Terminologi Skincare A – Z [Bahasa Indonesia]

Siapa disini yang berpendapat bahwa untuk bisa merawat kulit wajah lebih maksimal, kita perlu memahami Terminologi Skincare? Saya pribadi merasa perlu banget untuk mempelajari terminologi – terminologi skincare. Kalau kita tidak paham terminologi – terminologi tersebut, gimana caranya kita tahu bahwa Skincare A lebih cocok untuk kita ketimbang skincare B?

Oleh karena itu, lewat postingan hari ini, aku mau share sama kalian beberapa A – Z Terminologi Skincare yang perlu kita ketahui

Terminologi Skincare A-Z Bahasa Indonesia
Terminologi Skincare A-Z Bahasa Indonesia

Terminologi Skincare – A

Alcohol (SD Alcohol)
Ethyl Alcohol adalah jenis alkohol yang tidak bisa diminum. Jenis ini sering ditemukan dalam produk skincare. Zat ini membantu untuk bukan hanya deliver, tetapi membantu agar zat lainnya dapat diserap dengan baik oleh inner layer kulit.

Pada Toners dan produk Acne,kandungan alkohol juga digunakan untuk membantu melarutkan minyak dan mengencangkan pori – pori temporarily.

Pada produk pelembab seperti gel-based lotion, alkohol ditambahkan untuk membuat tekstur produknya menjadi less tacky dan membantu agar produk jadi lebih cepat kering di wajah.

Algin
Ekstrak Alga, kandungan penyerap air yang memberikan efek menenangkan, biasanya ditambahkan pada produk perawatan rambut dan kulit. Sering juga digunakan dalam kandungan makeup agar produk glide smoothly ketika digunakan. Selain itu juga sering digunakan untuk menciptakan lapisan film untuk face masks dan peels.

Alguronic Acid
Campuran ekstrak Alga yang dikembangkan oleh perusahaan biotech, secara khusus untuk produk Anti-Aging. Kandungan ini

Allergens
Zat asing yang menyebabkan timbulnya / kambuhnya alergi. Contohnya: polen dari tumbuh-tumbuhan, debu, makanan, antibiotic, racun serangga, dan juga bahan – bahan seperti latex dan karet.

Allergy
Reaksi sensitivitas yang terjadi karena suatu zat. Biasanya timbul setelah terjadi kontak eksternal dengan zat atau makanan atau barang atau cuaca tertentu. Reaksi yang timbul biasanya berupa eksim yang ditandai dengan kemerahan, gatal dan bengkak pada kulit. Selain itu bisa juga terjadi reaksi seperti sesak nafas pada kasus – kasus allergy yang ekstrim.

Makeup Tutorial untuk kulit berjerawat
Click fotonya untuk Makeup Tutorial untuk kulit berjerawat

Alpha Hydroxy Acids (AHAs)
Bahan kimia ini melonggarkan cairan yang mengikat dan membuang sel – sel kulit mati di permukaan kulit. Berfungsi memperlambat proses pergantian sel alami yang mampu membuat kulit terlihat lebih mudah, sangat berguna sebagai krim anti-penuaan dini dan kandungan pembersih wajah.

Amin Acids
Blok bangunan protein yang terbentuk dari kolagen dan elastin – zat yang memberi structural support. Penuaan dan faktor eksternal (termasuk cahaya UV dan racun lingkungan) merupakan musuh yang dapat menyebabkan kurangnya kadar asam amino dalam tubuh. Cream yang mengandung amino acids dapat mengembalikan komposisi yang hilang tersebut.

Antioxidant
Antioxidant dapat ditemukan dalam berbagai macam ingredients. Zat ini berfungsi untuk mengurangi kerusakan yang terjadi pada kulit karena dampak free radical.

Argan Oil
Argan Oil adalah ekstrak Vitamin E yang dapat diserap secara cepat oleh tubuh. Karena itu, ekstrak yang satu ini menjadi favorit ingredient yang digunakan dalam dunia kecantikan. Selain itu, Argan Oil juga mempunyai kemampuan untuk melembabkan kulit tanpa menyumbat pori – pori, mengurangi tampilan garis halus pada kulit, rambut halus dan juga menguatkan kuku.

Astringent
Astringent adalah agen yang mampu untuk menyusutkan skin tissue untuk waktu yang singkat.

Terminologi Skincare – B

Benzoyl PeroxideAdalah obat jerawat yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan exfoliate pori – pori. Zat ini dapat ditemukan dalam konsentrasi hingga 10% dalam produk – produk dikonter.

Beta Hydroxy Acids (BHAs)
BHA yang oaling umum yaitu Salicylic Acid dan ditemukan dalam berbagai produk perawatan untuk kulit berjerawat. BHA adalah exfoliant kimia yang dapat menghaluskan garis – garis halus, bahkan pigmentasi.

Biotin
Biotin adalah sejumlah kecil Vitamin B. Kandungan ini dapat ditemukan ppada makanan seperti wortel, kacang almond, susu dan makanan lainnya. Selain dapat membantu tubuh mengolah gula, biotin oral penting untuk mengatur pertumbuhan rambut dan kuku. Karena itu, Biotin banyak dipakai pada produk perawatan rambut seperti shampoo dan kondisioner untuk membantu mengatasi kerusakan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.

Botanical
Botanical adalah zat atau kandungan diekstrak dari tanaman.

Botox
Botox sebenarnya adalah nama trademark untuk salah satu bentuk dari Botulinum Toxin yang digunakan pada umumnya oleh klinik – klinik kecantikan sebagai zat yang disuntikan pada wajah untuk mengatasi masalah Keriput Wajah. Zat ini bekerja dengan cara melumpuhkan (Paralyzes) otot wajah yang menyebabkan garis kerutan timbul. Oleh karena itu, Botox banyak digunakan untuk melembutkan penampakan keriput.

Butylene Glycol
Butylene Glycol adalah bentuk alkohol yang menarik air dari udara; alhasil, zat ini memungkinkan terciptanya pelembab yang lightweight. Ramuan ini sering ditemukan pada produk kecantikan seperti makeup remover, dan juga pada produk makeup tertentu yang mana membutuhkan formula yang ringan dan mudah diaplikasikan.

Biokos 20's Review

Terminologi Skincare – C

Carnitine
Disebut juga L-Carnitine, asam amino ini membantu mengubah lemak menjadi energi saat terserap secara alami oleh tubuh. Kandungan ini banyak ditemukan dalam skincare seperti krim selulit dan juga krim mata. Meskipun hanya sedikit data klinis yang mendukung keefektifan jangka panjangnya, aktivitas anti-inflamasinya dapat mengurangi kerontokan dan pembengkakan sementara.

Ceramaides
Dapat ditemukan secara alami pada sebum (minyak kulit), lemak ini mempunyai kemampuan untuk menyatukan sel-sel epidermis untuk memperkuat lapisan pelindung pada kulit.

Chamomile-Flower Extract
Chamomile-Flower Extract adalah ingredient yang populer didunia kecantikan. Secara khusus, bahan ini banyak digunakan dalam kosmetik pembersih dan krim untuk kulit sensitif. Pelembab botanical ini dikenal karena kemampuannya untuk meredakan peradangan dan melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Citric Acid
Bahan ini banyak ditemukan pada buah – buahan. Antioxidant Alpha Hydroxy Acid yang terkandung pada bahan ini berperan penting sepagai pengawet alami. Pada kulit bermanfaat untnuk mencerahkan kulit – peeling, masker dan exfoliate. Selain itu juga berguna untuk mempromosikan pembentukan kolagen baru.

Coenzyme Q10 (Uniquinone)
Coenzyme Q10, sering juga disingkat sebagai CoQ10. Kadar antioksidan ini pada kulit secara otomatis berkurang seiring bertambahnya usia, dan karena paparan sinar UV juga. Zat CoQ10 banyak digunakan dalam produk anto-aging untuk menjaga sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

Collagen
Protein ini membentuk 80% kulit, dan seratnya memberi kulit firmness dan strength. Secara natural kolagen akan mengalami kerusakan , tetapi ingredient tertentu seperti retino dan peptides (termasuk Matrixyl), dapat mengstimulasi produksi kolagen baru.

Copper Peptides
Ditemukan di banyak formula anti-aging, asam amino ini membantu untuk menyembuhkan luka, melindungi kolagen dari cedera radikal bebas, meredakan peredangan, dan membentuk kolagen baru.

Terminologi Skincare – D

Dermal Remodelling
Proses restorasi kesehatan kulit canggih yang menargetkan lapisan kulit yang lebih dalam. menggunakan kombinasi teknik perawatan kulit canggih untuk mengatasi masalah kulit seperti penuaan dini.

Dimethicone
Dimethicone adalah bentuk licin dari silikon yang berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit; sering ditemukan pada produk oil-free moisturizer.

DMAE
DMAE adalah singkatan dari dimethylamihoethanol. Zat ini diproduksi oleh otak manusia dan juga dapat ditemukan padaSardine dan ikan kecil. Meskipun hasil penelitian masih mixed, oral dan bentuk topikal mengklaim bahwa zat ini mampu melindungi selaput-kulit membrane dari radikal bebas.

Clean Makeup Look
Clean Makeup Look

Terminologi Skincare – E

Elastin
Elastin adalah struktural Protein yang memungkinkan kulit kekeadaan semula (elastis). Elastin sangat rentan untuk rusak karena sinar matahari.

Emulsifier
Adalah agen yang digunakan untuk menggabungkan dua cairan yang biasanya tidak bercampur, seperti minyak dan air.

Exfoliant
Bahan atau produk yang digunakan untuk menghilangkan atau mengelupas sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Terminologi Skincare – F

Fragrance
Senyawa (kombinasi dari dua atau lebih unsur) terbuat dari bahan kimia volatil (menguap pada suhu ruangan) yang menciptakan bau. Wewangian dan parfum biasanya terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan senyawa kimia sintetis.

Fraxel
Sebuah laser yang menciptakan luka mikroskopis pada kulit yang merangsang proses penyembuhan luka alami tubuh dan memroduksi kolagen baru.

Free Radicals
Molekul reaktif yang sangat tidak stabil, tercipta di tubuh oleh karena exposure sinar matahari, asap rokok, dan polusi yang menempel dan merusak sel yang pada akhirnya menyebabkan kulit mernjadi kasar, kendur dan mengalami penuaan dini.

Precious White Fanbo Skincare Series - recommended untuk kulit berminyak
Precious White Fanbo Skincare Series – recommended untuk kulit berminyak

Read also: Precious White Fanbo Skincare Series.

Terminologi Skincare – G

Glucosamine
Ditemukan pada seluruh tubuh manusia, antioksidan, ramuan anti-inflamasi telah lama digunakan sebagai suplemen oral untuk meredakan radang sendi. Penelitian menunjukkan bahwa aplikasi topikal dapat mengurangi hiperpigmentasi dan meningkatkan produksi asam hialuronat, menghaluskan garis – garis halus dan keriput.

Glycerin
Glycerin adalah humectant, yang artinya zat ini menarik kelembapan dari atmosfer untuk melembabkan kulit. BIasa digunakan dalam pembersih yang melembabkan. Zat ini adalah ramuan yang tidak mahal.

Glycolic Acid
Sebuah Alpha hydroxy acid yang berasal dari tebu ini melarutkan zat antara sel-sel kulit, membantu dalam pengelupasan kulit dan memperbaiki tekstur kulit. Ini umumnya digunakan dalam produk anti-aging high-end, seperti pembersih, krim dan serum.

Grape-Seed Extract
Ekstrak biji anggur memiliki tingkat antioksidan yang jauh lebih kuat daripada Vitamin E dan C. Zat ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan UV dan serangan lingkungan lainnya.

Grape-Seed Oil
Adalah Kandungan asam lemak dan kandungan antioksidan yang menghidrasi ini membuatnya menjadi bahan tambahan yang populer untuk pelembab, krim anti-aging, dan produk perawatan rambut.



Terminologi Skincare – H

Humectant
Bahan pelembab ini menarik air dari atmosfer ke kelapisan atas kulit.

Hyaluronic Acid
Sebuah molekul gula yang ditemukan secara alami di kulit, meningkatkan kadar air kulit dan mencegah kehilangan air, dapat menahan 1.000 kali beratnya dalam air, biasanya ada di krim atau serum.

Hypoallergenic
Diformulasikan untuk mengurangi kemungkinan reaksi alergi dengan menghindari bahan yang paling mungkin menyebabkan masalah ini. Tidak berarti reaksi alergi tidak memungkinkan untuk terjadi, hanya lebih sedikit saja kemungkinannya.

Terminologi Skincare – I

Inflammation
Respon alami tubuh terhadap cedera atau stimulasi abnormal oleh agen fisik, biologis atau kimia. Tanda khas peradangan meliputi nyeri, gatal, kehangatan, kemerahan dan kehilangan fungsi.

Intense Pulse Light (IPL)
Sebuah mesin yang memancarkan gelombang cahaya panjang untuk menghilangkan rambut atau menghapus jerawat, bintik – bintik gelap, keriput, spider veins dan banyak lagi. Alternatif selain laser.

Terminologi Skincare – J

Jojoba Oil
Mirip dengan struktur minyak alami kulit, mampu menembus kulit untuk hidrasi tanpa menyumbat pori – pori.

Jelly Belly Makeup by Jelly Bean
Jelly Belly Makeup by Jelly Bean

Terminologi Skincare – K

Keratin
Sebuha protein berserat yang ditemukan dalam sel – sel permukaan kulit, rambut dan kuku.

Kinetin
Senyawa hidrasi yang ditemukan di tanaman. Senyawa ini berfungsi untuk mendorong pembelahan sel, bahan anti-aging yang bermanfaat untuk mengurangi kerutan dan mengratakan tekstur dan warna kulit.

Kojic Acid
Pelembut kulit ini sangatlah populer di Jepang. Telah terbukti efektif dalam menghalangi produksi melanin baru di kulit. Namun, jika digunakan berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit.

Terminologi Skincare – L

Lactic Acid
Berasal dari susu fermentasi, asam alfa hidroksi ini berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Zat ini cukup lemput untuk orang dengan kulit sensitif atau rosacea. Karena zatini merupakan bagian dari faktor pelembab alami pada manusia, karena itu kompatible dengan kulit kita.

Licochalcone
Molekul ini diperoleh dari ekstrasi akar LicoriceLicochalcone memiliki kemampuan untuk menenangkan peradangan dan membantu mengendalikan produksi minyak di kulit. Hal ini membuatnya menjadi pengobatan yang efektif untuk jerawat dan kemerahan.

Likopen
Bila dikonsumsi langsung atau dioleskan, pigmen merah ini (yang berlimpah dalam tomat, semangka, wortel dan bahkan ayam) bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

Terminologi Skincare – M

Melanin
Adalah pigmen yang memberi warna rambut, kulit dan mata. Sepotong melanin berlebih dapat menyebabkan bintik hitam.

Menthol
Awalnya berasal dari tanaman mint, agen pendingin ini ditemukan di beberapa produk kecantikan seperti lip balm, toner dan gel mencukur. Senyawa ini juga sering digunakan untuk mengurangi nyeri ringan, sengatan binatang dan gatal.

Mexoryl SX
Zat tabir surya yang mengstabilkan ini adalah filter kimia yang sangat efektif untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang dapat menyebabkan penuaan dini, khususnya saat digunakan dengan kombinasi bahan lainnya. Awalnya hanya dijual di Eropa, namun sejak tahun 2006, Mexoryl SX sudah mendapatkan FDA Approval.

Mikrodermabrasi
Teknologi baru yang dilakukan oleh dermatologis dan ahli kecantikan untuk penghapusan sel kulit mati. Lapisan atas kulit dikelupas dengan menggunakan tongkat untuk menyemprotkan dan kemudian divakum dengan kristal alumunium oksida yang sangat halus.

MMPI.20
Bahan yang hanya digunakan pada beberapa lini perawatan kulit kelas atas. Senyawa ini klaim dapat menghambat produksi sesuatu yang disebut matrix metalloproteinase (atau “MMPs”), enzim yang meningkatkan pemecahan kolagen dan menyebabkan keruasakan pada kulit.

Maybelline Candy Wow Lip Color Balm
Maybelline Candy Wow Lip Color Balm

Terminologi Skincare – N

Niacinamide
Bentuk vitamin B3, berfungsi untuk memperkuat lapisan luar kulit, meningkatkan elastisitas, dan mengurangi kemerahan dan iritasi.

Non-komdeogenik
Sebuah produk yang memiliki kandungan untuk meminimalkan potensi jerawat.

Terminologi Skincare – O

Oinment
Krim antibiotik berbentuk setengah padat dan berminyak (tidak mengandung air) yang mudah dioleskan dan digunakan sebagai obat luar. Biasanya digunakan untuk mengobati kulit dan infeksi dan luka ringan.

Omega-3 Fatty Acids
Biasanya didapati berlimpah pada ikan herring, mackerel, salmon liar, biji kenari, biji rami, dan minyak zaitun. Asam lemak esensial ini berfungsi untuk menjaga fungsi sel membran diseluruh tubuh, menglestarikan kemampuan sel dalam menyerap nutrisi, membuang limbah dan menahan air. Pada epidermis, zat ini membantu kulit menjadi halus, lentur dan terhidrasi.

Oxybenzone
Juga dikenal sebagai benzophenone-3, tabir surya  kimia ini menyerap sinar UVB yang dikombinasikan dengan filter yang menyerap UVA (seperti avobenzone) untuk membuat produk tabir surya.

Ovale Micellar Cleansing Water

Terminologi Skincare – P

Panthenol
A B vitamin yang melembabkan dan mengokohkan baik kulit maupun rambut.

Paraben
Digunakan untuk melindungi kosmetik terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur. FDA memungkinkan penggunaanya pada tingkat yang sangat rendah (0,01 – 0,3 persen) dalam kosmetik.

Parsol
Kelas Trademark dari bahan tabir surya yang menyerap gelombang spesifik dari sinar UVB dan UVA, meminimalkan kerusakan foto pada kulit. Parsol 1789 yang paling banyak digunakan (dikenal umum sebagai avobenzone), menyerap sinar UVA. Banyak kali ditemukan dalam banyak kombinasi dengan formula lainnya sebagai kandungan yang menyaring sinar UVB.

Peptides
Fragmen protein kecil yang mempromosikan pertumbuhan kolagen dan membantu memperbaiki kulit.

Petrolatum 
Adalah bentuk produk petroleum yang telah dimurnikan. Substansi ini memiliki tekstur yang tebal, tidak berwarna dan tidak memiliki bau. Berfungsi untuk menghidrasi kulit sekaligus melapisi agar kulit tidak kehilangan cairan. Banyak digunakan dalam pelembab standar (yang tidak bebas minyak). Namun sayangnya substansi ini menyumbat pori – pori dan rawan timbul jerawat pada mereka yang memiliki kulit rawan jerawat.

Ph
Tingkat keasaman atau alkalinitas laruat atau zat. Jika pH suatu produk terlalu berbeda dengan pH kulit, maka zat tersebut dapat merusak kulit. Diperkirakan pH permukaan kulit ‘alami’ rata – rata adalah 4,7.

Phytonutrients
Disebut juga phytochemicals. Banyak ditemukan pada sayuran, kacang – kacangan, biji – bijian, dan tanaman lain yang dapat dimakan. Berfungsi untuk membantu mencegah peradangan yang merusak dan aktivias radikal bebas dari paparan sinar UV dan masalah lingkungan lainnya.

Lip Cream Purbasari

Terminologi Skincare – Q

Quenching
Sebuah proses yang terjadi ketika aksi satu senyawa dalam minyak esensial diteknakan oleh senyawa lain, sehingga membuat minyak jadi aman untuk digunakan.

Terminologi Skincare – R

Retin-A
Nama merek untuk resep vitamin A. Pertama kali disetujui oleh FDA untuk perawatan jerawat. Retin-A akhirnya didapati bermanfaat untuk melawan tanda – tanda penuaan dengan mempercepat pengeleupasan kulit, memperbaiki kulit pada tingkat molekuler, dan meningkatkan produksi kolagen baru.

Retinoid
Sebuah kata yang digunakan untuk menggambarkan semua vitamin A derivatif yang ditemukan dalam perawatan kulit.

Retinol
Turunan Vitamin A yang digunakan dalam produk anti penuaan untuk merangsang perputaran sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Jumlah maksimum yang diperbolehkan dalam produk over-the-counter adalah 1 persen. Retinyl Palmitate dan retinaldehyde adalah bentuk retinol yang lebih lemah dan kurang menimbulkan iritasi.

Lulur Alami Roro Mendut
Lulur Alami Roro Mendut

Read Also: Rahasia Cantik Roro Mendut – Lulur alami khas Jogjakarta.

Terminologi Skincare – S

Salicylic Acid
Salicylic acid adalah beta hydroxy acid yang berfungsi menghilangkan kelebihan minyak dan sel-sel mati dari permukaan kulit. Zat ini banyak digunakan dalam pembersih, pelelmbab dan perawatan untuk kulit berjerawat dalam konsentrasi 0,5 – 2 persen.

Serum
Sebuah produk perawatan kulit yang mengandung konsentrasi tinggi dari bahan aktif dan diklaim unggul dalam penetrasi permukaan kulit bila digunakan secara teratur.

Sodium Lauryl Sulfate
Agen deterjen yang dapat menembus minyak dan menghasilkan busa. Shampo bebas sulfat telah menjadi populer karena adanya kesalahpahaman bahwa zat pembusa dapat menyebabkan kanker. Namun sebenarnya tidak ada hubungan yang pernah terbentuk.

Soy
Kaya akan protein dan vitamin, ekstrak alami dan non-iritasi ini adalah pencerah kulit ringan yang menghalangi perpindahan pigmen dari sel pembuat pigmen ke sel kulit disektarnya.

Stearyl Alcohol
Lemak yang mengikatkan ramuan di dalam krim dan pembersih dan memberi mereka tekstur yang halus.

Sulfates
Bahan pembersih ini mampu menghilangkan kotoran dan minyak dan bertanggung jawab untuk menciptakan busa. Ada lebih dari 100 varietas yang berbeda – beberapa sintetis, lainnya dari sumber alami seperti kelapa atau minyak kelapa sawit. Mereka ditemukan di pembersih wajah, mencuci badan, shampo dan krim cukur. Semua jenis memiliki potensi untuk mengeringkan dan mengiritasi kulit. Mereka mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir karena potensi kerusakan lingkungan.

Surfactant/Surface Active Agent
Senyawa apa saja yang mampu mengurangi tegangan permukaan saat dilarutkan dalam larutan air, atau antara cairan dan zat padat. Dalam produk perawatn pribadi, biasanya bertindak untuk menghilangkan minyak dan kulit.

SilkyGirl Lip Color Balm
SilkyGirl Lip Color Balm

Terminologi Skincare – T

Thermage
Mesin yang digunakan oleh dokter ini menggunakan gelombang radio yang menembus ke dalam lapisan kulit terdalam untuk menghasilkan panas yang merangsang pembentukan kolagen baru.

Titanium Dioxide
Kandungan mineral pada sunscreens yang berfungsi sebagai pelindung kulit dari sinar UVA & UVB

Terminologi Skincare – U

UVA Rays
Sinar UVA merusak kulit kolagen dan elastin, yang menyebabkan tanda – tanda penuaan. Sinar ini juga meningkatkan risiko kanker kulit. Sunbeds juga memroduksi sinar berbahaya ini.

UVB Rays
Gelombang besar energi dari sinar ultraviolet yang menyebabkan pigmen gelap dalam bentuk tanning
freckles, dan age spots – plus, tentu saja sunburns. Gelombang ini didapati paling tinggi pada bulan – bulan musim panas.

Terminologi Skincare – V

Vitamin C (Ascorbic Acid)
Bentuk antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen dan menghambat pembentukan pigmen. Seperti kebanyakan antioksidan lainnya, molekul ini tidaklah stabil dan dapat pecah dengan cepat saat terkekspos dengan cahaya dan udara.  Seperti ascorbyl palmitate dan tetrahexyldecyl ascorbate, molekul ini cenderung lebih stabil daripada ascorbic acid tapi lebih lambat bekerjanya.

Vitamin E (Tokoferol)
Pelembab antioksidan ini melindungi kulit terhadap kerusakan radikal bebas.

Lip Liner Ver.88
Lip Liner Ver.88

Terminologi Skincare – W

Water
Deionized, suling atau dimurnikan, sering digunakan sebagai wahana untuk mengantarkan baha lain ke dalam kulit.

Water Washing
Metode yang digunakan oleh seseorang yang berhasil bebas dari jerawat dengan cara mencuci muka dengan air atau bahkan tidak mencuci muka sama sekali dengan air sekalipun. Landasan pemikirannya adalah kulit secara alami punya acid mantel / moisture barrier yang melindungi dari bakteri buruk, dan tidak perlu diganggu dengan segala benda asing.

Witch Hazel
Berasal dari tanaman asli Amerika Utara dan juga dapat ditemukan disebagian negara – negara Asia, ekstrak ini telah digunakan selama berabad – abad sebagai skin soothing property. Pada produk kecantikan, eksrak tanaman ini digunakan karena manfaat antioksidan dan astingent-nya yang kuat dan membantu mempercepat penyembuhan, mencegah tanda – tanda penuaan, menghentikan kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker kulit dan membasmi bakteri yang hidup di dalam pori – pori kulit.

The Wet Brush
The Wet Brush

Terminologi Skincare – X

Xerosis
Kekeringan yang berlebihan dan patologis dari kulit atau selaput lendir, dikneal juga sebagai xeroderma

Terminologi Skincare – Y

Yerba Santa Extract
Tanaman ini telah dinekal untuk menenangkan iritasi kulit ringan.

Terminologi Skincare – Z

Zinc Oxide
Sebuah mineral di tabir surya yang mencegah cahaya UVA dan UVB masuk ke dalam dan merusak kulit kita.

Merdeka Look
Merdeka Look

pink-swirly-hi

Sumber informasi

Allure

Majalah Grazia no. 05 Mei 2017

National Ecezema

Natural Living Ideas

Please jangan sungkan untuk comment below kalau – kalau ada terminologi skincare lainnya yang mungkin aku missed ya, sehingga aku bisa update postingan ini menjadi lebih updated.

Also, yuk check postingan temanku, Alfia untuk informasi lebih lanjut tentang 5 Terminologi dan Trend Makeup yang lagi ngehits.

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

 

Comments