3 Langkah Mudah Perawatan Tubuh Dengan Scarlett Whitening Series

Hi guys, gimana PSBB? Masih pada betah di rumah? Harus dong ya, kan ini demi kebaikan kita bersama.

Selama PSBB, aku jadi banyak spend time untuk refleksi dan evaluasi diri. Sejak #dirumahaja, aku sekarang jadi lebih rajin membaca buku (upgrade diri), memperbaiki pola dan jenis makanan (menghindari junk dan fast food), dan tentunya memanfaatkan waktu yang ada untuk lebih rutin perawatan diri.

Secara ini beauty blog, tentu yang akan aku detailkan di sini adalah mengenai habit merawat diri ya.

scarlett body care – perawatan tubuh scarlett

Nah, bicara soal merawat diri, sebenarnya ada 3 kategori perawatan yang perlu diperhatikan:

  • Area wajah,
  • Area rambut, dan
  • Area tubuh.

Kebanyakan orang cenderung lebih banyak memperhatikan area wajah. Hal ini sebenarnya sangat wajar, karena Ketika kita bertemu dengan seseorang, hal pertama yang diperhatikan adalah penampilan wajahnya. Dan Ketika kita berbicara dengan seseorang, tentunya kita berfokus pada wajah lawan bicara kita. Lalu, baru sesudah itu penampilan rambut, karena lokasinya paling dekat dengan wajah. Dan yang terakhir adalah penampilan tubuh / fashion mereka.

Namun, sekalipun area tubuh ditutupi oleh pakaian, bukan berarti kita bisa abaikan begitu saja. Think about it! Kalau kulit tubuh kita sama sehat dan cerahnya seperti kulit wajah kita, bukankah kita sendiri yang akan feel good about it? Dan, untuk yang sudah menikah seperti saya, bukankah kita ingin suami kita senang melihat kita tampil sehat, cantik dan bugar dari ujung kepala sampai kaki? Daripada doi ngelirik wanita lain, ya khannn… makanya buat teman – teman yang sudah menikah, harus tetap jaga penampilan seperti Ketika kita masih gadis.

pink-swirly-hi

Perawatan Tubuh Itu Mudah!

Siapa bilang perawatan itu ribet? Siapa bilang perawatan itu hanya bisa dilakukan di salon kecantikan atau di klinik kecantikan saja? Dannn… siapa bilang juga kalau perawatan itu butuh waktu lama?

Perawatan Tubuh Itu Mudah & Sederhana! Kita hanya butuh 3 langkah mudah saja kok!

  • Mandi sehari 2x
  • Lakukan Scrub / Lulur seminggu 2x
  • Moisturize setiap hari

Mungkin kalian pada berpikiran, “kak ini tipsnya biasa banget ya… kakak gak ajarin saya juga sudah saya lakukan setiap hari…” Well, walau sudah tahu, tapi saya yakin, belum semua orang sudah benar – benar melakukannya ke-3 hal diatas, khususnya scrub dan menggunakan moisturizer setiap hari.

Karena itu, ijinkan saya pada kesempatan ini untuk mengingatkan Kembali teman – teman semua yang sedang membaca blog ini, termasuk diri saya sendiri, untuk melakukan lulur seminggu 2x dan untuk menggunakan moisturizer setiap hari, agar kulit tubuh kita senantiasa sehat, cerah dan terjaga kelembapannya.

Perawatan tubuh dimulai dari kesadaran bahwa kulit tubuh kita juga perlu dirawat
Perawatan tubuh dimulai dari kesadaran bahwa kulit tubuh kita juga perlu dirawat

pink-swirly-hi

Tips Memilih Body Care

Now, kita sekarang sudah sepakat bahwa Body Care Routine itu sama pentingnya dengan skincare routine.  Poin penting kedua yang ingin saya bahas disini adalah mengenai produk. Pasalnya, kalau routine kita tidak didukung dengan produk yang tepat, maka hasilnya tidak akan seperti yang kita harapkan.

Kalau kalian follow Instagram aku, @blossom.shine, mungkin pasti tahu kalau aku sering mengadakan acara Skin Talk. Dalam acara ini, aku sering banget mengingatkan beberapa point penting yang harus diperhatikan dalam memilih produk perawatan:

Memiliki Kode BPOM Per-produk

Apakah brand tersebut sudah memiliki kode BPOM per-produknya atau belum? Karena tidak semua brand sudah benar – benar memiliki ijin POM resmi, per produk. Produk yang telah lulus uji dari BPOM, pasti akan memiliki kode POM individual yang unik, khusus untuk produk itu saja.Untuk memastikan, kita dapat mengecek langsung dari pom.go.id/. Seperti Brightening Shower Scrub Scarlett berikut contohnya. Sama – sama Shower Scrub, tetapi masing – masing varian memiliki kode BPOM-nya sendiri – sendiri. Karena itu, kita bisa merasa aman dan yakin bahwa produk body care Scarlett ini sudah pasti aman untuk digunakan sehari – hari.

Begitu juga dengan Body Scrub & Body Lotion-nya juga. Setiap varian teregistrasi secara terpisah. Karena beda varian pasti ada perbedaan formula loh! Karena itu, POM RI menetapkan untuk setiap varian produk, wajib untuk diregistrasi sendiri – sendiri, agar dapat dipastikan kemanan-nya.

Semua produk Scarlett teregister di BPOM Per-produk
Semua produk perawatan tubuh Scarlett teregister di BPOM Per-produk

Perhatikan formula dari produk yang akan digunakan.

Tidak semua produk perawatan itu, walau tampilannya cantik dan menarik, tetapi benar – benar menjawab kebutuhan loh! Jangan sampai, kita bayar mahal untuk kemasan, tetapi isinya biasa – biasa saja. Karena itu, perhatikanlah label-nya secara seksama.Contoh, Scarlett Brightening Shower Scrub Pomegranate misalnya, pada labelnya dijelaskan bahwa shower scrub ini mengandung Glutathione dan Vitamine E yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah dan halus secara alami , serta membantu menjaga kelembapan kulit juga.

Cara Uji Produk

Usahakan agar kita memilih produk yang ramah lingkungan (environment friendly), dan juga tidak diuji pada binatang (not tested on animal). Hal ini dapat kita dapatkan informasinya pada bagian belakang atau samping badan kemasan juga. Kalau perusahaan tersebut environment friendly dan animal friendly (not testing on animal) seperti Scarlett, pasti mereka akan infokan dengan memasang logo seperti difoto berikut:

Inilah kenapa aku memilih Scarlett Body Care. Selain produk – produk dari Scarlett telah lulus dari 3 kriteria di atas, ada satu nilai tambah, yang menurut aku sebenarnya sangat penting untuk dimiliki oleh brand – brand lainnya, yaitu Hologram Seal dilengkapi dengan kode khusus. Hologram seal ini bermanfaat sebagai bukti keaslian produk!

Kualitas Produk Scarlett sudah terbukti karena sudah lulus uji BPOM
Kualitas Produk Scarlett: Not Tested on Animal, HALAL MUI, Environmental Friendly, Kode POM Per-produk

pink-swirly-hi

Scarlett Body Care

Talking about Scarlett, sebenarnya produk perawatan Scarlett terbagi menjadi 3 kategori: Facial Care, Body Care & Hair Care. Namun, sehubung topik utama kita adalah tentang body care, maka aku hanya akan sharing tentang produk perawatan tubuhnya saja ya.

So, ada 3 jenis produk perawatan tubuh Scarlett: Body Scrub, Shower Scrub dan Body Lotion.

Produk Perawatan Tubuh Scarlett: Scarlett Whitening Body Scrub, Scarlett Body Wash & Scarlett Body Lotion

pink-swirly-hi

Formula Scarlett Whitening

Dari segi formula, seperti telah aku ceritakan di atas, formula unggulan dari Scarlett adalah Glutathione dan Vitamin E. Hal ini dikarenakan, goal utama dari produk perawatan Scarlett adalah untuk membantu menjaga Kesehatan kulit agar senantiasa bersih dan lembab, serta cerah secara alami.

pink-swirly-hi

Scarlett Whitening Body Scrub – Romansa

Scarlett Whitening Body Scrub - Romansa

Sesuai urutan, Langkah pertama perawatan tubuh adalah menggunakan lulur atau body scrub. Walau hanya dipakai seminggu 2 kali saja, tetapi secara urutan yang benar, body scrub terlebih dahulu, baru sesudah itu kita menggunakan body wash. Hal ini dikarenakan, body scrub digunakan seperti masker.

Kita oleskan cream lulurnya ini diseluruh tubuh, baik bagian depan maupun belakang. Namun kalau self-treatment, berfokuslah pada area tubuh yang terjangkau oleh kita seperti area tangan, kaki, leher, ketiak, selangkangan, dan area depan tubuh lainnya yang menurut kita penting untuk dilulur. Sesudah itu diamkan selama kurang lebih 15-20 menit hingga cream-nya mengering. Sesudah itu gosoklah secara perlahan.

Tujuan dari lulur atau menggunakan body scrub adalah untuk membersihkan sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang menyebabkan kulit kita jadi nampak kusam dan tidak sehat. Karena itu perlu dilulur seminggu 2x agar senantiasa sehat dan nampak cerah.

Texture Scarlett Whitening Body Scrub Creamy dan mengandung banyak butiran scrub
Texture Scarlett Whitening Body Scrub Creamy dan mengandung banyak butiran scrub

Dari pengalaman aku menggunakan Scarlett Whitening Body Scrub, rasanya tuh mewah banget. Pasalnya, wangi dari varian Romansa itu manis dan luxurious. Jadi Ketika luluran, badan langsung berasa seperti ada ditempat spa mahal.

Untuk tekstur butiran scrub-nya sendiri, menurut aku pribadi, kasarnya pas untuk dibadan. Jadi, tidak terlalu halus, tapi tidak sakit saat diaplikasikan. Namun, bukan berarti kita lalu menggosok sekeras – kerasnya ya! Sebaiknya, kita aplikasikan dengan gerakan menggosok atau memijat ringan saja sudah cukup.

Untuk hasil, seperti teman – teman bisa lihat dari foto berikut, hasilnya langsung kelihatan lebih cerah (instant). Aku yakin hal ini disebabkan oleh kandungan Glutathione dan Vitamin E. Kulit tubuh juga langsung terasa sehat dan segar. It felt like aku baru aja habis dari tempat SPA.

Setelah digosok
Setelah digosok
Hasil sesudah scrub, kulit langsung terlihat jadi lebih cerah
Hasil sesudah scrub, kulit langsung terlihat jadi lebih cerah

pink-swirly-hi

Scarlett Brightening Shower Scrub – Pomegranate

Next, setelah tubuh kita selesai dilulur, langkah ke-2 adalah kita bilas bersih dikamar mandi. Tentunya kita tetap perlu menggunakan sabun mandi ya Ketika membilas.

I know beberapa orang berpendapat berbeda denganku. Mereka berpikir bahwa sesudah luluran kita hanya perlu bilas bersih dengan air saja, supaya nutrisi baik dalam produk lulurnya jangan hilang. Well, ini benar jika kita mandi hanya dengan sabun yang manfaatnya hanyalah untuk membersihkan kuman semata.

Selain membantu menjaga kebersihan kulit tubuh, sebenarnya sabun mandi juga memiliki fungsi lain seperti untuk membantu menjaga kesehatan kulit agar senantiasa halus dan cerah juga. Karena itu, pastikan untuk membaca label dari sabun yang kita beli. Seperti Scarlett Brightening Shower Scrub disini misalnya, diformulasikan dengan Glutathione dan Vitamin E untuk menutrisi kulit kita.

Scarlett Brightening Shower Scrub terdiri dari 3 varian: Pomegrante, Mango dan Cucumber. Kalau kalian google, warna shower scrub ini disesuaikan dengan variannya. Pomegrante berwarna pink keunguan, sedang Mango warnanya kuning cerah, dan untuk Cucumber warnanya hijau. Seperti kalian bisa lihat dari foto, punyaku di sini adalah yang Pomegrante. Untuk wanginya, lebih ke wangi buah – buaha (fruity), manis tapi segar.

Sabun Mandi Scarlett
Sabun Mandi Cair Scarlett

Selain itu, sesuai namanya shower scrub, sabun mandi Scarlett ini mengandung butiran scrub halus. Ini berbeda dengan Scarlett Body Scrub ya! Walau sama – sama  mengandung butiran scrub, tapi bukan yang ini jauh lebih halus dan jumlahnya jauh lebih sedikit juga. Karena Scarlett Brightening Shower Scrub dirancang untuk menjadi daily body wash, bukan produk lulur.

Hasil yang dirasakan, tentunya badan menjadi lebih bersih. Namun perbedaan yang aku rasakan signifikan adalah kulitku jadi terlihat lebih cerah dan sehat ! Aku yakin banget ini karena formula Glutathione dan Vitamin E-nya. Dan yang pasti aku jadi tambah senang mandi, karena setiap kali mandi rasanya relax dan segar banget, sampai – sampai diomelin.. karena mandinya kelamaan.. hehehe..

Ps: It’s husband approved! Suamiku ternyata diam – diam juga suka sama Scarlett Body Wash ini loh!

Tekstur Scarlett Body Wash - mengandung scrub halus dalam jumlah kecil, just enough untuk sehari - hari
Tekstur Scarlett Body Wash – mengandung scrub halus dalam jumlah kecil, just enough untuk sehari – hari

pink-swirly-hi

 Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion – Charming

Scarlett Body Lotion - Charming

Last but not least, langkah terkahir yang sama pentingnya dengan langkah 1 dan 2 adalah menggunakan body lotion. Ini adalah salah dua langkah yang orang – orang suka anggap sepele dan malas untuk lakukan. Padalah sama seperti wajah, kulit tubuh kita pun membutuhkan yang namanya nutrisi. Kalau kekurangan nutrisi, tidaklah mengherankan kalau kulit kita akhirnya menjadi kering, kusam dan kasar.

Aku pun pernah berada dititik dimana aku merasa “yang penting kulit wajahku sudah dirawat.. toh kulit tubuh kusam atau kering juga tidak ada yang memperhatikan.” Namun semenjak menikah, aku menyesal, karena malu donk dilihat suami kulit tubuhnya jelek karena kurang dirawat!

So, semenjak itu aku jadi menaruh perhatian lebih pada kulit tubuhku. Salah satunya adalah dengan menggunakan body lotion setiap hari. Apalagi semenjak pandemic, kita sehari – hari selalu berada dalam ruangan ber-AC. Udara dari AC itu bukan hanya kering, tetapi dapat membuat kulit tubuh kita menjadi kering juga!

Satu hal yang aku ingin garis bawahi adalah, carilah produk yang bukan hanya sekedar melembabkan! Carilah produk yang dapat membantu menutrisi kulit kita supaya dapat membantu merevitalisasi kesehatan kulit tubuh kita juga! Karena kalau sekedar melembabkan dipermukaan, tetapi kondisi kulit dari dalam-nya tidak dirawat juga, maka jangan heran kalau kulit tubuh kita tetap saja Nampak tidak sehat.

Teksturnya, creamy, tapi cepat meresap dikulit dan tidak lengket
Teksturnya, creamy, tapi cepat meresap dikulit dan tidak lengket

Seperti Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion disini, selain diformulasikan dengan Gluthatione dan Vitamin E, juga diformulasikan dengan Niacinamide untuk membantu mempromosikan kesehatan kulit juga. Karena itu, dengan pemakaian rutin, akan dapat membuat kulit menjadi sehat, kenyal dan cerah!

Sehubungan dengan varian, Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion tersedia dalam 4 varian: Romansa, Fantasia, Charming dan Freshy. Punyaku disini adalah varian Charming, warnanya pink pastel keunguan. Wanginya ini mirip sama Baccarat Rough 540 Eu De Parfume.

Before, perawatan tubuh dengan Scarlett Body Care
Before, perawatan tubuh dengan Scarlett Body Care
Sesudah, perawatan tubuh dengan Scarlett Body Care
Sesudah, perawatan tubuh dengan Scarlett Body Care

pink-swirly-hi

The Packaging

Dari sisi kemasan, salah satu plus point yang aku suka adalah design-nya sederhana, minimalis tapi classy. Aku memang packaging hoarder, tapi aku lebih suka yang modelnya sederhana, minimalis dan classy seperti ini. Well, sebagus, semewah apapun design-nya, tapi yang sebenarnya jadi kebutuhan kan isi produknya, bukan kemasannya. Karean itu, semakin kesini, aku lebih concern dengan Ingredient List.List ingredients ditutup dengan Label Bahasa Indonesia

Menyambung masalah ingredient list, aku rasa ini adalah salah satu room for improvement yang Scarlett mau pertimbangkan. Seperti kalian bisa lihat dari foto ini, label keterangan Bahasa Indonesia-nya ditempel persis diatas list ingredients. Menurut aku, akan lebih baik kalau stickernya ditempat dibagian keterangan manfaat produk yang versi Bahasa Inggris. Pasalnya sticker Bahasa Indonesia-nya kan juga menginformasikan hal yang sama juga. Lain cerita kalau disticker tersebut juga dilist ulang ya ingredients-nya apa saja.

Setelah label dibersihkan, list ingredients baru bisa dibaca
Sesudah label bahasa Indonesia dibersihkan, list ingredients Scarlett Body Wash

Kembali ke plus point, hal lain yang aku suka adalah Hologram Sticker-nya. Ini adalah ide brilian! Hari ini, mudah sekali untuk orang membuat produk palsu. Karena itu, tanda bukti keaslian ini menjadi penting sekali, agar pelanggan mudah membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Dan sesuai standard, pada badan kemasan tercantum juga tanggal expiry date atau used by yang harus diperhatikan. Aku happy banget dengan lokasi tanggalnya, yang ditaruh dibagian pinggir badan, dan bukan pada bagian bawah kemasan. Pasalnya jadi lebih mudah dicari dan dilihat (eye catchy). Biasanya buat aku sudah ada expiry date dicetak pada bagian pantat kemasan, atau dicetak pada bagian awah label sudah good enough; karena masih banyak yang dicetaknya pada bagian plastic kemasan segel. sehingga biasanya terjadi adalah informasi penting ini ikut kebuang.  Tapi ini Scarlett mencetaknya dibagian atas label kemasan! So, good job!

Hologram Sticker pada setiap kemasan produk perawatan tubuh Scarlett
Hologram Sticker pada setiap kemasan produk perawatan tubuh Scarlett

pink-swirly-hi

The Store & The Price

Untuk informasi lebih lanjut, yuk visit Instagram Scarlett!

Sehubungan dengan harga, harga dari produk perawatan tubuh Scarlett

  • Scarlett Whitening Body Scrub – Rp 75,000.-
  • Scarlett Brightening Shower Scrub – Rp 75,000.-
  • Scarlett Brightening Fragrance Body Lotion – Rp 75,000.-

Namun, kalau misalkan kalian mau hemat, Scarlett Whitening punya harga paket hemat loh!
Jadi, jika kamu belanja 5 item harganya menjadi Rp 300,000 dan otomatis dapat box exlusive + dapat FREE GIFT juga!!

Berikut adalah list toko online retail resmi Scarlett Whitening:

*Harga dapat berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan diblog ini

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine