Endorsed Skincare Sponsored

My Routine With Clinelle Essential Care

Hi guys, hari ini aku mau sharing my skincare routine with Clinelle. Jadi, ceritanya aku tuh kemarin ini mencari skincare routine baru. Karena produknya akan dipakai secara rutin setiap hari, berarti produknya harus terjamin aman donk. Bayangkan, kalau produk yang digunakan mengandung bahan yang berbahaya, walau sedikit, tetapi kalau dipakai daily pasti akan ada efek sampingnya.

Clinelle Essential Care Set

pink-swirly-hi

My Clinelle Journey

Talking about skincare, berarti kita bicara soal ingredients. Kalau kalian pernah baca review – review yang sudah pernah saya posting, kalian pasti tahu kalau aku sudah pernah menggunakan produk dari Clinelle sebelumnya. Berikut adalah listnya:

In case, kalian belum pernah membaca review sebelumnya, dalam postingan – postingan tersebut, aku pernah menceritakan alasan aku menyukai produk perawatan Clinelle. Tahun 2019, aku bahkan pernah include Clinelle Caviar Gold Lotion sebagai salah satu produk Holy Grail aku.

Berikut adalah alasan – alasan kenapa aku suka dengan brand dan produk Clinelle:

  • Brand Clinelle bukanlah brand baru. Memang di Indonesia baru masuk tahun 2017, tetapi brand Clinelle sendiri kini sudah berusia 17 tahun.
  • Clinelle adalah brand multi-nasional. Jaringan distribusi Clinelle meliputi negara Malaysia, Hong Kong, Thailand, Singapore, Australia dan Indonesia.
  • Memiliki konsep produk yang jelas, yaitu untuk membantu repair, refine & reshield (RX3 Action) supaya kulit penggunanya menjadi sehat secara optimal
  • Produk – produk Clinelle sudah dibuktikan secara klinis (dermatologically tested) bahwa formulanya ini bebas dari bahan – bahan berbahaya yang dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, penuaan dini

Now, produk yang aku akan bahas hari ini adalah seri perawatan Clinelle Essential Care.

Formula produk - produk clinelle

pink-swirly-hi

Clinelle Essential Care

Seri Essential Care ini adalah seri perawatan khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dari kulit kita untuk bisa senantiasa berada dalam kondisi sehat. Karena itu, seri yang satu ini diformulasikan untuk dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Sesuai dengan namanya, Clinelle Essential Care memiliki 6 jenis produk perawatan dasar:

  • Clinelle Deep Cleansing Water
  • Clinelle Deep Cleansing Gel
  • Clinelle Smoothing Scrub
  • Clinelle Eye Bright
  • Clinelle Soothing Skin Toner
  • Clinelle Moisture Glow

Dari 6 jenis produk di atas, hari ini aku sudah mencoba 4 diantaranya.

clinelle Daily essential skincare set

pink-swirly-hi

Clinelle Deep Cleansing Water

Produk pertama dari seri Clinelle Essential Care adalah Deep Cleansing Water. Clinelle Deep Cleansing Water adalah produk pembersih riasan wajah, area mata dan bibir. Memiliki tekstur yang cair seperti air, Deep Cleansing Water Clinelle ini bekerja dengan cara mengeksfoliasi secara ringan, sel kulit mati dan penumpukan sebum pada kulit wajah. Selain itu, sebagai makeup remover, produk ini juga membantu membersihkan dan mengangkat residu.

Menurut saya pribadi, ini adalah pilihan produk yang sangat tepat; karena, langkah pertama dari skincare routine adalah membersihkan wajah.

Banyak orang suka menganggap remeh langkah yang satu ini. Padahal, ini adalah basic yang sangat penting dan harus diperhatikan, jika kita ingin memiliki wajah yang bersih, sehat dan cerah. Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan, apabila kita menggunakan makeup secara rutin setiap hari.

Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar istilah Double Cleansing. Double Cleansing adalah proses 2 langkah membersihkan wajah. Jadi, sebelum kita membersihkan wajah menggunakan face cleanser, kita melakukan 1 step tambahan yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover.

Clinelle Deep Cleansing Water

My experience

Dari pengalamanku pribadi menggunakan makeup remover Clinelle ini, aku mendapati produknya nyaman untuk digunakan sehari – hari. Seperti teman – teman ketahui, kebanyakan produk makeup remover itu biasanya membuat kulit jadi berasa kering dan tidak jarang perih setelah digunakan. Nah, hal ini justru malah terjadi sebaliknya. Berkat kandungan aktifnya – pomegranate enzyme, Green Tea Extract dan Hyaluronic Acid – deep cleansing water ini justru malah membuat kulit jadi berasa lembab setelah digunakan. Asiknya lagi, deep cleansing water Clinelle ini juga diformulasikan non-oily; jadi tidak akan terasa greasy dan aman untuk digunakan oleh orang – orang dengan jenis kulit berminyak, dan juga untuk orang – orang yang memiliki masalah acne prone.

Clinelle Deep Cleansing Water terbukti efektif mengangkat berbagai macam jenis makeup, termasuk yang waterproof
Clinelle Deep Cleansing Water terbukti efektif mengangkat berbagai macam jenis makeup, termasuk yang waterproof

pink-swirly-hi

Clinelle Deep Cleansing Gel

Next, setelah membersihkan wajah dengan menggunakan Clinelle Deep Cleansing Water, langkah berikutnya dari Double Cleansing adalah membersihkan wajah dengan menggunakan Clinelle Deep Cleansing Gel. Sesuai dengan namanya, produk ini adalah produk pembersih wajah juga.

Berbeda dengan pembersih wajah lainnya, Clinelle Deep Cleansing gel diformulasikan dengan 3 kandungan aktif:

  • Ekstrak Centella Asiatica yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen.
  • Ekstrak ginseng untuk membantu menjaga kekencengan kulit wajah.
  • Ekstrak Greentea untuk mengurangi bakteri, sekaligus untuk melindungi kulit dari radikal bebas

Clinelle Deep Cleansing Gel

My experience

Dari pengalamanku pribadi menggunakan Facial Wash Clinelle ini, aku mendapati pembersih ini memiliki tekstur yang agak runny. Biasanya kalau Gel itu cenderung kental dan tidak terlalu runny ya, nah ini gel-nya itu lumayan kental, tetapi runny mirip seperti air. Jadi, pas pertama aku buka tutupnya, langsung isinya tumpah keluar tanpa harus dipencet dulu kemasannya. Karena itu, kalian perlu sedikit berhati – hati ya pas buka.

Untuk formulanya, ketika digunakan, hal pertama yang aku rasakan adalah efek dingin yang menenangkan. Buat aku pribadi, ini langsung adalah nilai plus. Pasalnya, kulit kita pun bisa merasakan yang namanya Lelah dan stress.

Selain itu, sama seperti deep cleansing water, deep cleansing gel Clinelle ini juga tidak membuat kulit jadi kering, dan juga tidak overcleansing. Biasanya kalau sesudah mencuci wajah suka ada rasa seperti tertarik-kan kulit wajahnya; nah, ini justru malah kulit jadi berasa bersih, lembab dan kenyal.

Dan yang tidak kalah pentingnya, sesuai namanya deep cleansing gel, sabun wajah Clinelle ini ternyata efektfi untuk membersihkan sampai kedalam pori – pori. Ini terbukti dari tidak adanya jerawat baru yang muncul diwajahku.

pink-swirly-hi

Clinelle Purifying Skin Toner

Langkah ketika dalam perawatan wajah adalah menggunakan toner. Banyak orang suka menganggap remeh langkah yang satu ini. Padahal, penting sekali loh untuk menggunakan toner sesudah memebrsihkan wajah dengan sabun. Hal ini disebabkan, toner bermanfaat untuk

  • Membersihkan residue / sisa kotoran yang tidak terangkat saat membersihkan wajah
  • Membantu melembabkan wajah
  • Mengencangkan pori – pori
  • Menghaluskan kulit
  • Mengatasi jerawat
  • Menyeimbangkan pH kulit

Pada kesempatan ini, saya ingin menekankan pentingnya peranan toner untuk melindungi kulit kita. Memang jarang sekali dibahas. Hal ini disebabkan oleh faktor formula, dimana tidak semua toner memiliki formula seperti Clinelle Purifying Skin Toner, misalnya. Toner Clinelle yang satu ini diperlengkapi dengan formula:

  • Licorice Extract untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Lavender oil sebagai anti-inflamasi dan anti-bakteri untuk melawan blemish

Karena itu, kita harus benar – benar memperhatikan formula dari toner yang kita gunakan; supaya perlindungan kulit kita maksimal.

Clinelle Purifying Toner

My experience

Semenjak aku paham tentang manfaat toner, sampai dengan saat ini, aku tidak pernah lagi skip step yang satu ini. Semalas – malasnya aku, tetap aku paksa diri untuk tetap melakukan step ke-3 ini. Karena aku, sudah merasakan manfaatnya. Memang berbeda sekali hasilnya.

Dari pengalamanku menggunakan Clinelle Purifying Skin Toner, aku mendapati toner ini unik. Karena baru kali ini aku menemukan toner dalam bentuk spray! Jadi, cara aku menggunakannya adalah dengan menyemprotkan langsung Toner-nya kewajahku, baru sesudah itu aku usapkan kapas untuk meratakan produknya.

Kenapa aku tidak langsung menepuk – nepuk dengan tangan, karena aku mendapati penggunaan kapas ini tidak bisa diskip. Hal ini penting untuk memastikan kalau kulit aku sudah dibersihkan secara sempurna. Kalau sudah bersih, pasti tidak akan ditemukan residue dikapas. Sebaliknya, kalau belum bersih, pasti akan nampak dikapas.

Selain itu,  aku mendapati toner ini nyaman untuk digunakan khususnya dimalam hari. Pasalnya, wangi lavendernya ini membuat aku mejadi relaks sesudah long working day.

Clinelle Spray toner

pink-swirly-hi

Clinelle Moisture Glow

Last but not least, Sesudah menggunakan Toner, dipagi hari kita perlu juga menggunakan day cream atau night cream kalau dimalam hari. Hal ini diperlukan supaya kulit kita tidak menjadi dehidrasi. Memang betul, orang kulit berminyak biasanya tidak dianjurkan untuk menggunakan day cream sebelum menggunakan makeup. Ini benar kalau produk yang digunakan mengandung oil didalam formulanya.

Karena itu, aku selalu menganjurkan teman – teman yang memiliki jenis kulit oily seperti aku untuk mencari non-oily skincare. Seperti Clinelle Moisture Glow ini misalnya. Karena memiliki formula yang ringan dan non-oily, maka skincare ini aman untuk digunakan dipagi hari sebelum kita menggunakan makeup.

Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, penggunaan day cream ini penting sekali. Karena tugas utama day cream ini adalah untui hydrate, firm & protect. Baik kita menggunakan makeup daily atau tidak, langkah ini sebaiknya jangan diskip.

Clinelle Moisture Glow

My experience

Sebelum paham tentang manfaat day cream, aku pun dulunya adalah salah satu orang yang suka skip langkah ini. Karena aku dulu lebih mengutamakan makeup. Padahal, aku menggunakan makeup juga karena ingin kulitku nampak bagus, apalagi saat photo. Siapa sih yang gak mau terlihat cantik dikamera? Namun aku salah besar!

Kunci kulit bagus itu sebenarnya adalah perawatan kulit. Kalau kulit kita bagus, kenapa harus pake banyak makeup? Semenjak aku sadar akan hal ini, aku jadi lebih concern untuk merawat kulit, dan menggunakan less makeup. Pasalnya, semakin tebal makeup kita, pori – pori kita jadi tidak bisa bernafas. Karena itu, kulit kita jadi timbul masalah jerawat dan kawan – kawan. Plus, formula makeup itu sebenarnya keras loh di kulit!

Salah satu alasan yang membuatku suka dengan Clinelle Moisture Glow adalah formulanya yang ringan, non-oily dan mudah diserap kedalam kulit, serta tidak lengket. Hal ini berarti tidak ada produk yang tertinggal dipermukaan kulit.

Last but not least, produknya ini juga nyaman untuk dikombinasikan dengan penggunaan makeup. Karena well hydrated, kulit kita jadi tidak produksi minyak berlebih; hasil makeup pun jadi lebih tahan lama.

Clinelle Moisture Glow cepat menyerap, non oily dan tidak lengket
Clinelle Moisture Glow cepat menyerap, non oily dan tidak lengket

pink-swirly-hi

Conclusion

In conclusion, kalau kita mau punya kulit yang sehat dan cerah alami; berhati -hatilah dalam memilih produk skincare dengan cara memperhatikan latar belakang perusahaan, formula yang digunakan, dan sudah punya BPOM atau belum. Karena tidak semua produk yang ada dipasaran itu aman untuk digunakan.

Salah satu alasan aku percaya dan mau menggunakan produk Clinelle adalah karena perusahaannya sudah well established sejak 2004; produknya sudah teruji klinis bebas dari bahan – bahan berbahaya; di Indonesia sendiri produk – produknya sudah lulus uji BPOM.

Dari sisi harga pun, produk – produk Clinelle termasuk yang affordable, dan mudah sekali untuk didapatkan diseluruh Indonesia. So, untuk investasi pada diri sendiri, yuk pilih yang sudah terbukti aman dan terpercaya!

Before & After menggunakan Clinelle Essential Care
Before & After menggunakan Clinelle Essential Care

pink-swirly-hi

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa check Official Sosmed Clinelle berikut:

Website Clinelle I Instagram Clinelle I Facebook Clinelle

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram@blossom.shine

FacebookGracia Cita

Twitter@jovialbeauty

YoutubeGracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Tentang Penulis

A Mother of one who loves makeup and anything related with beauty <3
Oily Skin <3 Eyeshadow and Lipstick Junkie <3