Ngopi Cantik SEO Dengan Mba Shintaries

Hello girls, update kali ini aku mau sharing SEO Tips yang baru – baru ini aku dapat dari Mba Shintaries dalam acara Ngopi Cantik by Beautiesquad. I know.. topik kali ini totally unrelated dengan Beauty. Well, aku memutuskan untuk angkat topik ini karena aku berpikir bahwa sebagai beauty blogger, kita juga perlu paham tentang SEO.

Aku percaya sisters mulai menulis diblog karena sisters kepengin informasi (beauty tips, makeup tutorial, beauty DIY, Review, dst.) yang disharingkan bisa berguna untuk orang lain. Namun, sekedar membuat blog dan rajin posting saja tidak cukup. Blog kita perlu dioptimalkan supaya bisa muncul di Search Engine.

Percaya gak percaya, mulai dari bloggers sampai dengan e-commerce (brand besar maupun UKM), semuanya pada gencar berlomba – lomba untuk memenangkan hati si Om Google. Semua ingin artiklenya bisa muncul di halaman pertama Google. Karena itu, masalah SEO ini tidak bisa dianggap sepele. So, yuk kita belajar lebih lanjut tentang SEO, supaya artikel kita bisa sampai ke orang yang tepat dan membutuhkan informasi kita.

About The Speaker

Sebelum aku sharing ilmu yang aku dapat dari Ngopi Cantik Beautiesquad, let me introduce you to the speaker, Mba Shintaries. Aku percaya mayoritas dari teman – teman pasti kenal dengan wanita yang satu ini.

Mba Shintaries adalah seorang ibu rumah tangga yang tidak biasa. Dikarunia 2 orang anak, ibu yang berbahagia ini juga adalah seorang enginer, blogger dan traveller. Selain itu, di dunia blogging, beliau juga adalah seorang Mentor dan Speaker Blogger. Luar biasanya lagi, mba Shinta juga adalah founder dari sebuah komunitas Blogger beranggotakan lebih dari 3000 members bernama Blogger Perempuan.

Untuk mengenal mba Shinta lebih lanjut, langsung saja main ke blog-nya ya – shintaries.com.

Ngopi Cantik tentang SEO dengan Beautysquad
Ngopi Cantik tentang SEO dengan Beautysquad

SEO

Now, let’s get into business. Apa itu Search Engine Optimization (SEO)? SEO adalah Optimasi Mesin Pencari. Jadi, tulisan di Blog, kita optimasikan untuk dapat ditemukan di mesin pencari. Untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari, ada rules atau guidelines yang perlu diikuti.

Berbeda dengan konten di web lainnya, yang mana mereka harus melakukan riset keywords terlebih dahulu, baru sesudah itu konten dibuat; pada blog, kita melakukan sebaliknya. Jadi, kita membuat konten terlebih dahulu baru sesudah itu dioptimasikan.

Menurut mba Shinta, kita para beauty blogger ini beruntung sekali. Pasalnya, kita sudah memiliki tema khusus yaitu, Kecantikan. Oleh karena itu, Google akan dengan mudah mengindeks blog kita. Maka dari itu, mba Shinta mengingatkan kita – kita untuk tidak mencampuradukan blog kita dengan tema lain yang tidak ada hubunganya dengan kecantikan.

SEO Tips

Berikut adalah tips dari mba Shinta, bagaimana caranya supaya blog kita terindeks oleh Google:

Otoritas Blog

Otoritas Blog sering dikenal sebagai Domain Authority (DA). Well, banyak bloggers bahkan yang sudah lama berkecimpung di dunia per-blogging-an masih bingung dengan masalah DA ini. Sebenarnya otoritas blog atau DA adalah Ranking Score yang dikembangkan oleh MOZ untuk mengetahui seberapa baik performa dari blog tersebut untuk muncul di Mesin Pencari.

Sistem Ranking Score ini bernilai dari 1 – 100. Semakin besar ranking kita semakin baik, dan semakin besar juga kemungkinan blog kita untuk muncul di mesin pencari. Nah, untuk menaikan score blog kita, ada beberapa cara:

Kepemilikan Blog

Cara pertama untuk menaikan Ranking Score blog kita adalah dengan Mengklaim Kepemilikan Blog (kredibilitas) yang kita tulis. Pada prinsipnya, Google ingin mengetahui dan mengenal dengan jelas siapa pemilik blog tersebut. Jika Google mendapati blog tersebut anonim atau tidak jelas siapa pemiliknya, maka kemungkinan untuk muncul di mesin pencari semakin kecil. Mesin pencari memprioritaskan blog yang jelas kepemilikannya.

Salah satu cara untuk memperjelas kepemilikan blog adalah dengan mengisi profile kita (blog dan social media) di Google. Data tersebut dapat kita isi di About Me Google. Idealnya, nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama. Foto berikut adalah contohnya

SEO Strategy - isi data di aboutme.google.com
SEO Strategy – isi data di aboutme.google.com

 

Konten

Adalah sangat penting untuk kita (blogger) menjaga keaslian (authentic) atau originalitas dan kualitas konten. Dalam arti kata lain, konten kita bukanlan sekedar copy-paste; tidak juga sekedar comot – comot dari website atau blog orang lain, lalu digabungin jadi konten baru juga. Melainkan, konten yang dipublikasikan adalah konten yang original, oragnik hasil karya tulis sendiri dan natural.

Selain karya tulis, konten disini juga termasuk photo dan video juga. Karena saat ada yang search dengan kata kunci tertentu, konten video dan image juga akan keluar. Jadi pastikan, untuk mengoptimasi video dan juga gambarnya.

Tidak kalah pentingnya dengan kualitas, penting juga untuk kita mengupdate blog kita secara rutin – berkala. Hal ini dikarenakan Google senang dengan konten yang fresh dan terkini. Oleh karena itu, kalau kita bisa update setiap hari, lebih baik.

Template

Ternyata template blog yang digunakan dapat mempengaruhi SEO kita juga loh. Semakin singkat masa loadingnya semakin baik. Kalau mau dipersentasikan, nilai pengaruh SEO template adalah 60 – 80%. Untuk bisa muncul di halaman pertama Google, waktu yang dibutuhkan adalah sepersekian detik. Sangat singkat waktunya. Ukuran secepat ini, hanya bisa dideteksi apabila templatenya tidak terlalu banyak script, ornamen, music, dan image yang berukuran besar.

Kedengerannya susah sekali ya, bahkan terasa tidak mungkin. Setiap blog, khususnya beauty blogger, pasti memiliki konten image yang cukup banyak, bahkan tidak sedikit yang menambahkan video juga untuk tutorial. Nah.. ada berita baik buat teman – teman yang punya dilemma sama denganku. Menurut mba Shinta, apabila kita tidak memiliki template yang SEO friendly, masih bisa diakali dengan menggunakan template yang designnya minimalis. Selain itu, mba Shinta juga menyarankan untuk kta menghindari penggunaan script slider apabila ukurannya tidak kecil, dan resize ukuran gambar sebelum diupload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300 kb.

Mobile Site

Blog yang responsive atau adjustable untuk mobile site, ini sudah sangat tidak bisa ditawar. Hari ini, 90% akses baik website maupun blog dan aplikasi, dijangkau melalui mobile. Jadi, apabila blog kita tidak bisa dibaca secara mobile, sudah pasti kita akan kehilangan prioritas dari Google. So, pastikan bahwa blog teman – teman mobile friendly.

Contoh SEO friendly blog, it has mobile site like this
Contoh SEO friendly blog, it has mobile site like this

Backlink

Banyak yang menyakini, posisi di search engine, ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Itulah kenapa, blog dengan posisi bagus di search engine, DA-nya akan tinggi. Berikut adalah beberapa tips bagaimana caranya kita bisa membangun backlink:

  • Menaruh kata kunci di judul
    Awalnya akupun berpikir judul itu harus menarik. Jadi aku sibuk mencari dan membuat judul yang terbilang click bait. Namun aku tidak berpikir bahwa judul itu harus mengandung kata kunci juga. Gak heran meskipun judulnya menarik, tetapi tidak banyak pengunjungnya. Hal ini disebabkan postingan kita tidak terindeks oleh mesin pencari. So, pastikan judul postingan kalian tidak hanya menarik untuk click bait, tetapi juga mengandung kata kunci yang tepat.
  • Mengubah Permalink
    Secara default, link postingan kita akan memakai judul di atas. Karena itu, penting untuk kita menaruh kata kunci di judul.Contohnya, aku mengreview Maybelline 24K Gold Nude Palette dan aku memberi judul Maybelline The 24K Nudes Palette [Makeup Review Bahasa Indonesia],maka link yang muncul adalah http://blossomshine.com/maybelline-the-24k-nudes-palette-makeup-review-bahasa-indonesia/.Awalnya menurutku ok, tapi ternyata untuk SEO, nama link ini terlalu panjang. Oleh karena itu, harus kita ubah. Untuk edit link, setting permalink masing – masing blog berbeda lokasinya. Untuk WordPress, lokasi setting permalink ada tepat dibawah box Judul. Untuk contoh diatas, aku memutuskan untuk, simply, menghapus kata “makeup review bahasa Indonesia”, sehingga link tersebut kini berbunyi http://blossomshine.com/maybelline-the-24k-nudes-palette/
  • Jumlah Kata
    Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Dalam training, Mba Shinta sering menyarankan untuk para bloggers menulis minimal 1000 kata. Tapi, khusus untuk kategori beauty, 800 kata sudah cukup.
  • Image
    Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD. Misalnya nama-brand-maskara.jpg. Jika lebih dari 1, bisa menambahkan angka di belakangnya. Contoh: nama-brand-maskara1.jpg, nama-brand-maskara2.jpg, nama-brand-maskara3.jpg, dst.
  • Internal/External Link
    Ternyata menambahkan link tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi itu penting sekali. Related post dan Read more di halaman awal juga diperlukan, karena itu dianggap sebagai internal link. Namun, mba Shinta menambahkan untuk kita jangan menggunakan blogroll yang ada di sidebar. Hal ini disebabkan Google menganggap blog kita jadi memiliki terlalu kebanyakan link keluar.

  • Meta Deskripsi
    Hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah meta deskripsi. Baik itu di wordpress dengan plugin (Yoast SEO) atau di blogspot (setting -> search description), penting untuk kita mengaktifkan dan menggunakan Meta Deskripsi. Karena Meta Deskripsi itu adalah  ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian.

Summary

Singkatnya, untuk blog kita bisa muncul di mesin pencari, kita perlu membangun Rank Score dari blog yang kita tulis. Untuk bisa meningkatkan ranking score tersebut, diperlukan beberapa usaha seperti memperhatikan agar konten blog kita SEO Friendly – Menaruh kata kunci di judul, menggunakan meta deskripsi, mempunyai internal dan external link, konten tulisan minimal 800 – 1000 kata, mengubah nama image dengan kata kunci dan mengedit permalink untuk mengandung kata kunci juga dan tidak terlalu panjang.

The SEO Pyramid by seomoz.org
The SEO Pyramid by seomoz.org

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

24

hearts-line-divider-12541935

 

Comments