Tips Belanja Pintar Online Harbolnas

Harbolnas Desember is almost here! Berasa gak sih gengs, semenjak the rise of e-commerce, belanja jadi semakin gampang. Aku sendiri berasa banget. Kalau dulu aku harus siapin waktu untuk pergi belanja, sekarang aku jarang banget belanja ke toko, kecuali tokonya tidak available online. Mentok – mentok, aku pergi belanja itu untuk grocery saja; sisanya pasti cari online. Tapiiii…. sadar gak sih… akhirnya kita jadi lebih boros!? Karena itu, aku mau share sama kalian tips belanja pintar Harbolnas, biar kantong enggak jebol.

walau lagi diluar negeri, tetap bisa belanja Flash Sale to Harbolnas 12.12 iLotte

Well, kayaknya tiap bulan kita ada Harbolnas ya. Tapiii… khusus untuk bulan December, it is special! Diseluruh dunia yang namanya bulan December itu berarti bulan shopping. Pasalnya, hari Natal adalah hari libur International. Karena itu, semua orang diseluruh dunia pasti sibuk belanja untuk persiapan Natal – dekorasi rumah, persiapan untuk Christmas Dinner, dannn… yang paling penting adalah hadiah untuk orang – orang yang kita sayangi. Secara bisnis, ini adalah saatnya promosi untuk boost up sales; makanya jangan heran kalau dimana – mana, baik online maupun offline, semuanya SALE! Dan semua orang menantikan SALE.

pink-swirly-hi

Shopping Online

Nahh… seperti aku sudah sebutkan sedikit di atas, semenjak the rising of e-commerce, yang namanya SALE, sekarang pindah Online. Sekarang sudah bukan lagi jamannya antri dikasir, dengan adanya toko online, belanja jadi semakin mudah! Dannn… yang paling penting, harganya bersaing banget! Sudah nyaman belanjanya, gak perlu desak – desakan, gratis ongkos kirim, dan sering diskon lagi! Atauu.. kalau kita follow influencer tertentu, kita bahkan bisa dapat kode voucher untuk mendapat diskon dari harga normal, bahkan dalam kondisi tertentu bisa dapat ekstra diskon dari barang yang sudah di Sale, dannn… gak jarang ada promo cashback juga! Gak heran kan kalau orang – orang akhirnya pada berbondong – bondong pindah shopping online?

Contoh ya, salah satu e-commerce yang aku suka adalah iLOTTE.com. Seperti kalian bisa lihat dari foto berikut, iLOTTE adalah salah satu e-commerce yang bekerja sama secara official dengan brand – brand yang sudah tidak asing lagi buat kita semua. Sebenarnya iLOTTE bisa dibilang adalah online mall. Pasalnya, dari urusan Fashion, kecantikan, keperluan ibu dan anak, elektronik, peralatan rumah tangga, olahraga, hobi, bahan makanan, keperluan bayi, tanaman dan bunga, dst. semuanya ada disana. Plusss…. ada K-Mall juga loh!

Dan persis seperti yang aku cerita tadi, di iLOTTE pun dapat kita temukan berbagai macam promosi untuk semua kategori. Karena ini beauty blog, jadi aku akan berfokus pada beauty products ya.

walau lagi diluar negeri, tetap bisa belanja Flash Sale to Harbolnas 12.12 iLotte
walau lagi diluar negeri, tetap bisa belanja Flash Sale to Harbolnas 12.12 iLotte

Dan persis seperti yang aku cerita tadi, di iLotte pun dapat kita temukan berbagai macam promosi untuk semua kategori. Karena ini beauty blog, jadi aku akan berfokus pada beauty products ya.

pink-swirly-hi

HARBOLNAS

Untuk promosi, seperti e-commerce lainnya, di iLOTTE.com pun ada promosi berjalan yang bisa dinikmati kapan saja yang bisa kita check dari tab Promo. Disitu kita bisa cek berbagai macam promosi yang sedang berlangsung. Selain itu, promosi berjalan lainnya yang bisa kita nikmati setiap hari adalah promosi pembayaran dari rekanan bank yang bekerja sama dengan iLOTTE.

Disamping promosi berjalan dan promosi pembayaran, ada satu promosi lagi yang paling dinanti – nantikan semua umat manusia, termasuk aku, yaitu FLASH SALE & HARBOLNAS! Siapa sih yang gak suka Flash Sale & Harbolnas? Secara khusus, menjelang Harbolnas 12.12, ada banyak banget promosi Daily Flash Sale yang bikin aku mupeng.

Secara khusus, menjelang Harbolnas 12.12, ada banyak banget promosi Daily Flash Sale yang bikin aku mupeng.

Bayangin saja, BLP Beauty sampai ikut Flash Sale coba! Kapan lagi BLP Beauty diskon!?!? Jarang banget kan BLP Beauty on sale! Tapi faktanya di Flash Sale to Harbolnas iLOTTE Indonesia, BLP Beauty ikut diskon! Aku sampai dalam satu paragraf ini pake tanda seru banyak banget coba..

Selain itu, Missha Cosmetic, Mineral Botanica, Mashami Shouko, Innisfree dan masih ada banyak Brand lainnya lagi pada promo juga! Sampai bingung aku, kayaknya semua ingin dibeli.. Belum lagi bagian anak – anak, Kidz Station juga lagi promo up to 50%! Plus, dibagian pria, Batiknya, khususnya dibagian Hot Item juga lagi pada diskon besar – besaran!

Belum lagi, selama beberapa hari kedepan sesudah Harbolnas 12.12, iLOTTE masih bakalan ada banyak Diskon Post Harbolnas pula. Kayak misalnya nih.. dengar – dengar yang coming soon Sale, tanggal 15 ada Heimish, terus tanggal 17 Benton juga diskon. Puyeng gak tuh.. makanya dari pengalaman ini, aku belajar bahwa penting untuk kita punya Strategi Belanja. Kalau gak bisa sakit kanker dompetnya.

pink-swirly-hi

Tips Belanja Pintar Harbolnas

See.. banyak banget kan promosi menjelang Harbolnas ? Ini belum promosi Harbolnas loh.. baru menjelang.. kebayang gak pas Harbolnas nanti kayak gimana? Karena itu, menjelang Harbolnas, aku mau share beberapa tips untuk belanja Pintar Harbolnas.

1. Bikin List!

Tips belanja pintar Harbolnas adalah bikin list. I know.. kedengarannya klasik banget, tapi ini akan teramat sangat membantu untuk menjaga pengeluaran kita. Menurut aku, kita harus jadi Smart Buyer. Untuk menjadi Smart Buyer, kita harus punya shopping list. Namanya saja  Smart Buyer, jadi tidak sembarang belanja; belanjanya pakai strategy. Untuk atur strategi belanja, perlu yang namanya planning atau perencanaan. Dan langkah pertamanya adalah dengan membuat daftar belanja.

So, sebelum kita go online, buatlah daftar belanja terlebih dahulu. Karena ini momen natal, aku akan sarankan kalian untuk membuat daftar belanja:

  • Dekorasi apa yang sudah rusak atau out of date dan perlu untuk beli baru
  • Bikin Menu makanan yang akan disajikan untuk Christmas Dinner
  • Buatlah daftar nama orang – orang yang kalian ingin beri hadiah Natal tahun ini, dan tulis hadiah apa yang kalian ingin beri ke mereka. Coba untuk cari tahu, apa yang mereka sedang butuh.

Dengan membuat 3 daftar ini, kalian bisa atur strategi belanja dan mencari alternatif yang lebih sesuai dengan kantong kalian. Plus, kalian juga jadi terhindar dari excessive shopping.

smart buyer bikin shopping list untuk atur strategi belanja
pic by: www.mom4real.com/freebie-printable-christmas-shopping-list/

2. Cek Promosi

Kalau kalian sudah punya list yang akan dibelanjakan; langkah kedua adalah cek website dan social media dari e-commerce favorite kalian untuk promosi yang sedang ditawarkan. Ini adalah step yang sangat penting. Kalau bisa beli dengan harga yang lebih murah, kenapa harus bayar full price?

Biasanya, brands suka kasih kisi – kisi promosi selanjutnya di social media mereka. Seperti iLotte, mereka update promosi daily Flash Sale to Harbolnas 12.12 mereka di Instagram mereka. Karena itu, pastikan kalian follow Instagram mereka. Dengan cara ini, kalian jadi bisa lebih smart dalam berbelanja. Pasalnya tidak semua item yang kita ingingkan itu Sale-nya pas Harbolnas, tapi promosinya pas Flash Sale. So, rajin – rajinlah cek sosmed e-commerce favorite kalian.

3. Stick With The List!

Nah ini yang susah.. Pasalnya, yang namanya diskon itu sangatlah menggoda; apalagi pas Harbolnas, menggoda sekali itu diskon – diskon. Plus, gratis ongkir lagi! Kapan lagi… ya gak?

Well, balik ke diri kita sendiri. Hanya kita dan Tuhan saja yang tahu prioritas finansial kita. Karena itu, aku teramat sangat menyarankan untuk kalian stick with the list! Sebelum berbelanja, pertimbangkan lagi.. ingin atau butuh?

4. Nabung untuk Next Harbolnas

Point 4 ini tambahan saja sih.. Sebelum Harbolnas yang berikutnya, aku sarankan untuk kalian bikin the next Harbolnas List, dan mulailah menabung dari sekarang! Awalnya aku kira Harbolnas itu hanya setahun sekali saja, tapi ternyata Harbolnas itu diadakan beberapa kali dalam setahun. Karena itu, aku sangat menyarankan untuk kalian bikin list belanja Harbolnas supaya kalian bisa ukur, kira – kira perlu nabung berapa banyak.

Penting sekali loh untuk nabung.. kalau kalian jajan – jajan terus diluar, nanti pas Harbolnas gak bisa belanja banyak. Plus selesai Harbolnas, kalian masih punya dana cadangan untuk kebutuhan mendadak atau emergency gak? Karena itu, let’s be a Smart Buyer dengan cara buat rencana dan strategi belanja kalian dan tabung uangnya dari sekarang.

Dengan cara ini, walaupun kita tidak punya banyak uang untuk shopping, tapi kita bisa tetap menikmati Harbolnas dan mendapatkan barang – barang yang kita butuhkan atau ingingkan.

 

Read also: Elsheskin oily Treatment Series Review

pink-swirly-hi

 

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935