Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion Review

Hi gengs, hari ini aku mau share pendapatku tentang Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion yang belum lama ini launching. Cushion yang terdiri dari 6 varian ini, memiliki medium coverage dan juga dilengkapi dengan formula yang dapat melindungi wajah selama aktivitas seharian. Now, apakah kualitasnya sesuai dengan klaim? Yuk dibaca review Cushion Makeover versi aku selengkapnya!

Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion
Introducing, Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

Sesuai dengan klaim pada official website mereka, Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion adalah cushion compact yang diciptakan untuk menjadi produk yang long lasting hingga 12 jam. Secara khusus, cushion ini diciptakan untuk wanita yang aktif di ruangan ber-AC dan outdoor. Dengan medium hingga full coverage, MO Cover Cushion memberikan hasil akhir matte berdimensi yang natural.

Cushion ini tersedia dalam 6 varian warna yang cocok dengan tone kulit orang Indonesia, serta dilengkapi dengan anti-pollution dan UV filter SPF 50/PA++++untuk melindungi wajah selama aktivitas seharian. Selain itu, MO Cover Cushion ini juga diformulasikan dengan pelembab, oil control,dan soft focus agent untuk tampilan kulit yang tampak sehat, halus dan mulus sepanjang hari.

Last but not least, Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini juga dilengkapi dengan aplikator berbentuk puff yang diciptakan dengan teknologi anti-bakterial yang tahan air, sehingga produk tidak terserap dipuff dan mampu memberikan coverage maksimal di wajah.

Netto: 15g

Harga: IDR 215,000.-*

Isi Cushion Makeover sebelumnya tersegel dengan baik
Isi Cushion Makeover sebelumnya tersegel dengan baik

Ingredients

Water, Titnium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Salicylate, Cyclohexasiloxane, cetyl Ethylhexanoate, Lauryl PEG-10 Tris, Trimethylsloxylsilyethyl Dimethicone, Methyl Trimethicone, Pentylene Gycol, Alcohol Denat., Glycerin, Polymethyl Methacrylate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Diphenylsioxy, Phenyl Trimethicone, Cetyl PEG/PPG 10/2 Dimethicone, Isododecane, Aluminum Hydroxide, Magnesium Sulfate, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Trimethylsiloxysilicate, Synthetic Fluorphlogopite, Disteardimonium Hectorite, Triethoxycaprylylsilane, Cetearyl Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Aqua (EU), Magnesium Aspartate, Zinc, Gluconate, Copper Gluconate.

May Contain: CI 77492, CI 77491, CI 77499

Expiry date tercetak pada bagian belakang cushion
Expiry date tercetak pada bagian belakang cushion

pink-swirly-hi

Cara Menggunakan MO Demi Matte Cushion

Berikut adalah Glossy Makeup tutorial yang aku buat untuk menunjukkan bagaimana caranya menggunakan Makeover Demi Matte Cushion. Tampilan ini sebenarnya lebih cocok untuk teman – teman dengan jenis kulit Kering – Normal / dry-normal skin. Hal ini disebabkan hasil akhir dari MO Cushion yang cenderung ke Satin Finish ketimbang Matte Finish. Untuk detail Pros & Cons aku, bisa dibaca pada section berikutnya ya.

Oh ya, dalam tutorial ini, aku hanya menggunakan 1 brand saja, yaitu Make Over, kecuali mascara; karena aku belum punya mascara dari MO. Selain itu, untuk membuktikan coverage power dari cushion MO, aku tidak menggunakan concealer sama sekali.
Enjoy the tutorial!

The Look

Berikut adalah tampilan yang aku buat dalam tutorial. Setelah dilihat – lihat lagi, tampilan ini mirip (bukan recreate ya!) dengan editorial look yang biasa Vina Gracia suka buat, atau mungkin cuma aku saja yang berpikiran demikian? Anyway, comment dibawah ya, what do you guys think?

Final Look makeup dengan menggunakan MO Demi-Matte Cushion
Final Look makeup dengan menggunakan MO Demi-Matte Cushion

Final look, makeup dengan menggunakan Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion

pink-swirly-hi

My Experience

Nah sekarang, bagian yang ditunggu – tunggu, aku mau membagikan pengalamanku menggunakan Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini dengan kalian. Namun sebelumnya, aku akan menceritakan test yang aku lakukan untuk menguji kualitas dari cushion lokal ini.

Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion Test 1

Dalam test pertama, aku memakai Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini untuk membuat Glossy Makeup Tutorial yang baru saja kalian tonton. Jadi, seperti kalian bisa tebak, sesudah aku membuat tutorial, tentunya tidak langsung aku hapus. Aku pakai dulu selama beberapa waktu untuk menguji ketahanan dari cushion ini.

Singkat cerita, seperti kalian bisa lihat dari tutorial di atas, aku tidak set makeup-nya sama sekali dengan powder. Oleh karena itu, hanya dalam waktu 1 jam-an saja, wajahku sudah berminyak parah. Sejauh ini, wajahku terasa kurang nyaman karena terlalu berminyak. Namun, coverage-nya masih bagus. Bisa dibilang, antara tidak oxidize sama sekali, atau mungkin oxidize tapi hanya sedikit saja. Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, cukup dengan menggunakan kertas minyak, lalu tinggal menambahkan bedak tabur saja.

Ini sesudah 1 jam-an sejak aku finish shooting, aku makan; lalu buru - buru foto lagi karena ingin hapus
Ini sesudah 1 jam-an sejak aku finish shooting, aku makan; lalu buru – buru foto lagi karena ingin hapus

Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion Test 2

Test kedua, aku menggunakan Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini ketika berlibur di Anyer. Kalau kalian mengikuti Instagram aku – @blossom.shine, kalian pasti tahu kalau aku melakukan test wear. Namun, yang membedakan dengan test wear pertama, kali ini aku menggunakan loose powder untuk set cushion-nya.

As I show on IG Stories, cushion Makeover ini tahan sekitar 1 jam-an outdoors sebelum terlihat mengkilap. Namun, sama seperti sebelumnya, coverage-nya ini masih bagus banget; jadi, mudah untuk aku touch up. Sayangnya, wajah jadi terasa tidak nyaman karena produksi minyak berlebih diwajah. Karena itu aku menarik kesimpulan bahwa Powerstay Cover Cushion Make Over ini tidak cocok untuk dipakai untuk outdoors activities pada jenis kulit berminyak.

Meskipun demikian, aku mendapati satu pengalaman menarik. Jadi, ceritanya sesudah main dipantai selama kurang lebih 2 – 3 jam, kita balik ke hotel untuk berenang. Saat itu, aku hanya bilas badan saja, dan tidak membersihkan wajah sama sekali. Jadi, makeup-nya aku pakai untuk berenang. Guess what, ternyata makeup-nya masih menempel diwajah! Sayangnya aku lupa foto bekas kapas yang kupakai untuk membersihkan makeup-nya. In total, aku menghabiskan 3 kapas kemarin ini untuk membersihkan wajahku. So, aku dengan ini menyatakan bahwa klaim mereka kalau MO Demi Matte Cushion ini tahan lama, terbukti.

Mohon maaf, ini foto pas baru sampe di Anyer (2,5 jam perjalanan). Sebenarnya ini mengkilap, cuma kelihatan bagus sepertinya karena efek kamera hp + Matahari?
Mohon maaf, ini foto pas baru sampe di Anyer (2,5 jam perjalanan). Sebenarnya ini mengkilap, cuma kelihatan bagus sepertinya karena efek kamera hp + Matahari?

Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion Test 3

Last but not least, pada test ketiga, aku menggunakan Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini untuk ke gereja. Sama seperti test wear ke-2, aku set makeup aku dengan loose powder. Namun, kali ini makeup-nya tahan lebih lama. Aku pakai dari jam 8 pagi hingga jam 1 siang, yaitu kurang lebih 4-5 jam, dan makeupnya masih bagus. Memang seperti tampak pada foto berikut, wajahku telrihat mengkilap, cuma tidak sampai terasa menganggu. Hal ini mungkin karena aku stay indoor dan berada dalam ruangan ber-AC.

Tips untuk touch up-nya masih sama, cukup menggunakan bloating paper, lalu aplikasikan bedak tabur untuk memperbaiki tampilan makeup kita.

Seperti kalian bisa lihat, beberapa area tampak mengkilap, seolah - olah aku menggunakan highlighters
Seperti kalian bisa lihat, beberapa area tampak mengkilap, seolah – olah aku menggunakan highlighters

pink-swirly-hi

Kesimpulan

Setelah kalian memahami cara test aku, berikut aku mencoba list pros’ dan cons’ aku mengenai Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion ini. Jujur ya aku tuh sebenarnya tuh punya “It’s complicated” status dengan MO Cushion ini. Hal ini disebabkan, aku tidak benci produk ini, tapi juga tidak bisa bilang suka banget; namun, dibilang biasa saja juga enggak. Nah lo… bingung kan!? Sambil berusaha membuat keputusan, mari kita lanjut dengan Pros’ dan Cons’ list-nya dulu:

Pros’:

  • Formulanya ringan
  • Hasilnya natural, cocok untuk dikenakan sehari – hari oleh wanita kantoran, atau wanita yang main activity-nya indoor.
  • Mempunyai medium coverage
  • Coverage-nya dapat di-build hingga full-coverage
  • Memberikan hasil yang smooth
  • Varian warnanya cocok untuk skintone orang Indonesia, tidak bikin wajah jadi terlihat abu – abu
  • Harganya terbilang murah
  • BPOM Certified
  • kemasannya elegan, improvisasi banget untuk kosmetik Indonesia
  • Mudah untuk di touch up, karena entah tidak oxidize atau mungkin hanya minimal oksidasinya
  • Sekalipun wajahku berminyak, tetapi makeup-nya tidak geser sama sekali
  • Aku tidak sengaja pakai untuk berenang setelah bermain dipantai, namun makeup-nya masih terlihat bagus; so, dengan ini, klaim tahan lamanya terbutki

Cons’:

  • Aku kurang setuju untuk klaim oil control, karena seperti kalian bisa baca dari proses wear test aku; setelah beberapa waktu, aku harus touch up dengan kertas minyak, dan menambahkan bedak tabur untuk membantu biar tidak cepat mengkilap lagi. Hal ini disebabkan karena kandungan pelembab dan UV protection yang terkandung dalam cushion ini.
  • Kalau kalian kondisi kulitnya lagi kurang bagus, seperti ada kulit kering mengelupas, sebaiknya menggunakan pelembab terlebih dahulu, dan juga menggunakan primer yang mengandung formula smoothing, agar tekstur kulit lapisan luarnya rata terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena cushion ini ngejeplak (patchy), sehingga area kulit yang tidak rata dan kasar akan sangat nampak.
Cushion Makeover punya medium coverage yang bisa dibuild menjadi full coverage
Cushion Makeover punya medium coverage yang bisa dibuild menjadi full coverage

Disamping 2 masalah ini, aku sejauh ini belum punya keluhan lainnya.

Singkat cerita, setelah menuliskan pros’ dan cons’ diatas, aku memutuskan untuk menyukai Cushion ini karena list pros’ di atas, dan cons’ aku pun tidak sampai mengganggu sekali di-aku; dalam arti kata lain, masih bisa aku akalin, bukan masalah yang dead-end. Plus, aku lebih banyak spend waktu didalam ruangan ber-AC. Jadi, I may want to opt for this face makeup.

Sekian review matte cushion Makeover dariku. Semoga infonya berguna ya!

Nih, kena air baik - baik saja cushion-nya, makanya sesudah berenang, mostly masih ada diwajahku
Nih, kena air baik – baik saja cushion-nya, makanya sesudah berenang, walau ada yang hilang, tapi yang tersisa gak terlihat berbecak

pink-swirly-hi

The Store & The Price

Semua produk Make Over Cosmetics, termasuk Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion dapat kalian beli online dari official stores mereka di market place seperti Shopee atau Tokopedia, dan juga bisa dibeli dari official partner mereka seperti Sociolla. Untuk offline, kalian bisa beli dari Beauty Store resmi seperti Guardian dan Watson.

Harga Makeover Powerstay Demi-Matte Cover Cushion saat ini adalah IDR 215,000.-*

Harga di atas dapat berubah sewaktu – waktu tanpa notifikasi.*
Read Also: A’Bloom Review – Althea Newest Exclusive

Cushion Makeover ini lebih cocok untuk dipakai sehari - hari oleh Office Lady atau orang - orang diruangan ber-AC
Cushion Makeover ini lebih cocok untuk dipakai sehari – hari oleh Office Lady atau orang – orang diruangan ber-AC

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine