Sweet Makeup Lebaran [Makeup Challange]

Phew, gak terasa sekarang sudah waktunya Makeup Challenge lagi. Sehubung bulan Juni tahun ini bertepatan dengan masa lebaran; so, as you all can guess, tema kita kali ini adalah Makeup Lebaran. Dann… kali ini aku bukan hanya berkolaborasi dengan Beautiesquad saja, tetapi juga dengan Surabaya Beauty Blogger, Bandung Beauty Blogger, Bali Beauty Blogger dan Jogja Beauty Blogger yang terbagi menjadi 2 team: #TeamRendang untuk makeup BOLD dan ##TeamOpor untuk makeup NUDE.

Selain itu, kita juga mendapatkan dukungan sponsor makeup dari salah satu Brand Makeup Lokal, Face2Face!

 

Makeup Lebaran Inspiration, in collaboration with Beautiesquad and Face2Face Makeup
Makeup Lebaran Inspiration, in collaboration with Beautiesquad and Face2Face Makeup

pink-swirly-hi

Face2Face

Buat teman – teman yang masih baru dengan merek Face2Face, merek ini adalah merek makeup lokal Indonesia yang berdiri sejak 2010. Awalnya, Face2Face hanya menjual bulu mata saja. Mengikuti perkembangan dan inovasi kosmetik di Indonesia, Face2Face mengembangkan produknya ke beberapa area – face makeup, eyes makeup, lips makeup and nails. Dengan dukungan dari mitra bisnis Face2Face, kini produk-produk Face2Face sudah terdistribusi di kota-kota besar di Indonesia.

 

Untuk makeup Challenge kali ini, Face2Face mengsupport beberapa makeup untuk digunakan: BB Cream, Eyehsadow, Lipstick, Blush dan Eyeliner, which you guys can check out the details below.

pink-swirly-hi

Sweet Makeup Lebaran

So, untuk makeup kali ini, aku menyebut tampilan ini sebagai Sweet Makeup Lebaran. Aku pilih nama ini karena terinspirasi dari Palette Eyeshadow F2F yang kuterima – “Sweet Cocoa”, blush F2F – “Pink Sweet Cheek”,  dan dari shade Lipsticknya juga – “Hazelnut”. Sebelum aku lanjut, let me ask you, hal pertama apa yang muncul dipikiran kalian ketika mendengar kedua nama – Sweet Cocoa dan Hazelnut ? Kalau aku, hal pertama yang kepikiran adalah Chocolate Hazelnut! Makanya, aku call this look, Sweet Makeup Lebaran. Karena semua makeup yang dipakai mengandung unsur “Sweet”.

The Challenge

Dalam Challenge kali ini, aku mengalami banyak sekali tantangan. Tidak terlalu sulit, namun jumlahnya cukup banyak dan butuh waktu untuk find the solution. Therefore, untuk challenge kali ini aku melakukan eksplorasi terlebih dahulu.

Before this, aku biasanya hanya melakukan a quick research saja untuk mencari ide. Tapi kali ini aku sampai melakukan eksplorasi, karena ini adalah pertama kalinya aku mencoba membuat tampilan untuk Lebaran. Beberapa orang berkomentar kalau tampilan Lebaran itu sebenarnya sama seperti tampilan – tampilan umum seperti daily makeup atau glamour makeup. Namun, aku berpendapat kalau tampilan Lebaran itu seperti tampilan Natal, New Year atau Valentine, ada sesuatu yang special dalam tampilan ini. It’s not just a look. It’s Lebaran look. Makanya harus dipikirkan benar – benar.

Tantangan lainnya yang aku hadapi adalah eyeshadow application. Mungkin kalian akan bingung mendengarnya, tetapi ini benar – benar adalah pertama kalinya aku memakai palette eyeshadow yang hanya berisikan 3 warna saja. Selama ini, aku selalu memakai palette eyeshadow yang minimal isinya ada 6 warna. So, it’s a real challenge for me, gimana caranya membuat tampilan yang menarik hanya dengan 3 warna eyeshadow saja. This is my second reason, kenapa aku melakukan eksplorasi.

My third challenge is the BB Cream. Jadi ceritanya warna BB Cream yang kuterima itu jauh lebih gelap dari warna kulitku; so, aku harus cari cara agar hasil makeup-nya gak belang. Kan aneh kalau kulit muka dan leherku saja yang gelap, dan badanku putih. Nanti judul makeupnya berubah jadi Oreo Makeup Look 😛

Next, challenge berikutnya adalah Eyeliner. Aku jarang banget pakai liquid eyeliner. Karena mataku Chinese monolid banget, jadi rentan beleber sebelum kering. Oleh karena itu, aku cenderung pakai antara pen-liner, automatic eyeliner atau gel liner. Ketiga eyeliner ini cenderung lebih mudah untuk dikontrol dan lebih cepat settle. In short, liquid eyeliner yang kupakai dalam challenge ini mempunyai kuas yang cukup tebal, jadi agak sulit untuk digunakan, dan eyelinernya  butuh waktu cukup lama untuk kering.

 

The Sweet Makeup Lebaran Look

The big idea of Sweet Makeup Lebaran adalah menciptakan tampilan lebaran yang natural, tapi berkesan manis dan elegant. Believe it or not, tampilan Natural itu memiliki banyak accent. Seperti bahasa memiliki banyak dialek, begitu juga dengan makeup. So, meskipun sama – sama makeup natural, tetapi setiap look memiliki ciri khas dan kesan tersendiri.

Aku memilih tampilan ini karena menurutku sewaktu kita bersilahturahmi dengan keluarga, teman – teman dan tetangga kita, kita tidak butuh tampilan yang heboh. Apalagi kalau kita mau bersilahturahmi dengan calon mertua atau mertua kita, kan gak mungkin kita tampil dengan smokey eyes yang super glamour. Oleh karena itu, tampilan Natural, elegant dan Manis seperti Sweet Makeup Lebaran ini aku dapati lebih proper untuk dikenakan. All we need is just a simple look that help us looks better.

 

pink-swirly-hi

The Face2Face Makeup

Berikut adalah quick reviewku tentang produk Face2Face yang aku pakai untuk membuat tampilan Sweet Makeup Lebaran diatas:

BB Cream Face2Face – Beige

BB Cream F2F ini mempunyai formula yang ringan dan halus untuk dikenakan sebagai daily makeup. BB Cream ini especially cocok untuk teman – teman yang mempunyai kulit kering. It’s because BB Cream F2F mengandung bahan aktif whitening, UV filter dan Vitamin E.

 BB Cream Face2Face
BB Cream Face2Face

Untuk coverage, seperti BB Cream pada umumnya, BB Cream Face2Face mempunyai light coverage. Jika kalian berminat untuk build coveragenya, 3 layers adalah maksimum layernya. Karena kalau lebih dari ini, nanti makeup kalian akan terlihat cakey. So, instead of building coverage, aku lebih menyarankan kalian untuk menggunakan concealer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan BB Cream ini.

Sehubungan dengan shade, aku kurang jelas BB Cream Face2Face ini sebenarnya punya berapa shade, karena yang ada di website mereka hanya ada 2 warna saja – Beige dan Natural. Untuk pastinya, teman – teman bisa check dikonter resmi mereka.

Kalau kalian punya kulit berminyak dan ingin mencoba BB Cream ini, aku sarankan untuk menggunakan mattifying primer sebelum mengenakan BB Cream F2F ini, lalu dikunci dengan mattifying powder dan Mattifying Setting Spray biar awet dipakai seharian. Untuk touch up, jangan lupa untuk menggunakan kertas minyak terlebih dahulu sebelum menambahkan beda. Untuk detail ingredient, kalia bisa check disini.

1 pea is enough BB Cream Face2Face after blending
1 pea is enough BB Cream Face2Face after blending

 

BB Cream Face2Face after blending
BB Cream Face2Face after blending

Face2Face Silky Smooth Blush On – Pink Sweet Cheek

Perona pipi Face2Face ini mempunyai tekstur yang lembut, dan pigmentasi yang baik. Seperti temn – teman dapat lihat dari swatch dibawah, aku membuat swatch perbandingan. So, swatch paling atas itu aku poleskan 2x, dan swatch bagian bawah hanya 1 polesan saja. Disini jelas sekali terlihat kualitas pigment-nya. Selain itu,  seperti kita bisa lihat juga dari swatch dibawah, blush Face2Face ini mengandung light glitters chunks. Glitter chunk ini memberikan efek natural glow jika sudah diblend.

Untuk shades-nya, berdasarkan informasi diwebsite Face2Face, mereka mempunyai 2 pilihan warna – Pink Sweet Cheek (seperti punyaku ini) dan Orange After Glow.

Swatches Blush On Face2Face - Top 2 layers and Bottom 1 layer
Swatches Blush On Face2Face

Satu hal yang aku sayangkan, meskipun blush on ini mempunyai pigmentasi yang sangat baik, sayangnya tidak tahan lama. Entah kenapa, cepat sekali memudarnya. Seperti teman – teman bisa lihat di Video Tutorial Sweet Makeup Lebaran-ku,  ketika dipoleskan pertama kali, terlihat bagus, tapi setelah beberapa waktu, seperti teman – teman bisa lihat difoto final result-ku, blush-nya terlihat lehih tipis. Padahal aku aplikasikan dalam 2 kali. Ini bukan karena masalah lighting ya, karena untuk lighting video shot maupun photo shot, aku menggunakan pencahayaan yang sama.

Swatches Blush On Face2Face - Top 2 layers and Bottom 1 layer
Swatches Blush On Face2Face – Top 2 layers and Bottom 1 layer

Liquid Eyeliner Face2Face – Black

Liquid Eyeliner Face2Face comes in 2 shades – black and bluePunyaku disini adalah yang warna hitam. Menurutku packaging eyelinernya ini lucu dan adorable. Hal pertama yang langsung kebayang adalah pen bulu jaman kuno. Namun sayangnya, kuasnya terlalu tebal untuk membuat thin line atau precise line, dan cukup sulit untuk dikontrol. Seperti kita bisa lihat difoto berikut, aku sudah coba berkali – kali, tapi this is the best thin line yang aku bisa buat. Jika teman – teman punya bentuk mata monolid parah sepertiku, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk bisa membuat smooth thin line.

Brush Liquid Eyeliner Face2Face
Brush Liquid Eyeliner Face2Face

Selain itu, eyeliner ini juga mempunyai tekstur yang cukup kental, oleh karena itu butuh waktu yang lama untuk kering. Last but not least, I am so sorry, but I have to disagree dengan claim mereka bahwa eyeliner ini waterproof. Betul bahwa eyeliner ini tidak bergeming jika sudah kering, dan last long; aku pakai selama +/- 7-8 jam dan tidak smudge sama sekali. Namun, ketika aku coba bersihkan dengan kapas yang dibasahi dengan air biasa, eyeliner ini langsung hilang. Awalnya aku pikir apa karena kulit kelopak mataku berminyak, jadi ketika dibersihkan dengan kapas basah langsung hilang? So, aku lakukan test dengan membuat hand swatch, dan setelah kering total aku lap dengan kapas basah yang baru, dann.. ternyata…. bisa kengakat juga. In short, eyeliner ini tidak waterproof.

Liquid Eyeliner Face2Face swatches
Liquid Eyeliner Face2Face swatches

Eyeshadow Face2Face – Sweet Cocoa

To be honest, aku selalu merasa 50:50 dengan eyeshadow lokal. Meskipun 1 brand, tapi tidak semua hit, kadang ada juga yang miss. So, formula eyeshadow lokal bisa dibilang cenderung kurang konsisten. However, Eyeshadow Face2Face yang kuterima ternyata HIT IT! Aku puas sekali pas swatch eyeshadow Sweet Cocoa mereka. It turned out to be pigmented. Dalam foto swatch berikut, aku tidak menggunakan primer sama sekali.

Dari hasil pemakaianku dengan eyeprimer, eyeshadow ini tidak creasing walau sudah dipakai seharian. Kadang kan ada eyeshadow, walaupun sudah pakai primer, tetap saja creasing atau tidak tahan lama. Nah, eyeshadow Face2Face ini ternyata punya kualitas ketahanan yang baik. Selain itu juga mudah untuk diaplikasikan dan diblend baik pakai tangan maupun pakai brush. Namun, perlu dinotes, eyeshadow ini punya sedikit masalah dengan fall out jika diaplikasikan dengan kuas. So, make sure untuk ditepuk – tepuk dulu kuasnya setelah pick up the eyeshadow, supaya tidak ada serbuk – serbuk yang berjatuhan diwajah.

Face2Face Eyehsadow Palette - Sweet Cocoa
Face2Face Eyehsadow Palette – Sweet Cocoa

Last but not least,  ketiga shades dari eyeshadow Face2Face ini mengandung glitter.  So, hasilnya akan tampak sheer setelah diblend. I hope mereka consider untuk antara menambahkan 1 shade atau mengubah 1 shade dari 3 shades yang ada menjadi matte shade biar kita bisa menciptakan softer transition color.

Swatches eyeshadow F2F, Sweet Cocoa, top to bottom - gold, brown & reddish orange
Swatches eyeshadow F2F, Sweet Cocoa, top to bottom – gold, brown & reddish orange

Matte Lipstick Face2Face – Hazelnut Latte

One thing yang aku langsung notice dari Hazelnut Latte Matte Lipstick Face2Face ini adalah tekstur lipstiknya yang sangat soft dan ringan. Ketika dipoles, it feels soft and creamy. Aplikasinya sangat mudah; glides easily on the lips, dan mudah disebarkan juga dengan jari atau kuas. Karena lipstick ini sangat pigmented, jadi cukup poles sedikit saja, lalu bisa kita ratakan keseluruh bibir dengan jari. The only thing that I will comment tentang lipstick ini adalah it does not last long. Otherwise, lipstick ini bisa dibilang perfect.

Hazelnut Latte - Matte Lipstick Face2Face
Hazelnut Latte – Matte Lipstick Face2Face

For the final result, hasilnya sangat natural dibibir, tidak seperti pakai lipstick. Also, tidak jatuh di garis bibir, dan tidak membuat kulit bibir kering. Untuk shade Hazelnut Latte ini, menurutku bisa dipakai untuk warna kulit apa saja, termasuk untuk teman – teman yang memiliki kulit bibir gelap sekalipun. So, warna ini bisa dibilang Universal Shade.

Untuk pilihan warnanya, Matte Lipstick Face2Face memiliki 10 varian warna yang bisa kalian check langsung di official website Face2Face.

Swatches Matte Lipstick Face2Face - Hazelnut Latte
Swatches Matte Lipstick Face2Face – Hazelnut Latte

pink-swirly-hi

The Store and the Shop

Jika teman – teman berminat untuk mencoba produk Face2Face, kalia bisa beli produk-produknya dari Official Face2Face, dan berikut adalah list harga dari produk yang kupunya:

*Pricing is subject to change from time to time without notice

For more information about Face2Face Cosmetic, check out their Officials page listed below:

My Face2Face Makeup Collection
My Face2Face Makeup Collection

pink-swirly-hi

Last but not least, here is more Makeup Lebaran Look dari teman – teman Collabku. Kalian prefer yang mana, Soft Look-nya Team Oppor atau Bold Look-nya Team Rendang? Let me know your Vote on the comment box bellow!

 

Team Opor - Soft Makeup Lebaran
Team Opor – Soft Makeup Lebaran
Team Rendang - Bold Makeup Lebaran
Team Rendang – Bold Makeup Lebaran

 

With this, I also would like to thank Beautiesquad yang sudah bersusah payah mengaturkan Makeup Challenge ini. Buat teman – teman yang tertarik to join our Monthly Challenge, or simply, wanna be part of Beautiesquad, bisa langsung check the rules di Facebook Page Beautiesquad ya! Jangan lupa follow Instagram Beautiesquad ya to get regular Beauty Boosts!

So, that’s all my review for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Mohon maaf lahir dan batin!

hearts-line-divider-12541935

  • Lol! Apanya yang lengkap?

  • lengkap banget kak grace

  • Thank you Savitri <3

  • Hai…

    Suka sama hasil makeupnya, km selalu flawless deh suka…

    http://www.savitrihutapea.com

  • Ikr! lipstiknya bgus2 warnanya <3
    klo bs pengen koleksi smua shade <3

  • hai kak… lipstiknya bagus deh. kebetulan kemaren aku pilihnya bold, ntr aku mau beli shade hazelnut ini ah 🙂

  • thank you Ai ☺️

  • Ai

    adem banget liat looknya kak grace! aku udah nonton tutorialnya juga di youtube<3

    aidacht.com