Glossy Makeup Tutorial (Makeup Collaboration)

Hi gengs, hari ini aku mau share my version of Glossy Makeup Tutorial. Pasti sudah pada tahu donk trend makeup yang satu ini, atau setidaknya pasti pernah lihat di Instagram sekali. Sebenarnya tampilan ini bukanlah tampilan yang baru, hanya saja baru 2018 ini jadi trend. Pasalnya, tampilan ini sudah digunakan sejak lama oleh artist K-Pop. Nah… penasaran seperti apa tutorial atau step by stepnya? Yuk read on!

Glossy Makeup - Makeup Collaboration

Oh ya, makeup tutorial kali ini brought to you in collaboration with Beautiesquad – Komunitas Beauty Blogger Indonesia. Buat yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang komunitas ini, atau bahkan mungkin ingin bergabung, langsung saja di check Instagram mereka ya. Also, jangan sungkan buat DM admin mereka kalau ada pertanyaan. Coz, seperti ada pepatah bilang, kalau malu bertanya sesat dijalan! Cusss langsung saja diclick direct linknya ya.

pink-swirly-hi

Glossy Makeup Look

Glossy Makeup, Dewy Look, Glass Skin.. tampilan ini punya beberapa nama, tapi pada prinsipnya Glossy Makeup adalah tampilan makeup yang mempunyai hasil akhir yang terkesan transparan dan bercahaya dari dalam (luminous or natural glow), yang pada umumnya dipancarkan oleh kulit yang bersih dan sehat. Karena itu, kunci dari tampilan ini ada pada flawless dewy complexion.

Seperti telah kusebutkan pada introduction, Glossy Makeup awalnya menjadi booming atau trending pertama kali di Korea. Namun, berkat social media, tampilan ini menjadi viral dan kini officially menjadi makeup trend 2018. Karena itu, aku akan merujuk kepada standard glossy or glass skin di Korea sebagai acuan Tutorial ini. Berikut adalah standard  Glossy Skin Makeup ala Korea:

  • Clear atau jernih
  • Poreless atau pori – pori rapat tidak terlihat (kan tidak mungkin kalau kulit tidak berpori – pori.. LOL)
  • Transluscent atau transparan
  • Luminous atau bercahaya

pink-swirly-hi

Secret to Glossy Skin

Nahh.. ini dia pertanyaan semua wanita di dunia. Gimana caranya kita bisa punya tampilan kulit yang cantik dan flawless seperti para artis Korea? Aku pun termasuk salah satu wanita yang envy dengan kulit cantik, sehat dan bercahaya mereka. Tapi jangan salah ya.. aku bahagia dengan bentuk dan tampilan wajahku sendiri. Aku bersyukur punya wajah seperti ini. Namun demikian, merawat dan menjaga kesehatan kulit agar senantiasa sehat, cantik dan bercahaya itu penting. Makanya aku pun ingin belajar lebih lanjut agar bisa menjaga kesehatan kulit wajahku lebih baik lagi.

Menurut Sarah Lee dan Christine Chang (owner of Glass Recipe) dalam interview dengan Allure, rahasia atau kunci dari tampilan Glass Skin adalah layeringDalam hal ini, mereka mengacu kepada 7 skin method yang adalah ritual skincare para wanita Korea, dimana kita mengaplikasikan lightweight skincare seperti toner atau essence wajah sebanyak 7x atau 7 layer sesudah membersihkan wajah, sebelum mengaplikasikan moisturizer. Hal ini mereka lakukan karena mereka percaya bahwa kulit kita dapat menyerap lebih banyak hydrating ingredients yang terkandung dalam toner, sehingga kulit kita akan menjadi lebih hydrated dan sehat.

Dengan menerapkan 7 skin method ini, kita akan mendapatkan tampilan kulit yang lebih dewy, lembab (plump) dan halus seperti kulit bayi. Bisa dikatakan kita melakukan internal strobing dengan menggunakan skincare. In this case, kita dapat menyimpulkan bahwa kunci dari tampilan ini ada pada skincare dan bukan makeup.

 

Glossy Makeup Ala Blossom Shine

Now, setelah kita memahami tentang Glossy Makeup lebih baik; sekarang aku akan reveal my weapon for my version of Glossy Makeup. Seperti telah dijelaskan di atas, kunci dari tampilan ini adalah skincare. Karena itu, kalau biasanya aku skip skincare routine dan menggantikannya dengan Original Priming Water Studio Tropik, kali ini aku menggunakan beberapa skincare to prep my skin.

The Skincare

Berikut adalah skincare yang aku gunakan selain toner wajah:

  • Clinelle Caviar Gold Lotion
  • Clinelle Caviar Gold Serum
  • Clinelle Caviar Gold Eye Serum
  • The Saem Aloe Vera Gel

Skincare ini aku pilih karena mereka oil free dan lightweight pada umumnya. Secara khusus, aku memilih Clinelle Caviar Gold lotion karena lotion ini bermanfaat sebagai skincare booster agar skincare sesudahnya dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, rangkaian skincare Caviar Gold Clinelle ini juga memiliki kemampuan untuk mengkontur wajah secara alami. Karena itu, aku pilih rangkaian ini sebagai

Sedang The Saem Aloe Vera Gel aku pilih karena kemampuan anti-bakterinya. Jadi, beberapa waktu ini kulitku lagi lumayan berjerawat. Karena itu, untuk treat masalah kulitku, aku memilih Aloe Vera Gel ini. Selain itu, tekstur gel-nya juga bermanfaat untuk bantu mengunci kandungan moisturizer dari skincare yang telah diaplikasikan sebelumnya. Plus, aku gunakan tekstur gel-nya untuk smoothing permukaan kulitku juga.

L-R: Clinelle Caviar Gold Lotion, Serum, Eye Serum dan The Saem Aloe Vera Gel 95%
L-R: Clinelle Caviar Gold Lotion, Serum, Eye Serum dan The Saem Aloe Vera Gel 95%

The Makeup

Karena kita menginginkan hasil akhir yang glossy atau dewy, maka dari itu aku skip semua matte or mattifying or shine free makeup dari list. Sebagai gantinya, aku menambahkan highlighter ke dalam list. Oh ya, khusus untuk diblog post yang ini aku hanya akan berfokus pada complexion makeup saja. Karena itu, aku membuat postingan terpisah untuk eye looks-nya, which kalian bisa baca di Masquerade Makeup Party Look.

Berikut list lengkapnya:

The Makeup Used NYX Premiere Primer, NYX Total Control Drop Foundation, Maybelline Master Camouflage, NYX Wonder Stick and The Balm The Manizer Sister Palette

 

Tutorial Glossy Makeup

Berikut adalah tutorial lengkapnya:

*Mohon maaf menyusul ya di Youtube Channelku – Gracia Cita. Karena ada masalah dengan soft-ware video editorku. Sudah diedit, ditest mulus playback-nya, tapi pas di save video-nya ngefreeze 🙁 

pink-swirly-hi

Blossomshine’s Glossy makeup

Nah, ini dia hasilnya! What do you think of the look? Aku pribadi kalau tidak memiliki kulit berminyak, suka banget dengan look ini, dan ingin pakai sebagai go-to-daily makeup; meski sebenarnya susah – susah gampang. Pasalnya, aku mempunyai pori – pori kulit wajah yang cukup besar di area hidung dan sekitarnya. So, it’s a little bit tricky to get those area covered well. Not impossible, but just needed to be patient enough to blend till everything well covered 🙂

My Glossy Makeup Look
My Glossy Makeup Look

 

pink-swirly-hi

The Store

Semua produk yang aku pakai dalam tutorial dapat dibeli online dan offline di Indonesia. Beberapa aku dari onlineshop, tapi ada juga yang aku beli online official e-commerce, Sociolla. Sisanya, aku beli offline dari Watson atau Guardian.

Kalau teman – teman mau belanja di Sociolla, feel free to use my Discount Code ya. Lumayan banget kan, belanja minimal IDR 250,000 dapat diskon IDR 50,000 + dapat Free Ongkir juga lagi!

Sociolla Discount Code

pink-swirly-hi

Collaboration Partner

Seperti telah kusebutkan diatas Blog Post ini brought to you in collaboration with my Beautiesquad Ladies. Yuk cek juga postingan dari my friend Rizka to find out her Glossy Makeup SecretDan berikut adalah Photo Collage Collabsnya:

 

Hello, meet my friend Rizka
Hello, meet my friend Rizka

Glossy Skin 1

Glossy Makeup 2

Glossy Makeup 3

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Hi, it's me Gracia Cita, the blossom shine girl

hearts-line-divider-12541935

 

 

Resource:

  • www.allure.com/story/how-to-get-glass-skin-korean-beauty