Manfaat Susu Sapi A2 Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Hi gengs, ada yang sudah pernah dengar tentang Manfaat Susu Sapi A2 untuk Kesehatan dan Kecantikan? Yess.. Susu Sapi A2 ternyata bukan hanya bagus untuk kesehatan tubuh loh, tapi juga ada banyak manfaat untuk kecantikan juga. Karena itu, dalam postingan hari ini, aku mau sharing lebih lanjut tentang manfaat susu sapi A2, dan bagaimana caranya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari susu sapi ini untuk kecantikan.

Susu Sapi A2

Dari jaman nenek dan kakek kita, bahkan jauh sebelum jaman mereka, susu sudah dikonsumsi oleh mayoritas orang diseluruh dunia. Pasalnya, susu dinilai sebagai salah satu minuman yang dapat menyehatkan tubuh. Karena itu, semenjak bayi semua orang mengkonsumsi susu – mulai dari susu ibu (asi) lalu berpindah kepada susu lainnya (susu sapi, susu kedelai, susu almond dst.) ketika mulai kanak – kanak hingga dewasa.

Di Indonesia, untuk jenis susu yang umum dikonsumsi dan mudah untuk ditemukan, baik di supermarket ataupun di toko – toko bahan makanan lainnya, adalah susu sapi. Susu kedelai masih cukup mudah untuk didapatkan, karena banyak dijual di pasar (khususnya diarea jajanan pasar) dan juga di restaurant sebagai sajian minuman dingin. Namun, untuk susu almond masih terbilang cukup langka. Kalaupun ada yang jual, harganya relatif mahal.

Secara pribadi, aku dirumah lebih sering stock susu sapi. Dari sejak hamil sampai sekarang, aku selalu stock fresh milk atau susu segar dikulkasNamun, sampai dengan minggu lalu, aku tidak pernah tahu kalau susu sapi ada jenisnya. Memang informasi ini jarang sekali dicantumkan atau disebut – sebut. Aku baru tahu jenis – jenis susu sapi ini setelah mengkonsumsi KIN Fresh Milk A2; karena informasi ini mereka cantumkan pada kemasan botol susu mereka (Lihat foto dibawah). Dari situlah aku mencari tahu lebih lanjut tentang susu sapi A2.

Susu Sapi A2 KIN

Bedanya Susu Sapi A1 dan A2

Now, apa sih bedanya susu sapi A1 dan susu sapi A2, kan sama – sama susu? Well, kode itu dibuat tidak sembarangan guys. Para scientist dan nutritionist kerja bakti mempelajari jenis – jenis susu, bukan hanya supaya kita bisa mendapatkan nutrisi yang maksimal, tetapi yang tepat juga untuk tubuh kita.

Pasti pernah dengar dong istilah lactose intolerant? Buat yang belum tahu, lactose intolerant adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi seseorang yang tidak dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung dairy, secara khusus tidak dapat mengkonsumsi susu sapi segar atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu sapi segar seperti es krim, milkshake, latte, dst.

Suami saya, contohnya, adalah salah satu orang yang lactose intolerant. Tapi lucunya, ada brand – brand FB tertentu yang dia bisa konsumsi dengan aman. Aneh kah? Nah, ternyata hal ini disebabkan karena jenis susu sapi segar yang digunakan.

Secara umum, mayoritas susu yang ada market place mengandung 40% A1 dan 60% A2. Hal ini dikarenakan rekayasa genetik sapi yang kawin silang. Namun, pada susu sapi A2, hanya mengandung protein A2 saja. Selain itu, perbedaan lainnya ada pada kandungan Asam Amino dari kedua jenis susu tersebut. Pada Susu Sapi A1 memiliki kandungan Asam Amino Histidin, sedang A2 memiliki Asam Amino Prolin.

Bedanya Susu Sapi A1 & Susu Sapi A2

Asam Amino Histidin

Kandungan ini penting dalam menjaga kesehatan fungsi seksual. Namun, kalau kadarnya terlalu tinggi dapat menyebabkan gangguan penyakit mental seperti skizofrenia. Dalam proses penyerapan, agar kandungan proteinnya dapat diserap oleh tubuh, kandungan A1 ini harus dipecah menjadi zat bernama Histidin. Zat inilah yang kemudian menciptakan fragmen protein BCM-7 yang diserap oleh tubuh kita.

Nah kandungan BCM-7 inilah yang dipercaya menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman mengkonsumsi susu, dan menimbulkan serangkaian gejala yang mirip dengan intoleransi laktosa seperti ketidaknyamanan perut, perut bergas, kembung, dan diare setelah mengkonsumsi produk susu atau produk yang mengandung susu.

Hal ini diperkuat dengan bukti bahwa fragmen BCM-7 ini tidak ditemukan dalam susu sapi A2. Karena itu, susu sapi A2 dipercaya lebih bersahabat untuk dikonsumsi.

Asam Amino Prolin

Berbeda dengan Asam Amino Histidin, Asam Amino Prolin yang terkandung dalam susu sapi A2 diklaim mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Namun tetap saja ya, harus dikonsumsi dengan moderasi. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan tidaklah baik.

Secara khusus, Asam Amino Prolin ini diklaim memiliki manfaat utama untuk mendukung pembentukan kolagen di dalam tubuh. Karena itu prolin berguna untuk bukan hanya untuk kulit saja, tetapi juga untuk kesehatan jantung, dan sendi tulang dan otot tubuh.

Selain itu, Asam Amino Prolin ini juga aman untuk penceranaan; karena tidak mengandung fragment BCM-7. Karena itu, susu sapi A2 lebih aman untuk dikonsumsi sehari – hari.

Collagen type 2 dapat ditemukan pada struktural protein pada bagian Cartilage Tissue. Pic by medimoon.com
Collagen type 2 dapat ditemukan pada struktural protein pada bagian Cartilage Tissue. Pic by medimoon.com

Manfaat Susu Sapi A2 Untuk Kesehatan

Well, yang namanya makanan sudah pasti dampak utamanya adalah untuk kesehatan. Berikut adalah list manfaat mengkonsumsi Susu Sapi A2 untuk kesehatan:

  • Menunjang pertumbuhan dan memperkuat tulang
  • Membantu memenuhi kebutuhan protein harian yang diperlukan oleh tubuh
  • Mengandung yodium yang merupakan komponen integral dari tiroksin dan hormon triidothyronine
  • Kalium untuk kontraksi otot dan transmisi saraf
  • Sumber terbaik potasium yang efektif mencegah pembetukan batu ginjal, dan menjaga kinerja kerja ginjal tetap maksimal
  • Mengandung riboflavin atau Vitamin B2 yang berfungsi untuk memaksimalkan produksi energi dan melindungi sistem kardiovaskular
  • Mengandung Vitamin B12 yang berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, mencegah anemia dan memaksimalkan perkembangan sel saraf
  • Mengandung Vitamin A yang baik untuk pertumbuhan jaringan epitel mukosa, untuk melindungi tubuh dari racun dan mikro organisme yang berbahaya bagi tubuh.

Milk Structure

Manfaat Susu Sapi A2 Untuk Kecantikan

Karena ini Beauty Blog, so membahas soal kecantikan itu wajib hukumnya. Disamping melakukan daily skincare routine, penting untuk kita juga memperhatikan apa yang kita konsumsi sehari – hari. Apakah makanan dan minuman tersebut mendukung produksi kolagen dan juga mendukung regenerasi kulit kita?

Seperti telah disebutkan sepintas di atas, ternyata susu juga punya peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit kita. Karena, dengan mengkonsumsi susu dalam jumlah yang tepat secara rutin dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Berikut adalah list manfaat atau dampak yang ditimbulkan dari mengkonsumsi susu untuk kecantikan:

  • Membantu menjaga kulit agar tetap cerah
  • Membantu memperlambat timbulnya garis – garis halus tanda penunaan dini
  • Mengatasi masalah kulit kering
  • Membantu proses penyembuhan luka pada kulit

5 Cara Konsumsi Susu

Subtitle ini mungkin kedengerannya lucu. Minum susu kok masih perlu diajarin sih caranya. Well, berikut ini cara aku pribadi mengkonsumsi susu. Eksperimen ini aku lakukan, karena aku orangnya cepat bosan.Karena itu, aku selalu mencari cara untuk mengkonsumsi susu supaya bisa konsisten. Semuanya ini demi biar kulit tetap sehat dan berada dalam kondisi prima. Kalau mau punya kulit bagus kan butuh proses perawatan yang rutin, termasuk salah satunya mengkonsumsi susu secara regular.

Berikut adalah 5 cara aku mengkonsumsi susu:

1. Simpan dikulkas, lalu minum langsung dari botolnya.

Aku paling gak suka susu yang tidak dingin. Karena itu, setiap kali re-stock susu, aku pasti langsung masukin ke kulkas. Baik itu susu Fresh Milk (harus selalu disimpan dikulkas, otherwise bakalan rusak dalam hitungan jam) ataupun UHT, pasti aku masukin kekulkas. Pasalnya, rasa susu yang baru keluar dari kulkas itu jauh lebih enak dan segar. Anakku pun prefer susu yang baru keluar dari kulkas (see.. like mother like son *peace!).

Biasanya aku suka kasih ke anakku dipagi hari sebelum ke sekolah, atau sepulang sekolah sebagai camilan bersama dengan biskuit favoritnya. Aku pribadi, terkadang kalau lagi tidak sempat sarapan, aku minum susu supaya tidak lemas.

Minum Susu Sapi A2 dingin, langsung dari botolnya

2. Dikonsumsi dengan sereal

Biasanya, kalau aku lagi tidak terburu – buru, aku konsumsi susu dengan sereal favoritku, yaitu dark chocolate granola yang dicampur dengan buah – buahan segar seperti pisang dan strawberi.

Makan dengan sereal untuk sarapan

3. Dijadikan milkshake

Ini adalah trik andalanku untuk kasih anakku makan buah – buahan. Namanya juga anak kecil, kadang rewel dan sulit untuk disuruh makan buah. Karena itu, aku mix KIN Fresh Milk yang plain atau rasa coklat dengan buah – buahan, seperti pisang, melon, pear atau pepaya, dan es batu. Biar lebih fun, aku suka ajak beliau buat ikut memasukan buah – buahannya, biar dia merasa “ini buatanku loh!”. Kalau begini, biasanya dia jadi lebih semangat buat minum jus-nya.

4. Pancake Mix

Kalau cuma diminum doank kan bosan ya; jadi terkadang aku masukan Susu Sapi A2 KIN kedalam adonan Pancake. Kenapa pancake, karena aku cuma bisa bikin itu doank! HAHAHAHA.. jadi ketahuan deh gak bisa masak 😛

5. Sebagai bahan Fresh Cream atau adonan masakan lainnya

Karena aku latar belakangnya pernah tinggal diluar negeri, jadi aku bisanya masakan ala western seperti pasta, dan steak. Biasanya karena suamiku lactose intolerant, aku suka ganti dengan creamer atau beli bumbu botolan yang sudah jadi. Tapi setelah menemukan Susu Sapi A2 KIN, aku sekarang bisa bikin cream sauce sendiri lagi dari scratch tanpa perlu kuatir suamiku sakit perut lagi.

Simpan dikulkas biar senantiasa fresh
Simpan dikulkas biar senantiasa fresh

Rekomendasi

So, setelah kita mempelajari lebih lanjut tentang kandungan dalam susu dan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, serta cara konsumsi susu yang Fun; sekarang aku mau share my recommendation. Karena, aku yakin kalian sama bingungnya dengan aku, gimana cara kita bedain Susu Sapi A1 dengan Susu Sapi A2?

Sejauh ini, aku baru hanya menemukan Susu Sapi A2 dari brand Kin saja. Karena dari sekian banyak brand yang ada di supermarket, baru KIN dari PT ABC Kogen Dairy yang jelas – jelas kasih label A2 Cows pada kemasannya.

Selain itu, aku juga mengrekomendasikan Susu Sapi A2 dari KIN karena susu mereka terbuat dari 100% susu segara a.k.a. alami tanpa ada yang ditambahkan atau dikurangi kandungannya. Dan berdasarkan informasi yang kudapat, Kin Fresh Milk ini termasuk susu berkelas dari sapi teratas. Coz, untuk keluarga kita harus selalu kasih yang terbaik.

Well, tapiii.. aku selalu open untuk rekomendasi balik dari kalian juga. Karena itu, kalau dari teman – teman ada yang tahu susu A2 lainnya, feel free buat update aku ya.. Coz, I love to know your favorite too! 🙂

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Susu Sapi A2 KIN, kalian bisa main – main ke website dan sosial media mereka di:

Website I Instagram I Facebook I Youtube

Susu Sapi A2 KIN sebenarnya ada 3 rasa: Original, Chocolate & Coffee. Kalau aku pribadi favoritnya yang rasa kopi <3
Susu Sapi A2 KIN sebenarnya ada 3 rasa: Original, Chocolate & Coffee. Kalau aku pribadi favoritnya yang rasa kopi <3

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Hi, it's me Gracia Cita, the blossom shine girl

hearts-line-divider-12541935

 

 

Resource:

  • www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170728140211-255-230960/mengenal-a2-jenis-susu-baru-yang-diduga-lebih-sehat
  • mymilk.com/milkeveryday/manfaat-susu/luar-biasa-ini-manfaat-susu-sapi-untuk-kesehatan-dan-kecantikan
  • hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/manfat-susu-a2-untuk-kesehatan/