Rahasia Cantik Roro Mendut [Beauty Tips & Review

Siapa disini yang pernah dengar kisah Roro Mendut atau Rara Mendut? Buat yang masih asing, Roro Mendut adalah nama seorang gadis Jogjakarta yang terkenal karena kecantikannya. Nah, dalam postingan hari ini, aku mau share rahasia cantik Roro Mendut.

Lulur Roromendut

Kisah Roro Mendut

Alkisah jaman kerajaan, tinggalah seorang gadis cantik yang memiliki pendirian teguh bernama Rara Mendut atau Roro Mendut (bahasa Jawa) di sebuah kampung nelayan di teluk Cikal, Pesisir Pantai Utara Pulau Jawa. Karena kecantikan dan kemolekannya, banyak pria dari berbagai kalangan,baik itu orang kalangan biasa, bangsawa, dan bahkan sampai dengan panglima datang untuk meminangnya. Namun, karena memiliki pendirian yang teguh, Roro dengan tidak sungkan  – sungkan menolak para lelaki yang datang melamar tersebut, karena ia sudah memiliki calon suami.

Jogjakarta Temple
Pic: jogjakartatouristinformation

Rahasia Cantik Roro Mendut

Rahasia cantik Roro Mendut dan para wanita kerajaan pada jamannya ternyata terletak di kekayaan alam Indonesia. So,  sejak berjuta-juta tahun yang lalu, masyarakat Indonesia menggunakan ramuan-ramuan alami yang dibuat dengan menggunakan dedaunan, akar-akar, biji-bijian dan rempah-rempah tertentu untuk pengobatan dan ritual-ritual kecantikan.

Hal ini dapat dibuktikan dari penemuan para sejarahwan, yakni diketemukannya lumpang dan lesung serta alu dan cobeknya yang terbuat dari batu zaman Neolitik. Alat – alat ini dipakai untuk menggiling atau menumbuk dedaunan menjadi ekstrak. Selain itu, kalau teman – teman pergi ke Candi Borobudur, disitu dapat kita  temukan pula bukti pada pahatan di salah satu bagian dinding Candi Borobudur, yang melukiskan penumbukan campuran daun-daun yang kemudian dioleskan pada tubuh wanita.

Bukti lain yang dapat meyakinkan kita bahwa ritual kecantikan ini sudah digunakan sejak jaman kuno Indonesia adalah ditemukannya keterangan tentang ramuan tersebut  dalam dokumentasi berupa manuskrip-manuskrip yang ditulis dalam bahasa Jawa kuno, seperti Serat Centhini, Serat Wulang Estri, Candra Rini dan lain-lain. Manuskrip-manuskrip tersebut menguraikan cara pembuatan berbagai ramuan untuk meraih kecantikan luar dan dalam agar menghasilkan kesehatan badan yang utuh sehingga paras akan memancarkan aura bersih bersinar dan kecantikan yang memikat.

The Herbs

Apakah teman – teman penasaran, bahan – bahan apa saja sih yang digunakan? Berikut adalah list dari tanaman herbal yang dipercaya mempunyai khasiat untuk kecantikan, dan manfaatnya:

1) REMPAH REMPAH
Menjaga kulit tubuh agar selalu bugar, cerah bercahaya, beraroma segar dan harum Selain untuk kecantikan tubuh, rempah – rempah juga bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat mandi dengan rempah – rempah antara lain dapat melancarkan peredaran darah, dapat mengurangi berat badan dan menghilangkan bau badan.

Herbs / Rempah - rempah
Pic: lintasnews

2) BERAS KETAN HITAM
Beras ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan juga lembut, karena beras ketan hitam mengandung antioksidan dan pelembab alami. Memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit yaitu dapat menyegarkan kulit, menjaga kulit awet muda, mencegah penuaan dini, memperlancar peredaran darah dan membuat kulit tampah putih cerah alami.

Beras Ketan Hitam
Pic: bpblogspot

3) TEH HITAM
Ternyata teh hitam jika dioleskan ke kulit, antioksidannya yang kuat dapat memerangi radikal- radikal bebas (sejenis molekul reaktif yang antara lain menyebabkan penuaan dini dan bintik hitam). Teh juga merupakan astringent yang bisa membantu mengatasi kantung mata dan mengempeskan jerawat. Kandungan tannin-nya sangat baik untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencerahkannya kembali.

black tea
Pic: blesstea

4) RUMPUT LAUT
Penemuan – penemuan dari berbagai penelitian menyimpulkan bahwa rumput laut memiliki banyak khasiat bermanfaat yaitu dapat mendetoksifikasi kulit, membunuh bakteri jerawat, melembabkan kulit, mengencangkan dan menghambat penuaan dini.

Seaweed
pic: kompas

Traditional Skincare Roro Mendut

So, sekitaran bulan lalu, saya mendapatkan penawaran untuk mencoba langsung Roro Mendut Traditional Skincare. Well, of course aku terima; kapan lagi bisa cobain langsung skincare terbaik Indonesia? Aku juga berani terima, karena setelah dicheck, semua produk Roro Mendut telah ternotifikasi di BPOM dan diproses dengan standar CGMP, sehingga sangat higienis dan berkualitas. Selain itu, Skincare Roro Mendut juga vegetarian suitable, no animal testing, dan halal.

Roro Mendut sudah terbukti Halal dan tidak melakukan animal testing
Roro Mendut sudah terbukti Halal dan tidak melakukan animal testing

Dibuat dari bahan – bahan alami asli Indonesia, Rangkaian Traditional Skincare Roromendut ini diformulasikan dari ramuan resep jamu yang digunakan untuk ritual kecantikan tradisional Keraton Mataram Yogyakarta. Menurutku, rangkaian tranditional skincare ini pas sekali dengan budaya cantik Indonesia yang sedang marak belakangan ini. So, seperti teman – teman lihat di Sosial Media, banyak para wanita Indonesia yang kini beralih ke Perawatan dengan Bahan Alami. Hal ini disebabkan semakin banyak wanita Indonesia yang sadar akan bahaya dari bahan kimia seperti merkuri yang bisa membuat kulit menjadi menipis dan rusak.

Namun, tidak semua wanita Indonesia mempunyai the luxury of time untuk meracik sendiri ramuan – ramuan ini.  Jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu. Bahkan banyak wanita dari jaman orang tua kita sudah beralih profesi, dari ibu rumah tangga yang hari – harinya hanya sibuk mengurus rumah, suami dan anak, kini menjadi wanita karir, bahkan ada yang menjadi business woman. Seperti saya pribadi, rasanya seperti mimpi bisa punya waktu untuk membuat masker atau lulru alami sendiri dirumah. So, bersyukur sekali ada alternatif Organic Skincare seperti Roro Mendut.

Rangkaian Skincare Roro Mendut

Ada 13 jenis skincare dalam rangkaian perawatan tranditional Roro Mendut:

  1. Masker Rempah Hitam
  2. Lulur Rempah Hitam
  3. Masker Awet Muda Kulit Manggis
  4. Lulur Awet Muda Kulit Manggis
  5. Masker Jerawat Brotowali
  6. VScrub Rempah Hitam
  7. Masker PD Rempah Hitam
  8. Lulur Ketiak Rempah Hitam
  9. Lulur Selulit Rempah Hitam
  10. Lulur Manten Keraton
  11. Ratus V Celup Instant
  12. Facial Treatment Oil (FTO)-Brightening / Anti Acne / Lifting
  13. Royal Matte Finish Natural Powder (Talc Free) – Warna Lux White / Pink / Natural / Yellow

Dari 13 jenis perawatan diatas, produk yang aku terima untuk dicoba adalah Lulur Rempah Hitam.

Lulur Rempah Hitam Roro Mendut

Terbuat dari berbagai herbal berkhasiat seperti Rempah -rempah, teh hitam, kopi, rumput laut dan beras ketan hitam organik; Lulur Rempah Hitam Whitening Roro Mendut berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori kita. Oleh karena itu, lulur ini berkhasiat untuk mencerahkan kulit yang kusam, mengatasi noda bintik hitam dan bekas jerawat, mengangkat komdeo, serta memperbaiki tekstur kulit.

Ingredients

Black oryza glutinosa, mixed black herb, coffeaa robusta seed, camelia sinesis, kojic acid (from aspergillus oryzae), alpha arbutin (from bearberry extract), theobroma cacao seed, jasminum officianale flower oil, glacilaria sp.

My experience

Dari pengalamanku pribadi sejak pemakaian pertama, lulur ini ternyata benar – benar bermanfaat untuk mengangkat sel-sel mati dari kulit kita. So, sesudah mencuci muka dengan scrub ini, wajahku langsung terlihat lebih cerah dan segar, dan bekas jerawatku yang bandel terlihat menipis sejak pemakaian pertama.  Aku sebelum ini memang sedang mencari produk lulur wajah yang effective untuk mencerahkan kulit dan mampu mengatasi masalah noda hitam bekas jerawat. Karena sudah 2 bulan terakhir aku coba beberapa jenis scrub dan peeling, namun belum ketemu yang bisa membantu dengan masalah noda hitam bekas jerawat. So, sekalipun wajah menjadi cerah, tapi tetap saja bekas jerawat itu masih ada diwajah, dan tidak ada tanda – tanda menipis sama sekali.

One thing aku notice, dari semua produk lulur yang aku coba 2 bulan terakhir ini, hanya lulur Roro Mendut saja yang mempunyai tekstur butiran lulur yang pas untuk scrub. Lulur lain mempunyai butiran scrub yang terlalu lembut dan terlalu soapy. So, menurut analisisku, kulit menjadi lebih cerah karena bahan kimia dari sabun-nya yang bekerja, bukan karena butiran lulurnya. Sedang lulur Roro Mendut ini bukan sabun, tetapi benar – benar bahan alami yang ditumbuk menjadi lulur. Seperti teman – teman bisa lihat difoto berikut, dari hasil pemakaianku, tidak ada sabun sama sekali dilulur mereka, tetapi pure rempah-rempah yang ditumbuk,

Menurutku, yang membuat lulur Roro Mendut bekerja dengan sangat efektif untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat adalah dari campuran kopi dan beras ketan hitam organik dalam ramuan mereka. Tanpa campuran kopi dan beras ketan hitam organik ini, tidak mungkin lulur mereka bisa mempunyai tekstur kasar yang pas untuk lulur. Selain itu, hasil lain yang tidak terduga aku alami adalah pori – poriku yang besar jadi terlihat lebih halus.

Cara Pakai

Seperti lulur lain, lulur Roro Mendut cukup dipakai seminggu 2-3x saja. Jangan dipakai setiap hari supaya kulit tidak menjadi iritasi karena over use.

  1. Campurkan 1/2 atau 1 sachet lulur bubuk dengan sedikit air hingga mengental
  2. Usapkan secara merata ke seluruh wajah dan tubuh
  3. Pijat perlahan dengan gerakan memutar
  4. Bilas hingga bersih
  5. Lanjutkan dengan masker Roro Mendut untuk hasil lebih maksimal

Summary

So, to sum up reviewku hari ini, ternyata Rahasia Cantik Roro Mendut adalah ramuan kecantikan alami yang dibuat dari kekayaan alam asli Indonesia. Hari ini, rahasia kecantikan tersebut kembali diminati oleh para Wanita Indonesia yang ingin tampil cantik dengan menggunakan produk kecantikan alami. Lulur Roro Mendut merupakan salah satu produk perawatan tradisional Indonesia yang bisa menjadi jawaban dari permasalahan ini.

Berdasarakan pengalaman saya pribadi menggunakan produk Lulur Rempah Hitam Whitening Roro Mendut, saya mendapati produk ini efektif untuk mengangkat sel – sel kulit mati, membersihkan pori – pori yang tersumbat, mampu mengangkat noda hitam bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih baik. Dan setelah sekian lama mencari, akhirnya aku menemukan merk lulur yang bagus dan alami.

Rating: 5/5

Repurchase: YES!

The Store & The Price

Semua Produk Roro Mendut dapat dibeli online dari official website mereka, dan untuk offline, saat ini hanya dapat dibeli di Yogyakarta saja – Mirota Batik Malioboro dan Toko Oleh – Oleh Yogyakarta.

Harga saat ini: IDR 140,000.- (Paket isi 5pcs)*

*Price is subject to change anytime without notificiation

pink-swirly-hi

So, that’s all my review for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

 

Comments

Comments

  1. patut di coba nihh bahan-bahannya worth it

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*