Dampak Stress Pada Kecantikan (Beauty Tips)

Hari ini, yang namanya stress pasti melanda siapa saja. Semua orang didunia, baik pria maupun wanita, besar maupun kecil pasti pernah ngalamin yang namanya stress. Pada postingan hari ini, aku mau share, apa sih Dampak Stress pada kecantikan. Karena aku merasa dampak yang satu ini sebenarnya sama pentingnya untuk dibahas.

Fakta Tentang Stress

Menurut, Kassandra Putranto (Psikolog), masalah utama wanita jaman sekarang adalah stress. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil reset di amerika pada tahun 2015 yang dipublikasikan oleh lembaga APA (American Psychology ). Menurut laporan, pada tahun 2015 jumlah penderita stress di Amerika mengalami peningkatan. Mayoritas dari penderita ini adalah orang dewasa.

Jika kita perhatikan grafik berikut, dapat kita temukan bahwa ada lebih banyak wanita (2244 responden) dibandingkan pria (1104 responden) yang mengalami stress.

Resource: apa.org
Resource: apa.org

Sehubungan dengan sumber stress, banyak dari responden ini mengakui bahwa uang dan pekerjaan adalah 2 sumber utama yang menyebabkan mereka mengalami stress berat (67 percent and 65 percent in 2015, respectively).  Dan untuk pertama kalinya, survey mendapati bahwa family responsibilities menduduki peringkat ketiga sumber stress (54%), diikuti dengan personal health concerns (51%), masalah kesehatan yang dialami oleh anggota keluarga lainnya (50%), dan masalah ekonomi (50%).

Berdasarkan hasil penelitian ini, tidaklah mengherankan jika di Indonesia juga didapati permasalahan yang serupa. Pasalnya pada tahun 2013, menurut Atlas & Boots, dari 74 negara yang disurvey, Indonesia menduduki peringkat ke 25 negara paling stress didunia.

Resource: Atlas & Boots
Resource: Atlas & Boots

 

Memang beda generasi beda pula tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Kalau pada jaman orang tua kita dulu, mayoritas wanita tidak mempunyai pilihan. Mereka hanya bisa menjadi ibu rumah tangga saja. Jaman Milenial sekarang, wanita mempunyai pilihan. Apakah mereka mau menjadi ibu rumah tangga, atau mengejar karir? Atau mungkin menjadi Mompreneur? Bahkan wanita era milenial, mempunyai pilihan untuk mengejar mimpiHal ini terjadi secara global, termasuk dikalangan wanita Indonesia.

Resource: apa.org
Resource: apa.org

Stress & Kecantikan

Sebagai contoh, dalam Women’s Talkshow yang aku ikuti baru – baru ini, Donna Agnesia menceritakan pengalaman pribadinya. Sebagai seorang istri dan seorang ibu, ia memiliki kesibukan yang luar biasa. Jadi, meskipun beliau sudah menikah, namun hal tersebut tidak membuatnya mundur dari mimpi dan karir.

Yang namanya perjalanan pasti ada masa Up & Down. Sekuat – kuatnya seorang wanita, pasti dia juga bisa merasa lelah. Karena itu, Donna mengingatkan kita semua, sesibuk apapun jadwal kita, tetap kita harus punya waktu untuk memperhatikan diri sendiri. Bagi Donna, kesehatan itulah kunci kebahagiaan. Karena itu, waktu ditengah waktu luangnya, Donna gunakan untuk berolahraga. Selain badan jadi semakin sehat dan bugar, berolahraga merupakan cara Donna melepas stress.

Menyambung cerita Donna, Kassandra menjelaskan dampak stress bagi kehidupan. Ternyata, stress, khususnya stress yang berlebihan bukan hanya mempengaruhi mental seseorang saja, tetapi juga berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh dan kulit. Hal ini juga ditekankan oleh Dr. Melyawati Hermawan, Sp. KK selaku professional dibidang kesehatan kulit. Jadi musuh kesehatan kulit kita bukan hanya datang dari external seperti sinar matahari, polusi, dan kurang vitamin saja, tetapi juga dari mental health kita. Karena itu,

Donna Agnesia was sharing at Women's Talk
Donna Agnesia was sharing at Women’s Talk

Dampak Stress Pada Kecantikan

Awalnya juga aku cukup sangsi kalau stress bisa mengganggu kesehatan kulit. Tapi setelah aku lakukan reset, ternyata memang betul bahwa stress dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Berikut adalah list dampak stress pada kecantikan:

  1. Kulit menjadi kering
  2. Timbulnya kerutan pada kulit (Aging)
  3. Kemerahan
  4. Timbulnya Acne
  5. Kantong Mata
  6. Rambut rontok
  7. Timbulanya ruam dan gatal – gatal
  8. Susah tidur atau mengalami gangguan untuk tidur.

Sebenarnya dampak stress yang dialami pada kulit ini saling mempengaruhi. Orang stress biasanya susah tidur atau mengalami gangguan saat tidur. Karena susah tidur, secara otomatis kita pasti akan memiliki kantong mata. Selain itu, kulit juga akan mengalami gangguan penuaan dini.

Lebih lanjut, karena kita kurang tidur, akhirnya kita mencari mengkonsumsi minuman bercaffein sebagai booster. Sebenarnya hal ini plus dan minus. Plus, karena bisa membantu kita untuk menjalani aktifitas hari – hari kita. Minus, karena tubuh kita kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi karena kelelahan, dan minuman soda atau caffeine bukanlah solusinya. Akhirnya, kulit kita menjadi kering.

Dampak stress lain yang dialami karena kurang tidur adalah timbulnya acne dan masalah kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh gangguan hormon. Selain dari stress itu sendiri menyebabkan perubahan hormon, kurangnya jam tidur pun dapat mengganggu stabilitas hormon kita. Oleh karena itu, kita jadi mengalami berbagai macam masalah kulit dan rambut rontok.

Free Skin Check at the Kalbe H2 Health and Happiness Talkshow
Free Skin Check at the Kalbe H2 Health and Happiness Talkshow

Baca juga: 10 Tips Perawatan Jerawat Di Rumah

The Talkshow

Menyadari betapa seriusnya masalah ini, Kalbe H2 Health and Happiness mengadakan Women’s Talkshow dengan tema The Secret Recipe Of Healthy and Happy Women. Hal ini disebabkan karena mayoritas dari wanita Indonesia memiliki peranan ganda di kehidupan pribadi maupun keluarga. Merekalah yang menjaga kesehatan dan lifestyle seluruh keluarga, serta berperan juga membantu finansial keluarga karena tuntutan kebutuhan meningkat. Oleh karena itu, lewat acara ini, Kalbe H2 Health and Happiness ingin mengingatkan kita, para wanita Indonesia untuk memperhatikan lifestyle diri sendiri maupun anggota keluarga lainnya.

Pasalnya, kesibukan dari peran ganda ini membuat wanita lupa dengan lifestyle mereka sendiri. Akibatnya, muncul berbagai macam masalah kesehatan seperti masalah obesitas yang kemudian menyebabkan kolestrol, nyeri sendi, diabeter, darah tinggi, dan bahkan masalah pada kulit (seperti mentioned above).

Dalam talkshow, Kalbe H2 Health and Happiness mengencourage kita semua lewat slogannya yang secara personal aku dapati sangat touchy, yaitu:

“Anda Berharga. Anda Berhak Merasa Bahagia.”

Para ahli berbicara soal dampak stress pada kecantikan
Para ahli berbicara soal dampak stress pada kecantikan

My Experience

Sebagai seorang ibu, seorang blogger dan juga seorang wirausahawan, aku punya daily schedule yang sangat padat. Sulit bagiku untuk punya quite me time. Setiap hari aku dituntut untuk fokus dalam segala aspek. Dirumah, suami, anak dan pekerjaan rumah tangga membutuhkan perhatianku. Dikantor, staff, colleague dan customers juga menuntut fokus dan perhatian yang tidak kalah tingginya.

Sebagai blogger, aku harus bagi waktu untuk membuat konten dan maintain blog dan social mediaku. Banyak orang mengira bahwa menjadi blogger itu hanya sekedar ikut event, foto cantik dan menulis pengalaman saja. Singkat cerita, baik konten maupun websitenya sama – sama memiliki banyak detail yang harus diperhatikan. Terkadang aku harus lembur sampai subuh untuk mengerjakan itu semua. Alhasil, aku bukan hanya mengalami lelah fisik, tetapi juga lelah mental dan spirit.

Awalnya aku tidak sadar kalau aku stress. Aku pikir aku cuma kecapean saja. Namun, seiring waktu berlalu, aku merasa kondisiku tidak tambah baik. Secara mental, aku mulai merasa pesimis dan menjadi lebih sensitive. Aku juga jadi easily upset. Secara fisik, aku jadi cepat cape dan sering merasa tidak enak badan.

Nah, ternyata jerawat yang bermunculan, kulit kering, dan kusamnya kulit wajahku pun ternyata adalah dampak stress. Pertamanya, aku kira karena mau datang bulan. Tapi kalau karena datang bulan, kok berkelanjutan ya. Lalu aku pikir karena kebanyakan makan gorengan. Aku kurangin lah itu makan gorengan. At the end of the day, ternyata itu adalah dampak stress. Karena kurang tidur, hormon jadi kurang stabil, dan akhirnya berdampak pada kesehatan kulitku.

me and my boy <3
me and my boy <3

Solusi Mengatasi Stress

Kalau sudah tahu apa sumber masalahnya, tentu kita pasti akan cari solusinya. Nah, dalam Talkshow Kalbe H2 Health and Happiness kemarin, Kalbe mengkampanyekan konsep FENUS yaitu Food, Excercise, Nutraceutical dan Stress Reduction.

Menurut pakar dari Kalbe, asupan makanan yang seimbang dengan olahraga dan penanganan stress yang baik merupakan kunci sehat dan bahagia untuk wanita Indonesia. Apabila asupan makanan sehari – hari kurang mencukupi, maka konsumsi suplemen makanan pun dianjurkan. Salah satu suplemen makanan yang baik dan penting untuk dikonsumsi adalah H2 Superba Krill Oil sebagai salah satu sumber Omega 3 generasi terbaru dan H2 Fair Skin untuk menjaga kesehatan kulit.

Dari segi mental health, sebagai wanita, kita perlu belajar mengapresiasi diri kita sendiri.  Seperti yang Donna sampaikan, sesibuk apapun, kita harus make time untuk me time. Kalau kita tidak pernah make time, selamanya kita tidak akan pernah punya waktu buat diri sendiri. Kalau tidak punya waktu buat diri sendiri, gimana kita bisa merawat diri, bersyukurberdoa dan beribadah, dan enjoy hasil usaha kerja keras kita?

Lastly, Seperti ada words sayingOra Et Labora – Berdoa dan Bekerja.” Karena hidup itu perlu keseimbangan. Dan ingatlah selalu kalau kita ini berharga, dan berhak merasa bahagia 🙂

pink-swirly-hi

So, that’s all my Blog Post for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Blog: blossomshine.com

Instagram: @blossom.shine

Youtube: Gracia Cita

Facebook: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935