Blossom Shine

The Doctor Oils – doTERRA Indonesia

Hi guys, hari ini aku mau membaikan tentang the doctor oils. Yes, blog post ini merupakan lanjutan dari essential oil series. Oil – oil ini disebut sebagai the doctor oils karena memiliki manfaat yang dapat membantu meningkatkan immune system kita. Karena itu, jika seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan, dan orang tersebut menggunakan oil therapy ini secara konsisten, maka ia akan mengalami healing. 

Essential Oil Bukanlah Minyak Ajaib

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang the doctor oils, aku ingin mengluruskan beberapa hal yang sangat penting terlebih dahulu. Yang pertama,  yess… sesuai dengan subtitle di atas, minyak esensial bukanlah minyak ajaib. Karena itu,

Yang kedua, Wellness advocates (WA) bukanlah dokter. Mereka hanya dapat memberikan saran penggunaan EO sesuai dengan guidance dari buku atau aplikasi EO Guide, dan juga berdasarkan pengalaman pribadi atau testimoni dari user lain. Karena itu, jika Anda memiliki masalah kesehatan yang serius, aku sangat menyarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

The Doctor Oils

Now, mari kita bahas the doctor oilsIstilah the doctor oils ini diciptakan oleh para pengguna essential oil sebagai sebutan untuk beberapa jenis EO yang memiliki manfaat kesehatan khususWell, memang istilah ini juga bisa digunakan sebagai sebutan untuk orang yang telah mendalami masalah EO. Namun, disini kita menggunakan istilah ini sebagai istilah untuk jenis EO tertentu.

Istilah ini timbul karena para pengguna ini telah merasakan manfaat “kesembuhan” dari penggunaan EO tertentu. Jadi, sifatnya sudah bukan lagi pencegahan. Memang ada banyak perdebatan (pro & con) untuk klaim yang satu ini. Namun, aku pribadi sudah merasakan efek “kesembuhan” ini.

Singkat cerita, aku sekitar 1 bulan yang lalu sempat drop kesehatanku sampai suaraku nyaris hilang. Masih bisa bicara, tetapi suaranya hampir tidak ada. Ini pertama kalinya aku seumur hidup drop sampai separah itu. Namun, puji Tuhan untuk adanya EO Oregano & Frankincense. Malam itu aku langsung minum Frankincense 2 tetes dibawah lidah. Puji Tuhan, suaraku tidak jadi hilang! Lalu aku lanjutkan dengan mengkonsumsi Oregano selama 2 hari berikutnya, dan kesehatan aku berangsur – angsur membaik. Akhirnya aku tidak jadi pergi kedokter.

So, dari pengalaman aku ini; aku mengambil kesimpulan bahwa percaya tidak percaya, EO punya efek kesehatan dan “kesembuhan”. Namun, aku ingin tegaskan sekalilagi bahwa hal ini bukan berarti kita tidak butuh dokter maupun tindakan medis ya. Semuanya harus dilihat case by case.

Berikut adalah list essential oils dengan kategori The Doctor Oils:

Sebenarnya adalagi yang bisa dikonsider sebagai the doctor oils, tetapi karena sudah dicampur  menjadi blend oil maka aku tidak masukan. Untuk doctor blend aku akan bahas dalam blog post berikutnya supaya tidak terlalu panjang.

The doctor oils consist of Tea Tree, Frankincense & Oregano

Berikut adalah alasan kenapa mereka disebuat sebagai the doctor oils:

Frankincense

Kalau Anda tahu apa itu Frankincense, maka Anda sudah tidak akan heran kenapa oil ini disebut sebagai the doctor oils. Pasalnya, Frankincense (Boswellia Carterii, Sacra, Papyrifera, & Frereana) itu adalah “King of oils”. Berikut adalah detailnya:

Botanical Family: Burseraceae (resinous trees & shrubs)

Extraction Method: Distilasi uap

Plant Part: Resin dari Boswellia carterii, sacra, papyrifera & frereana

Aromatic Descriotion: Warm, spicy & clean

Main Constituent:α-pinene, limonene, α-thujene

Kandungan properti:

Dikenal sebagai the most prized & precious essential oil, Frankincense memiliki manfaat kesehatan yang sangat penting dan luar biasa. Kalau kita baca kitab perjanjian baru di alkitab, orang – orang Babylonia & Asyur sering menggunakan Frankincense dalam upacara keagamaan; sedang orang Mesir Kuno sering menggunakan Frankincense untuk berbagai hal, mulai dari pafrum hingga salep untuk perawatan kulit.

Selain itu, Frankincense juga banyak digunakan untuk mendukung kesehatan seluler, imunitas dan nervous system ketika digunakan secara internal. Plus, secara aroma therapy, Frankincense juga dapat membantu meningkatkan fokus energi dan meningkatkan konsentrasi.

Berikut adalah list kandungan properti yang terdapat dalam Frankincense:

Kegunaan

Seperti telah kita baca dari list kandungan properti di atas, ada banyak sekali manfaat dari Frankincense. Dalam kehidupan sehari – hari, kita dapat memanfaatkan kekayaan dari Frankincense Oil dengan cara:

Cara Aplikasi

Oregano

The second doctor oils: Oregano

Oregano (Origanum Vulgare) adalah rempah – rempah yang sangat terkenal didunia masak memasak. Secara khusus, herbs yang satu ini paling sering ditemui dalam masakan Eropa seperti pasat dan lasagna. Dalam dunia kesehatan, Oregano dikenal sebagai powerful cleansing agent yang kaya akan anti-oxidants.

Botanical Family: Labiatae

Extraction Method: Distilasi uap

Plant Part: Daun

Aromatic Descriotion: Herbaceous, sharp, green, camphoraceous

Main Constituent: Carvacrol, Thymol

Kandungan properti:

Oregano adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiat essential oil paling ampuh dan manjur, dan sudah digunakan selama berabad – abad dalam pengobatan tradisional.

Berikut adalah list kandungan properti yang terdapat dalam Oregano:

Kegunaan

Seperti telah kita baca dari list kandungan properti di atas, ada banyak sekali manfaat dari Oregano. Secara khusus, komponen Carvacrol dalam Oregano (merupakan phenol yang mengandung antioxidant) didapati sangatlah tinggi. Karena itu, jika Oregano digunakan secara konsisten, akan dapat mendukung immune system kita menjadi lebih kuat dan sehat (tidak gampang sakit); selain itu, dapat juga mendukung kesehatan pernafasan dan penceranaan kita juga kalau dikonsumsi secara internal.

Dalam kehidupan sehari – hari, kita dapat memanfaatkan kekayaan dari Oregano Oil dengan cara:

Cara Aplikasi

Tea Tree

Last but not least, the doctor skin oil – tea tree

Tea Tree (Melaleuca Alternifolia) sangat terkenal karena kemampuan purifying-nya. Karena itu, properti yang satu ini banyak digunakan sebagai cleansing agent dalam skincare (The doctor skin oil), alat pembersih rumah, dan juga purifying udara.

Botanical Family: Myrtaceae

Extraction Method: Distilasi uap

Plant Part: Daun

Aromatic Descriotion: Herbaceous, green, leathery

Main Constituent: Terpinen-4-ol, γ-terpinene, α-terpinene

Kandungan properti:

Tea Tree adalah EO yang memiliki lebih dari 90 compounds yang berbeda dan cara penggunaan yang tidak terbatas. Daun Tea Tree sudah digunakan oleh orang Aboriginal Australia selama berabad – abad. Mereka biasanya mengaplikasikan dengan cara menumbuk daunnya lalu dioleskan pada kulit untuk cooling effectSelain itu, Tea Tree juga banyak digunakan karena kemampuan cleansing & purifying-nya untuk kebersihan kulit dan kuku, dan juga untuk complexion yang nampak lebih sehat. Plus, banyak juga digunakan untuk mengatasi kulit iritasi. Dan jika didifusi, Tea Tree akan membersihkan udara sehingga menjadi segar.

Berikut adalah list kandungan properti yang terdapat dalam Tea Tree:

Kegunaan

Seperti telah kita baca dari list kandungan properti di atas, ada banyak sekali manfaat dari Tea Tree. Secara khusus,  Tea Tree dikenal sebagai anti-oxidant dan tissue regenerative yang sangat baik, karena kemampuannya untuk mengremajakan dan membersihkan kulit. Karena itu, Tea Tree banyak digunakan hampir disemua skincare. Selain itu, Tea Tree juga adalah anti-bacterial agent, karena itu jika diuapkan dengan mesin difusi, Tea Tree dapat membantu membersihkan dan menyegarkan udara.

Dalam kehidupan sehari – hari, kita dapat memanfaatkan kekayaan dari Tea Tree Oil dengan cara:

Cara Aplikasi

Untuk detail mengenai bagaimana cara menjadi member doTERRA Indonesia, kalian bisa kontek aku via email / whatsapp / facebook page doTERRA Indonesia (page ini handled by me, jadi bukan official page ya!)

Untuk cerita kenapa aku memilih doTERRA, kalian bisa membacanya di postingan doTERRA Essential Oils. Dan, yuk baca juga tentang Trio Beginners Oil doTERRA!

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Exit mobile version