia.
  • Cooling effect karena mengandung Witch Hazel.
  • Melembabkan wajah
  • Harga sangat terjangkau.
  • Sudah BPOM
  • Halal
Cons:
  • Berasa lengket.
  • Butuh waktu untuk kering. So, pastikan kalian tidak mengoleskan terlalu banyak!
Gel berwarna kuning, pakai sedikit saja sudah lebih dari cukup
Gel berwarna kuning, pakai sedikit saja sudah lebih dari cukup

pink-swirly-hi

Puteri Acne Tinted Moisturizer

Puteri Acne Tinted Moisturizer merupakan perpaduan pelembab dan alas bedak yang mengandung ekstrak temulawak.  Alas bedak Puteri ini dilengkapi dengan UV Protection yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, Acne Tinted Moisturizer Puteri ini juga mengandung AC Net yang membantu menghambat sekresi sebum berlebih serta Panthenol dan Allantoin yang berguna untuk menjaga kelembapan kulit.

Tinted Moisturizer Mustika Puteri
Tinted Moisturizer Mustika Puteri
How To use

Tuang Acne Tinted Moisturizer Puteri ini kesebuah wadah yang datar. Berhati – hatilah ketika mengeluarkan isinya, karena teksturnya sangat encer, hampir menyerupai air. Dari pengalamanku, belum dipencet keluar saja sudah keluar dulua isinya. So, be careful to not spill the content. Lalu, totol – totolkan tinted moisturizernya keseluruh wajah dengan jari. Lalu, ratakan diseluruh wajah dengan jari kita sampai menyerap dengan sempurna.  Aku sarankan dengan jari, karena kalau pakai kuas, kemungkinan tinted moisturizernya untuk meneteslebih besar dibandingkan dengan jari kita. Selain itu, jari kita juga mengandung panas, panas ini dapat membantu penyerapan lebih baik dibandingkan kuas makeup.

Pastikan teman – teman sudah mengaplikasikan Puteri Acne Trouble Spray dan Puteri Acne Gel, sebelum mengaplikasikan Puteri Tinted Moisturizer ini. Lalu kunci dengan Acne Compact powder agar tampilan lebih tahan lama.

be careful pas buka, karena isinya mudah tumpah

Size: 30 ml

Ingredients

Aqua, glycerin, Cyclotetrasiloxane, Octyl Methoxycinnamte, Phenyl Trimethicone, Sorbitan Olivate, Curcuma Xanthorrhiza Root Extract, Lauryl Methacrylate/Glycol Dimethacrylate Crosspolymer, Panthenol, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid,  Sorbitan Caprylate, Butylene Glycol, Propylene Glycol, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Cyclopentasiloxane, Chamomilia Recutita (Maticaria) Flower, Imidazolidinyl Urea, PEG-60 Almond Glycerides, Propanedidol, Caprylyl Glycol, Benzoic Acid, Fragrance, Triclosan, Allantoin, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Alcohol, Polysorbate 80, Methicone, Alunium Hydroxide, Cyclotrisiloxane, Bisabolol, Carbomer, Norhydroguaiaretic Acid, Oleanolic Acid, CI 77891, CI 77019, CI 77492, CI 77491, CI 77499.

Pro:
  • Wanginya enak.
  • Mengandung UV Protection, jadi tidak perlu pakai sun protection lagi.
  • Melembabkan wajah.
  • Membantu mengkontrol produksi minyak.
  • Cepat menyerap dikulit.
  • Tidak lengket.
  • Harga sangat terjangkau.
  • Produk lokal
  • Sudah BPOM
  • Halal
Cons:
  • Tekstur terlalu encer, sehingga mudah tumpah dan berantakan. Tidak dipencet keluar saja sudah keluar sendiri.
  • Sehubung isinya mudah tumpah, Packaging baiknya pakai model pump.
  • Coverage sangat tipis, seperti tidak pakai apa – apa.
  • Coverage is not buildable.
Very low coverage
Very low coverage

pink-swirly-hi

Acne Compact Powder Puteri

Puteri Acne Compact Powder adalah bedak Anti-Acne. Karena, seperti ketiga produk perawatan jerawat Mustika Puteri lainnya, bedak ini juga mengandung Ekstrak Temulawak yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bedak ini juga diformulasikan secara khusus dengan bahan – bahan yang dapat menyerap sebum. Oleh karena itu, bedak ini mempunyai hasil akhir yang matte.

Mustika Puteri Acne Compact Powder

How To use

Aplikasikan Puteri Acne Compact Powder dengan pink cushion yang telah tersedia dalam compact dengan cara menepuk – nepuk ringan diseluruh wajah sampai rata. Jangan diusap ya, apalagi mengusap dengan kasar. Karena kalau kita mengusap dengan kasar, dapat menyebabkan pori – pori semakin besar.

Pastikan teman – teman telah mengaplikasikan Mustka Puteri Acne Trouble Spray, Puteri Acne Gel dan Puteri Tinted Moisturizer sebelum mengaplikasikan Puteri Acne Compact Powder ini untuk beroleh hasil perawatan yang lebih maksimal.

Pink Cushion <3

Size: 14 gram

Ingredients

Talc, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Aluminum Starch Octenylsuccinate, Squalane, Methicone, Dimenthicone Ethyl Ascorbic Acid, Curcuma Xanthorrhiza Root Extract, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Dipropylene Glycol, Aqua, Butylene Glycol, Sorbic Acid, Acacia Senegal Gum, Salicylic Acid, Sodium Palmitoyl Proline, Propanediol, Alcohol, Salix Alba Bark Extract, Parfum, PEG-60 Almond Glycerides, Caprylyl Glycol, Palmitic Acid, Glycerin, Aluminum Hydroxide, Carbomer, Nymphaea Alba Flower Extract, Nordihydroguaiaretic Acid, Oleanolic Acid. May Contain: CI 77891, CI 77491, CI 77492, CI 77499.

Pro:
  • Wanginya enak.
  • Ringan diwajah, tidak berasa pakai bedak.
  • Membantu mengkontrol produksi minyak.
  • Hasilnya smooth
  • good coverage
  • Harga sangat terjangkau.
  • Produk lokal
  • Sudah BPOM
  • Halal
Cons:
  • Pilihan Shade-nya sedikit, warnanya agak terlalu kuning diaku.
Matte Finish
Matte Finish

pink-swirly-hi

The Store and the Shop

Jika teman – teman berminat untuk mencoba produk perawatan jerawat Mustika Puteri diatas, kalia bisa beli produk-produknya dari merchant resmi Mustika Puteri seperti Giant, Carrefour, Superindo, Alfamart, Indomaret, dst.

  • Puteri Acne Trouble Mist Spray – IDR 35,000.-*
  • Puteri Acne Gel – IDR 27,000.-*
  • Puteri Tinted Moisturizer – +/-IDR 37,900.-*
  • Puteri Acne Compact Powder – +/-IDR 37,500.-*

*Pricing is subject to change from time to time without notice

For more information about Mustika Puteri or about their Acne Series Products, check out their Officials page listed below:

pink-swirly-hi

So, that’s all my review for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

Comments

Comments

  1. Gracia Cita says:

    Wakakakaka… thank you for reading! Dan lucky you!

  2. Wow panjang banget, semuanya diulas dgn lengkap!👌 Hmmm… jadi aku termasuk 19,2 siswi yg kulitnya gk jerawatan doang yahhhh *nyombong wkwkwk

  3. Gracia Cita says:

    Wow.. so far urs is comment terpanjang yang pernah kudapat!
    huahahaha… Congratulation Judith!

    yup.. blotting paper itu buat bantu serap minyak berlebih kan. Masalahnya pas kulit mulai berminyak itu kan muka kita sudah terkexpose sama debu dan kotoran – kotoran lainnya yang bertebangan diudara. So, otomatis minyaknya mengandung debu.. makanya minyak berlebihnya perlu dibersihkan biar tidak jadi jerawat. ho3..

  4. Pas baca tips no.3 yang minum air yang cukup aku buru2 ambil air dong XD
    Wow I never use blotting paper, emang berguna ya? wkwk aku selama ini menjadikan minyak wajahku sebagai dewy finish yang alami hihi
    Ah poin nomer 5 bener juga nih, rambut kotor ternyata bisa bikin jerawatan juga, apalagi kalo lagi ponian urgh
    Aku juga suka banget itu Mist Spraynya sumpah live safer banget ahaha
    Ternyata cooling effectnya karena mengandung witch hazel ya, aku baru tau loh..
    Aku baru tau ternyata harganya terjangkau ya under 50k semua, kayaknya kalo punyaku udah abis aku mau beli lagi Mist Spraynya hihi

    heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

  5. Gracia Cita says:

    yoi! huehehe.. ya kan? kalo pake Spray enak buat reach area yg gk kejangkau tangan..

  6. Kak gracia surfeinya bermanfaat banget, aku kayanya pengen coba Acnes trounle mist spray buat punggungku deh 😂

  7. Gracia Cita says:

    Thank you Aya <3
    Glad to know produk ini cocok didirimu 😀

  8. Aya says:

    Grace.. informatif bangeeet..

    Aku suka banget pakai mustika puteri ini.. ngefeknya cepet di kulit aku.. hihi

  9. Ray says:

    wihh lengkap banget Grace review nya. aku termasuk yg 85% itu btw, i prefer to take care of my skin by my self. ngerasa lebih aman aja rasanya hihi

    Ray,
    http://www.rayditaa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*