Weekend Escape – Beautiesquad Goes To Jogja !

Hello, dalam post kali ini, aku mau share tentang my weekend escape with Beautiesquad To Jogja ! Setelah lebih dari setahun saling berkomunikasi dan mengenal satu dengan yang lain di Group Chat, akhirnya kita dapat bertemu secara langsung. Lebih dari itu, kita dapat merayakan Beautiesquad 1st Anniversary juga! Mau tahu keseruanya seperti apa? Read On!

beautiesquad goes to jogja x blossomshine

 

Beautiesquad

First of all, buat teman – teman yang belum pernah dengar tentang Beautiesquad, Beautiesquad adalah komunitas beauty blogger Indonesia. Komunitas ini pertama kali dibuat sebagai sarana bagi beauty bloggers untuk sharing informasi seputar kecantikan.

Pada awalnya, group ini hanyalah group chat di whatsapp saja. Namun, karena semakin banyak peminatnya, akhirnya Beautiesquad berubah menjadi komunitas. Dan kini, Beautiesquad mempunyai beberapa 2 social media yang menghubungkan anggotanya: Instagram dan Facebook Group. Soon, kita juga akan mempunyai official website juga (still under construction).

Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas Beautiesquad dan bagaimana caranya bergabung, check out artikel Ngopi Cantik 3-ku!

Beautiesquad - Beauty Blogger Community
Beautiesquad – Beauty Blogger Community

pink-swirly-hi

Beautiesquad Goes To Jogja !

Tak terasa, setahun telah berlalu sejak Beautiesquad pertama kali dicetus. Begitu banyak kegiatan dan campaign dilakukan dalam waktu setahun tersebut. Namun, belum pernah kita semua bertemu secara langsung. Kadang – kadang beberapa dari kita yang tinggal disatu provinsi, ketemu di events. Pernah juga, teman – teman Beautiesquad Jakarta bikin acara meet up. Tapi, yang benar – benar semuanya kumpul dan ketemuan itu belum pernah.

Karena itu, selain Birthday Makeup Collaboration, diusulkanlah untuk Beautiesquad mengadakan Gathering. Semua setuju dengan ide ini. Namun, bukanlah hal yang mudah untuk mengumpulkan bloggers dari berbagai penjuru Indonesia. Masing – masing memiliki alasan dan kendala tersendiri yang tidak bisa dihindari. Setelah beberapa kali diskusi, akhirnya disepakatilah untuk kita mengadakan voting, kapan dan dimana tempat terbaik untuk Gathering ini diadakan.

My Birthday Makeup Look for Beautiesquad 1st Birthday Anniversary
My Birthday Makeup Look for Beautiesquad 1st Birthday Anniversary

Singkat cerita, dari hasil voting tersebut ditetapkanlah untuk Beautiesquad 1st gathering diadakan di Jogjakarta. Awalnya ada 3 pilihan tempat: Bali, Semarang atau Jogjakarta. Namun yang terpilih adalah Jogjakarta. Karena itu, nama event kita adalah Beautiesquad Goes To Jogja. Dan untuk membuat suasana semakin seru, kita juga punya hashtag #bskejogja.

Hashtag #bskejogja ini kita gunakan mainly di Instagram. Hal ini untuk memudahkan teman – teman dan sponsor dalam mencari foto – foto kegiatan selama di Jogja. So, jangan lupa dicek dan dilikes ya! Also, kalau kalian belum follow aku, jangan lupa follow me @blossom.shine dan pastiin kalian turn on notif dariku, ok?

 

pink-swirly-hi

Pondok Sare

Selama di Jogjakarta, kita menginap di sebuah Guest House yang ternyata bagus banget (please note, aku sebelumnya tidak pernah menginap di guest house. Dan aku memberikan penilaian dengan standard kebersihan dan kenyamanan kamar di hotel, minimal bintang 3). Penginapan ini bernama Pondok Sare. Guest house ini berlokasi 12km dari Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta.

Dari luar, Pondok Sare nampak seperti rumah pada umumnya. Namun, begitu kita masuk kedalam, dapat kita temukan sebuah tempat yang super cozy. 

Dapur Pondok Sare
Dapur Pondok Sare

Tempat ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari dapur umum yang lengkap dengan bench table untuk sarapan atau kerja, 4 mini lounge area yang asik buat untuk hang out maupun bekerja, 3 kamar mandi, 3 toilet, bahkan ada fish spa juga.

Lounging
Lounging
Outdoor Lounge
Outdoor Lounge
Enjoying Fish Spa
Enjoying Fish Spa

Untuk kamar tidur, Pondok Sare mempunyai 2 jenis kamar. Yang pertama adalah Dorm. Kamar ini adalah kamar sharing (4 orang). Kamar ini dapat digunakan cocok untuk teman – teman yang berpergian dalam group seperti kita, atau juga untuk keluarga. Jadi, 1 kamar direserve dan digunakan secara private. Tidak campur dengan orang lain. Namun, kalau kalian hanya pergi sendiri, kalian harus share kamar ini dengan orang lain.

Bunk Bed for 4
Bunk Bed for 4

Tipe kamar yang kedua adalah kamar private. Kalau kalian merasa kurang nyaman untuk sharing kamar dengan orang lain, kalian bisa request untuk booking Private room. Ruangan ini cocok untuk kalian yang traveling sendiri, ataupun untuk couples.

The Private Room
The Private Room

pink-swirly-hi

 

Beautiesquad 1st Gathering

Hari pertama

Karena gathering  ini sifatnya adalah kebersamaan, jadi acaranya sifatnya santai. Hari pertama, kita tidak membuat jadwal apapun. Hal ini disebabkan, semua orang punya jadwal kedatangan yang berbeda – beda. Ada yang datang pagi, ada juga yang datang siang, bahkan ada yang datang subuh dihari berikutnya. Karena itu, hari pertama kita sengaja kosongin.

Aku pribadi datang disiang hari. Dihari pertama ini aku pakai untuk pergi belanja oleh – oleh. Pasalnya, hari minggu aku balik ke Jakarta dengan Flight Siang. Jadi, aku harus benar – benar memaksimalkan waktu yang ada.

Tempat pertama yang aku kunjungi adalah Rumah Batik. Disana dapat kita temukan berbagai jenis batik. Mulai dari bahan mentah sampai dengan batik jadi (pakaian, selendang, taplak meja, dan juga sajadah). Untuk rentang harga, tergantung dari item yang kita beli, mulai dari harga puluhan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

Rumah Batik Suryowijayan
Rumah Batik Suryowijayan

Dari sana, aku lanjut pergi ke jalan Malioboro untuk mencari oleh – oleh. Aku sengaja datang sore, sebelum jam pulang kerja tepatnya. Pasalnya, jalanan yang satu ini, kalau sudah malam penuh dengan orang. Hal ini disebabkan jalan Malioboro punya segudang atraksi yang menarik. Mulai dari suasananya yang enak buat hang out, banyak PKL menjual berbagai macam barang (dari baju, makanan sampai dengan aksesoris dan pernak – pernik yang lucu dan menarik), banyak street show – musik dan terkadang ada parade juga, sampai dengan banyak pilihan makanan dan jajanan pasar yang enak – enak.

Belanja oleh - oleh di Malioboro Street
Belanja oleh – oleh di Malioboro Street

 

Sesudah puas belanja, aku dinner di Warung Gudeg ibu Yu Djum. Warung yang satu ini lebih tepat dibilang sebagai restaurant. Karena lokasinya ini bukanlah diwarung tenda. Konsepnya saja seperti warung, tapi tempatnya sudah berupa restaurant. Aku makan disini karena direkomendasi sama papiku. Dan ternyata makanannya memang enak dan recommended.

Gudeg Yu Djum
Gudeg Yu Djum

Last but not least, sebelum balik ke Pondok Sare, aku mampir dulu ke toko oleh – oleh yang lokasinya tidak terlalu jauh dari penginapan, yaitu Bakpia Soemadigdo. Di toko ini, mereka menjual beberapa rasa bakpia. Ada  rasa traditional seperti kacang hijau dan ketan hitam; bagi pecinta rasa klasik, Bakpia Soemadigdo juga punya  rasa coklat, keju dan susu; untuk yang suka manis – manis, ada juga rasa kue modern seperti tiramisu, cappuccino dan green-tea. Yang lebih unik lagi adalah mereka menawarkan rasa buah khas negara tropis, yaitu rasa Nangka. Rasa ini hanya dapat dibeli pada hari minggu saja, karena ini adalah rasa khusus. Untuk harga, harga bakpia Soemadigdo ini berkisar dari IDR 28,000.- sampai dengan IDR 34,000.-.

At Bakpia Soemadigdo
At Bakpia Soemadigdo

pink-swirly-hi

Hari kedua

Hari kedua adalah the big day. Pasalnya, kita punya jadwal yang cukup padat dari pagi sampai malam. Tentu saja, karena kita semua hari minggu sudah pulang ke kota masing – masing. So, hari kedua ini harus diatur sedimikian rupa maksimal.

Beautiesquad x Avoskin Beauty

Kegiatan Beautiesquad Goes To Jogja yang pertama adalah Workshop Skincare 101 dengan Avoskin Beauty. Kegiatan ini diadakan di Indiecology Cafe. Disini kita membahas banyak hal yang berhubungan dengan cara merawat kulit yang benar. Untuk isinya, nanti aku akan share dalam postingan yang berbeda ya. Karena bahannya bisa jadi satu artikel sendiri.

Setelah selesai chit chat dengan perwakilan Avoskin, puas foto – foto (tempatnya instagramable guys!), dan juga makan siang bersama; kita lanjut dengan workshop membatik. Iya donk… kalau belum ketemu bati namanya bukan Beautiesquad Goes To Jogja. Mengunjungi tempat membatik itu wajib hukumnya. Karena Jogja adalah salah satu kota penghasil Batik Indonesia.

Skincare 101 Workshop with Avoskin Beauty
Skincare 101 Workshop with Avoskin Beauty

Batik Sogan

Untuk workshop ini, kita pergi mengunjungi Batik Sogan. Berbeda dengan Rumah Batik, Batik Sogan memiliki lokasi yang agak jauh dari jalan besar. Hal ini dikarenakan Batik Sogan adalah Batik Workshop, sedang Rumah Batik adalah toko. Karena itu, jangan heran kalau kalian mendapati Batik Sogan punya lahan yang lebih luas. So, seperti kalian bisa tebak, kegiatan kita disana adalah belajar membatik (ternyata lumayan susah loh gengs! butuh kesabaran dan ketelitian untuk bisa menciptakan design yang bagus). Sesudah itu, kita diajak tour workshopnya.

Batik Workshop at Batik Sogan, dan inilah hasilnya
Batik Workshop at Batik Sogan, dan inilah hasilnya

Secret Garden

Sore hari, kita sempetin dulu pulang ke Pondok Sare untuk mandi dan bersiap – siap untuk puncak acara Beautiesquad Goes To Jogja. Sebagai puncak acara, kita memutuskan untuk mengadakan formal dinner di Secret Garden Cafe Jogja.

Tempatnya ini romantis banget. Sangat cocok untuk Garden Wedding Party atau romantic dinner dengan pasangan kalian. Boleh banget dijadiin referensi untuk acara lamaran, atau romantic birthday atau christmas atau valentine dinner. Makanya kebanyakan yang datang kesini antara girls only group, family atau couples.

Sambil menunggu dinner, selain foto – foto (again, of course, beauty blogger gitu *peace!) dan foto bersama, kita juga ada challenge. Karena kita semua adalah beauty blogger, of course challengenya adalah beauty challenge. So, untuk challengenya ini, kita disuruh melakukan No Mirror Makeup Challenge. Namun, karena kita semua sedang event, jadi challengenya dipermudah levelnya. Kalau biasanya harus kerjain full makeup, dalam challenge ini kita hanya disuruh mengaplikasikan lipstick saja, tanpa kaca (of couse).

Entah aku harusnya surprise apa tidak, tapi ternyata semuanya pada jago – jago. Jadi, semua partisipan tidak ada yang lip makeup-nya mencong – mencong. Well, mempertimbangkan pesertanya adalah beauty blogger, jadi gak heran kalau pada jago – jago pakai lipstik tanpa kaca. Alhasil, panitia sampe bingung gimana cara pilih pemenangnya.

A Toast for Beautiesquad 1st Anniversary
A Toast for Beautiesquad 1st Anniversary

pink-swirly-hi

Hari ketiga

Dihari terakhir, sebelum kita mengunjungin Museum Benteng, kita sempetin hang out bareng dulu di outdoor lounge untuk tukeran kado. Aku secara pribadi mendapati acara tukar kado ini paling seru. Pasalnya, semua orang penasaran, “bakalan dapat apa ya?”

Dalam acara ini, kita diwajibin untuk mencari hadiah dengan minimum budget IDR 50,000.-. Dan hadiah tidak boleh berupa makeup, skincare atau makanan. Karena itu, semua jadi pada penasaran. Setelah semua hadiah dikumpulkan, kita ambil berdasarkan nomor. Dan Tadaaaa… aku dapat hadiah Parfum Miniso dari Sani <3 Sedang teman – teman lain, ada yang dapat hadiah kotak makeup akrilik, planner book, kuas makeup dan ada juga yang dapat tas.

Museum Benteng

Kelar tukeran kado, kita lalu pergi ke Museum Benteng Vredeburg. Di museum ini, kita dapat mempelajari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan cara yang lebih fun. Pasalnya, kita bukan hanya disuguhkan dengan artikel mading saja, tetapi kita juga dapat menikmati diorama dari moment – moment penting tersebut. Karena itu, museum ini sering mendapat kunjungan dari sekolah – sekolah diarea setempat.

Namun, kita kesini bukan untuk belajar sejarah though. Well, awalnya kita malah berencana untuk city tour. Karena ada beberapa teman merasa sayang, sudah jauh – jauh ke Jogja, tapi gak keliling kota. Namun, karena banyak dari kita kecapean, akhirnya kita ubah rencana. Dari yang tadinya mau pergi ke 3 museum, akhirnya kita putuskan untuk mengunjungi satu saja, yaitu Museum Benteng Jogja.  Nah, tujuan kita kesini adalah mainly untuk foto – foto!

Blossomshine hits jogja

Foto Spot di Museum Benteng

Ada banyak sekali foto spot di Museum Benteng. Tepatnya, banyak outdoor spot yang bisa digunakan untuk foto. Tempatnya yang bernuansa Belanda Kuno ini cocok sekali untuk foto OOTD (Outfit Of The Day). Selain itu, lokasi ini juga asik buat kalian yang mau prewedding.

Selain tempatnya yang asik buat foto, tempat ini juga menyediakan sepeda yang dapat digunakan untuk keliling museum. Sepeda ini ada yang individual, ada juga yang couple. Nah sepeda couple ini bakalan lucu banget untuk foto couple atau pre-wed.

Here is a few spot yang bagus untuk foto selain spot seperti foto diatas.

Photospot 1 at Museum Benteng
Photospot 1 at Museum Benteng
Photospot 2 at Museum Benteng
Photospot 2 at Museum Benteng

Photo Spot 1 at Museum Benteng

Fasilitas sepeda untuk keliling Museum
Fasilitas sepeda untuk keliling Museum

Parade

Di Jogja ternyata sering ada pawai atau parade loh! Kegiatan ini biasa dilakukan di Jalan Malioboro. Secara khusus, kegiatan ini dilakukan pada hari – hari besar seperti dihari besar Nyepi kemarin. Namun, yang kemarin aku lihat adalah pawai dari Polisi Akademi Jogja. Parade ini bertujuan untuk mempromosikan penerimaan siswa baru. Thanks to Beautiesquad Goes To Jogja, aku jadi bisa lihat secara langsung salah satu parade lokal. Believe it or not, aku hampir gak pernah lihat parade lokal; lebih sering lihat parade di luar. But now, I have the experience!

Parade Polisi Wanita

Parade Polisi Akademi 1

Baris Berbaris, parade polisi akademi 2

Time to fly back

Selesai dari Museum Benteng, sebenarnya teman – teman Beautiesquad Goes To Jogja lanjut jalan – jalan ke Jalan Malioboro untuk mencari oleh – oleh, dan sesudah itu makan siang bersama di Madam Tan Restaurant. Namun, karena aku punya pesawat balik jam 2 siang, jadinya aku pisah dengan mereka dan balik duluan ke Pondok Sare untuk ambil koper.

pink-swirly-hi

Gratitude

Last but not least, I would like to express my gratitude to all Sponsors and media partners, yang sudah mengsupport acara Beautiesquad 1st Gathering ini. So, thank you very much:

Vendor:    Secret Garden | Indiecology | Edelweiss Party Planner | Pondok Sare | Ari Putra Production

Brands:    Laurent | Avoskin | Sogan Batik

Kohvee Story | Purbasari | Rubiena | Poppy Dharsono Cosmetics

Artisan Lashes | Tammia | Biore | Kay Collection-Vitacreme

Emina Cosmetics Jogja | Shylas Factory | The Body Heart

The Hartz Lashes | Mizzu Cosmetics | My Beauty Diary | Maple Your Day

Media:      Female Daily Network | Blogger Perempuan | Womantalk | Eblush | Dream | Feedme | Styl Id

 

sponsors and media partner beautiesquad goes to jogja

 

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935