Beauty Tips Endorsed How To Skincare

Review Scarlett Acne Essence Toner

Hi guys, dalam post kali ini, aku mau sharing review tentang Acne Essence Toner terbaru dari Scarlett Whitening. Skincare ini memiliki manfaat jauh lebih banyak daripada skincare essence atau toner pada umumnya. Produk ini biasanya dikemas dalam botol dengan ukuran di atas 75 ml dan bersifat sangat cair. Mungkin beberapa dari teman – teman ada yang bingung, kenapa sih Essence Toner? Apakah Essence atau Toner saja tidak cukup? Apa yang membuat Essence Toner ini lebih efektif ? Yuk simak lebih lanjut.

Scarlett Acne Essence Toner

pink-swirly-hi

Apa Itu Essence Toner

Secara umum, sekalipun keduanya adalah produk perawatan kulit berbenti cair, Essence dan Toneradalah dua produk yang berbeda. Memang kategori produk ini paling membingungkan banyak orang. Pasalnya, sekalipun beda formulasi, manfaat dari produk ini mirip satu sama lain.

Pada prisipnya, Toner biasa mengacu pada astringen yang digunakan untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah dengan sabun.

Sedangkan Essence memiliki kandungan bahan aktif atau kandungan tertentu dengan konsentrasi yang lebih tinggi dibanding toner. Oleh sebab itu, Essence biasanya lebih banyak digunakan untuk membantu permasalahan kulit tertentu, tergantung kandungan yang ada di dalamnya. Disamping itu, Essence juga banyak digunakan sebagai skincare booster untuk membantu menyiapkan kulit agar bisa menyerap skincare berikutnya lebih baik.

Nah, baru – baru ini dunia kecantikan mengalami terobosan baru berkat perkembangan teknologi. Sekarang, kita dapat menikmati keunggulan dari kedua produk tanpa harus memilih salah satu, atau repot – repot menggunakan keduanya secara bertahap, yakni dengan menggunakan Essence Toner! 

 

pink-swirly-hi

Scarlett Essence Toner 

Sebagai salah satu leading brand di dalam dunia kecantikan, Scarlett berinovasi dengan meluncurkan produk baru berupa Essence Toner untuk melengkapi rangkaian skincare mereka. Seperti telah dijelaskan di atas, Essence Toner merupakan produk perawatan jenis terbaru, di mana pengguna dapat menikmati manfaat dari kedua produk hanya dengan menggunakan 1 produk saja.

Secara khusus, dalam rangkaian face care Scarlett Whitening ada 2 jenis Essence Toner yang diformulasikan secara khusus untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik, yakni:

  1. Scarlett Brightly Essence Toner – diformulasikan dengan kandungan aktif untuk mencerahkan kulit, bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah kulit kusam dan penuaan dini.
  2. Scarlett Acne Essence Toner – diformulasikan dengan kandungan aktif untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Karena aku memiliki jenis kulit berminyak yang cenderung Acne Prone, maka dari itu yang aku gunakan adalah yang Acne Essence Toner.

Scarlett Acne Essence Toner

Scarlett Acne Essence Toner

Sesuai namanya, Scarlett Acne Essencet Toner adalah produk perawatan wajah untuk membantu mengatasi jerawat sekaligus untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Secara khusus, produk ini diformulasikan dengan kandungan aktif Zinc Sebum, Green Tea Water, Tea Tree Water, Phyto Squalane, Mugwort Hydrosol, Vitamin C, Ginkgo Extract, Succinic Acid, dan Gluconolactone yang terkenal bermanfaat untuk:

  • Meminimalkan kemerahan pada kulit,
  • Merawat kulit berjerawat,
  • Menghidrasi kulit,
  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit,
  • Mengontrol produksi sebum/minyak pada wajah,
  • Mengangkat sel kulit mati, dan
  • Memperhalus kulit

Selain itu, Scarlett Acne Essence Toner ini juga memiliki beads atau boba kecil yaitu Phyto Squalane yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi atau anti-peradangan untuk membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakakn pada kulit yang sedang berjerawat.

Ingredients

Aqua, Polysorbate 20, Camelia Sinensis Leaf Water, Gluconolactone, Aminomethyl Propanol, Malaleuca Alternifolia Leaf Water, Sodium Chloride, Propanediol, Succinic Acid, Ginko Biloba Leaf Extract, 1-2 Hexanediol, Artemisia Capillaris Leaf Water, Glyserine, DMDM Hydantoin, Aloebarbadensis Leaf Extract, Pentylene Glycol, Opuntia Coccinellifera Fruit Extract, Oryza Sativa (Rice) Extract, Methyl Diisopropyl Propanamide, Butylene Glycol, Disodium Edta, Gellan Gum, Caprylhydroxamic Acid, Hydrolyzed Wheat Protein, Ascorbyl Glycoside, Phenoxyethanol, Chondrus Crispus Powder, Zinc Chloride, Glyseryl Acrylate/Acrylic Acid Copolymer, Cinnamomun Zeylanicum Bark Extract, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tromethamine, Hamamelis Virginiana Leaf Extract, Malva Sylvestris Flower/Leaf/Stem Extract, Echinacea Purpurea Extract, Setaria Italica Seed Extract, Benzyl Alcohol, Ethylhexyl Glyserine, Bakuchiol, Magnolia Grandiflora Leaf Extract, Dehydroacetic Acid, Tochoperol, Squalane, CL77891, CL7707, CL77360

Cara Menggunakan

Ada 2 cara untuk menggunakan Scarlett Acne Essence Toner:

Dituang langsung ke telapak tangan:

  1. Cuci wajah hingag bersih dengan menggunakan sabun wajah. Jika menggunakan full face makeup, bersihkanlah terlebih dahulu dengan menggunakan makeup remover sebelum mencuci wajah dengan sabun.
  2. Tuang Scarlett Essence Toner ke telapak tangan yang sudah bersih, kemudian tepuk – tepuk ringan ke wajah agar meresap secara maksimal.
  3. Lanjutkan dengan Serum Wajah dan rangkaian skincare lainnya.

Aplikasi menggunakan kapas:

  1. Cuci wajah hingag bersih dengan menggunakan sabun wajah. Jika menggunakan full face makeup, bersihkanlah terlebih dahulu dengan menggunakan makeup remover sebelum mencuci wajah dengan sabun.
  2. Tuang Scarlett Essence Toner secukupnya ke kapas, kemudian usapkan perlahan ke wajah.
  3. Lanjutkan dengan Serum Wajah dan rangkaian skincare lainnya.
Pengaplikasian Essence Toner Scarlett dengan metode tepuk - tepuk ringan diwajah
Pengaplikasian Essence Toner Scarlett dengan metode tepuk – tepuk ringan diwajah

The Packaging

Untuk kemasan, seperti teman – teman bisa lihat difoto, Scarlett Acne Essence Toner ini dikemas dalam kemasan botol dengan desain transparan. Yang membuat aku suka banget sama Essence Toner ini adalah kemasannya dilengkapi dengan pump! Biasanya kemasan essence atau toner pada umumnya hanya memiliki lubang kecil untuk mengeluarkan produknya.  Menurutku ini penting sekali, karena aku punya kecenderungan suka over ketika mengeluarkan produk. Karena itu, aku happy  banget ketika menemukan Essence Toner Scarlett ini hadir dengan pump.

Scarlett Acne Essence Toner dilengkapi dengan pump

Sama seperti kemasan pada produk Scarlett Whitening lainnya, pada  kemasan box luar Scarlett Essnece Toner pun juga terdapat hologram sticker. Sticker hologram ini bermanfaat sebagai bukti bahwa produk ini asli. Dan setiap hologram punya nomor seri masing – masing yang unik, khusus untuk produk yang terdapat didalam box itu saja. Karena itu, hal ini sangat membantu, baik pengguna maupun brand dalam mengindetifikasi keaslian produk.

 

Begitu juga dengan kode BPOM, dapat kita temukan pada kemasan box luar. Secara spesifik, dapat kita temukan dibawah gambar barcode dibawah list ingredients. Selain itu, kita juga dapat menemukan logo PAO, Recycle dan Cruilty Free pada bagian bawah kemasan juga.

labels pada kemasan Scarlett Essence Toner

 

Untuk Expiry Date, supaya memudahkan kita untuk mengingatnya, disamping dicantumkan di kemasan box luar, dapat kita temukan juga pada bagian bawah kemasan botolnya.

My Experience

Dari hasil pemakaian, aku mendapati Scarlett Essence Toner ini tergolong unik. Hal pertama yang langsung menarik perhatianku adalah namanya karena sangat tidak umum. Seperti telah aku ceritakan di atas, biasanya brand hanya mengeluarkan Essence atau Toner, namun Scarlett memutuskan untuk mengeluarkan produk berupa kombinasi dari keduanya.

Dari segi tekstur, aku mendapati teksturnya ini cair tapi agak sedikit kental, cukup runny; jadi, teman – teman perlu sedikit berhati – hati agar tidak tumpah. Meskipun demikian, produknya ini punya penyebaran yang cukup baik, dan tingkat penyerapan yang cukup cepat. Karena itu, pastikan Anda bekerja cukup cepat agar dapat pengaplikasian dapat tersebar secara merata. Aku sendiri merasa lebih baik menggunakan kapas, sekalipun aku lebih suka metode pengaplikasian tanpa kapas. Namun, karena area wajahku cukup besar dan luas, aku biasanya memerlukan 4-5 pump untuk meng-cover seluruh wajah. Karena itu, supaya hemat aku jadinya memilih cara aplikasi menggunakan kapas.

Sebenarnya ini bukanlah hal yang significant atau serius, namun tetap aku ingin ceritakan, supaya kalau ada teman – teman yang merasa aneh, tidak kaget. Jadi, sehubungan dengan isi dari boba atau beads-nya ketika dikeluarkan nampak seperti pecahan lemak susu atau seperti “kotoran” Hal ini disebabkan, isi beads hanya tersedot sebagian oleh pump. Lain cerita kalau kita tuang keluar isinya langsung dari botol ya, mungkin akan tetap berbentuk bulat. Namun, karena pump hanya dapat menyedot sebagian, jadi tidak keluar dalam bentuk utuh bulat. So, please jangan dianggap itu sebagai kotoran ya.

tekstur essence toner scarlett cair tapi agak kental sedikit menyerupai lotion wajah, tetapi cukup runny dan cepat menyerap

Bagaimana dengan formulanya? Apakah ada perbedaan dari hasil pemakaian jika dibandingkan hanya menggunakan salah satu produk ? Tentu saja ada perbedaan hasil. Menurutku produk Essence Toner ini jauh lebih efektif dibandingkan jika aku hanya menggunakan salah satu produk. Karena sesuai penjelasan sebelumnya, toner dan essence, sekalipun terkesan mirip, tetapi punya formula dan fungsi yang berbeda. Karena itu, kalau kita mengikuti skincare routine ala Korea, kita diajarkan untuk menglapis penggunaan keduanya secara bertahap.

Untuk orang yang praktis seperti aku, tidak mau ribet pakai banyak produk, menurutku Essence Toner merupakan solusinya. Karena kita mendapatkan keunggulan dari keduanya di dalam 1 produk (2 in1). Plus, karena Scarlett Acne Essence Toner punya mengandung kandungan aktif yang cocok dengan kebutuhan orang kulit berminyak, aku mendapati formulanya ini bekerja secara efektif di kulitku. Secara khusus, ketika aku lagi period, seperti biasanya pasti muncul jerawat. Berkat bantuan dari Scarlett Acne Essence Toner ini, jadinya tidak sampai beruntusan. Dan jerawat yang muncul pun jadi lebih cepat membaik.

So, apakah recommended? Jawabannya tentu saja iya! Kalau kalian adalah tipe orang yang praktis seperti aku, gak mau ribet pake banyak skincare, Essence Toner is the best product for you. Tinggal pilih aja sesuai jenis kulit kalian.

Hasil pemakaian 3 minggu
Hasil pemakaian 3 minggu

pink-swirly-hi

The Store & The Price

Untuk informasi lebih lanjut, yuk visit Instagram Scarlett!

Sehubungan dengan harga, harga dari Scarlett Essence Toner adalah @Rp 75,000.-

Berikut adalah list toko online retail resmi Scarlett Whitening:

 

*Harga dapat berubah sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan diblog ini

Read Also – Scarlett Acne Serum Review

kombinasikan dengan Serum wajah dari scarlett untuk hasil pemakaian yang lebih maksimal. Aku sendiri prefer dikombinasikan dengan Scarlett Brightly Serum untuk efek mencerahkan, atau dengan Acne Serum jika berjerawat
kombinasikan dengan Serum wajah dari scarlett untuk hasil pemakaian yang lebih maksimal. Aku sendiri prefer dikombinasikan dengan Scarlett Brightly Serum untuk efek mencerahkan, atau dengan Acne Serum jika berjerawat

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

 

Tentang Penulis

A Mother of one who loves makeup and anything related with beauty <3
Oily Skin <3 Eyeshadow and Lipstick Junkie <3