Skincare Empties Part1: Facial Wash

Hi gengs, melalui postingan ini aku mau memulai rangkaian postingan berseri, yaitu Skincare Empties. Jadi, lewat postingan ini, aku akan membagikan pendapatku tentang produk – produk yang sudah pernah aku, termasuk rekomendasi dan ratingku mengenai produk – produk tersebut. Tentunya semuanya ini didasari oleh pengalamanku setelah menggunakan semua produk sampai habis. Semoga informasinya berguna ya gengs!

Skincare Empties part 1, Facial Wash

pink-swirly-hi

Notes: Beberapa produk mungkin akan kalian dapati baru di blog aku; namun beberapa produk yang lain mungkin sudah tidak asing lagi karena sudah pernah direview sebelumnya.

Seperti telah kusebutkan sebelumnya di atas, postingan ini adalah bagian pertama dari seri Skincare Empties. Karena itu, aku akan memposting jenis skincare lainnya yang sudah pernah kupakai habis. Namun, please keep in mind, sekalipun aku sudah pakai habis, bukan berarti aku akan membeli atau repurchase ya!

Ada beberapa alasan kenapa aku tidak beli atau repurchase sesudah habis:

  1. Produknya biasa saja, atau tidak memberikan efek seperti yang diharapkan
  2. Harganya terlampau mahal
  3. Kulitku sudah kebal dengan produk tersebut
  4. Ada produk lainnya yang harus aku pakai untuk keperluan review endorsed / sponsored.

Pada prinsipnya, aku selalu berusaha untuk memakai habis semua makeup dan skincare yang aku miliki. Kalau aku tidak yakin mau pakai lagi sesudah review, biasanya produk tersebut aku kasih ke orang, baik itu aku bagikan secara cuma – cuma kepada orang – orang dekatku, atau ada juga yang jadikan Giveaway, dan ada juga yang aku jual preloved di Shopee aku.

pink-swirly-hi

Skincare Empties Part 1: Facial Wash

Now, untuk seri pertama ini aku mulai dengan produk Facial Wash. Aku memilih facial wash sebagai kategori pertama yang aku ulas, simply karena pembersih wajah adalah produk pertama yang kita gunakan dalam urutan daily skincare routine.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetpahil Gentle Skin Cleanser adalah salah satu produk skincare pertama yang aku gunakan. Aku pertama kali pakai pembersih yang satu ini sewaktu aku duduk dibangku SMP. Waktu itu, kulitku dari wajah sampai badan bermasalah. Sebenarnya wajar sih, karena saat itu kan aku sedang melewati masa pancaroba. Jadi baik wajah maupun badan aku, penuh dengan jerawat.

Pada masa itu, Cetaphil belum masuk di Indonesia. Tahu tentang Cetaphil pun dari rekan bunda-ku, dokter kulit di Singapore. Jadi, setiap kali ada yang ke Singapore, pasti bunda titip beli. Pasalnya, memang terbukti ampuh mengatasi masalah kulit kusam dan berjerawatku. Memang tidak sampai hilang total, tapi setidaknya, kondisinya jadi jauh lebih baik. Yang tadinya wajah dan punggungku banjir jerawat, saat itu berkurang drastis, dan kulitku juga jadi tampak lebih sehat dan cerah.

Beberapa hal yang aku suka dari Cetaphil:

  • Formulanya gentle dikulit
  • Tidak banyak busa
  • Non-Fragrance
  • Hypoallergenic
  • Teruji secara dermatologi
  • Dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH pada kulit
  • Teruji secara Dermatologi, dan memang dapat digunakan oleh kulit bermasalah dan sensitive, even baby juga bisa pakai.

Net: 60ml, 125ml, 200ml, 500ml, 1000ml

Rating: 4.5/5

Repurchase: opsi no 1 kalau kulit lagi bermasalah, jadi aku masih pakai, tapi dalam kondisi tertentu saja

Harga: IDR 59,000 – IDR 419,000.-/*

Skincare Empties pertama ada Cetaphil

Nivea Makeup Clear

Skincare empties berikutnya adalah Nivea Makeup Clear. Ini adalah produk go-to aku. Jadi sejak pertama keluar, sampai sekarang, aku masih terus pakai pembersih wajah yang satu ini. Jangan tanya aku sudah beli produk ini berapa kali. Yang pasti, aku selalu beli pembersih wajah Nivea ini setiap belanja bulanan.

Yang aku suka dari Facial Wash Nivea ini adalah nyaman untuk dipakai sehari – hari, harga terjangkau, mudah didapatkan dimana saja, dan efektif membersihkan kotoran pada wajah. Dan sejauh ini, kulitku tidak pernah ada masalah sama sabun wajah ini.

Please keep in mind, walaupun namanya Makeup Clear, tapi sabun wajah ini tidak dapat digunakan untuk membersihkan Full Coverage / Heavy & Waterproof Makeup ya! Aku sudah sering bahas masalah ini berulang -ulang dalam berbagai kesempatan, tapi aku akan ingatkan sekalilagi bahwa penting untuk melakukan double bahkan triple cleansing kalau perlu, secara khusus ketika kita menggunakan Full Coverage Heavy & Waterproof Makeup. Pasalnya, tidak semua makeup dapat diangkat bersih dalam 1x proses pembersihan. Mau cuci wajah 3-4x sekalipun, dijamin pasti masih ada residue. Nivea Makeup Clear ini hanya efektif membersihkan light daily makeup saja (Hanya pakai bedak compact, non waterproof mascara, light eyeshadow, light blush on, dan pensil alis).

Dari segi formula, 2in1 foam ini menghasilkan lumayan banyak busa; karena itu, tidak perlu pakai produknya terlalu banyak. Sedikit saja, about a dime size, sudah cukup. Sejauh ini, yang aku rasakan setelah membersihkan wajah dengan pembersih ini, wajah jadi terasa sedikit keset setelah dibilas,tapi tidak sampai terasa kencang tertarik.

Produk ini ada 2 jenis:

  • Makeup Clear 2in1 White Foam
  • Makeup Clear 2in1 White Scrub

Net: 100ml

Repurchase: Yes! Karena harganya terjangkau, efektif membersihkan wajah, dan friendly dikulit

Harga: IDR 33,900.-

Skincare empties kedua, Nivea White Oil Control Makeup Clear

Neutrogena Deep Clean

Pada posisi ketiga, skincare empties berikutnya adalah Neutrogena Deep Clean Facial Foam. Ini adalah produk deep cleansing kedua yang pernah aku coba setelah deep cleansing foam Elsheskin. Menurut klaim pada kemasan, produk ini sudah teruji secara dermatologis untuk membersihkan sampai kedalam pori – pori secara efektif. Disaat yang bersamaan, produk ini juga diklaim mampu untuk menjaga agar kandungan moisture pada kulit tetap seimbang ketika dibersihkan; hal ini dikarenakan deep cleanser Neutrogena ini diformulasikan dengan kandungan Glycerin dan Beeswax. Kedua kandungan ini dikenal karena kemampuanya untuk menjaga tingkat kelembapan pada kulit.

Dari pengalaman aku pribadi, aku mendapati pembersih wajah Neutrogena ini memang efektif dalam hal deep cleansing. Karena itu, aku paling senang membersihkan wajahku dengan pembersih ini kalau hari tersebut aku menggunakan heavy makeup. Pasalnya, sudah terbukti efektif membersihkan sampai kedalam pori – pori. Asyiknya lagi, deep cleanser Neutrogena ini ternyata tidak membuat wajah jadi terasa keset ataupun ketarik! Padahal pembersih ini lumayan foamy loh! Biasa produk yang banyak foam-nya kan cenderung over cleansing dan membuat kulit jadi terasa keset. Malah wajah aku terasa kenyal dan lembut.

Hanya ada 1 hal saja yang aku sayangkan. Merek ini belum masuk secara resmi di Indonesia. Padahal setahu aku banyak orang yang suka dengan produk mereka. So, aku sarankan untuk kalian beli melalui Jastip kalau tertarik untuk mencobanya.

Notes: Mohon perhatikan sebelum membeli. Pasalnya Neutrogena punya kemasan yang berbeda – beda disetiap negara. Plus, setiap negara juga beda – beda produknya. Untuk deep cleanser yang aku ulas ini, hanya ada di Bangkok & India.

Net: 100g

Repurchase: Maybe, karena tidak available di Indonesia, dan aku anaknya paling malas ikutan Jastip.

Harga: +/- 100,000.-

skincare empties ketiga, Neutrogena Deep Clean Foaming Cleanser

Elsheskin Oily Cleansing Wash

Next, skincare empties keempat ada Elsheskin Oily Cleansing Wash. Produk ini adalah salah satu produk dari rangkaian Oily Skin Treatment series brand Elsheskin. Buat teman – teman yang masih asing dengan Elsheskin, mereka adalah merek skincare lokal. Brand ini mulai terdengar namanya semenjak Agustus tahun lalu. Secara khusus, merek ini dikenal mainly karena produk Serumnya. Pasalnya, mereka bukan hanya mengeluarkan 1 atau 2 serum saja, melainkan 5 jenis serum, disesuaikan dengan kebutuhan kulit kita. Aku pribadi sudah pernah, dan masih menggunakan mereka punya Sebum Serum. Malah bisa dibilang, Sebum Serum adalah serum favorit aku. Karena memang seefektif itu.

Now, back to their Oily Cleansing Wash, produk ini diciptakan secara khusus untuk menjadi pembersih wajah kulit berminyak. Dari hasil pemakaianku, kudapati cleansing wash Elsheskin ini memiliki tekstur yang mirip seperti gel. Namun, ketika sudah dibasahi dengan air, cleanser ini akan berubah menjadi busa – busa kecil. Untuk hasil akhir, aku mendapati Oily Cleanser Wash ElshéSkin ini membersihkan dengan efektif kotoran dan minyak berlebih diwajahku, tapi gak bikin wajah jadi terasa keset walaupun terasa matte.

Net: 100ml

Rekomendasi: Yes! Aku rekomendasiin banget sabun wajah ini buat kalian yang mencari sabun pembersih wajah untuk kulit berminyak dengan harga terjangkau.

Harga: IDR 60,000.-*

skincare empties blossomshine, elsheskin oily cleansed wash

Elsheskin Deep Cleansing Wash

Masih dari Elsheskin juga, skincare empties kelima yang aku mau bahas ada Elsheskin Deep Cleansing Wash. Ini sebenarnya adalah produk deep cleansing pertama yang aku pernah pakai. Gara – gara pembersih ini jugalah aku jadi jatuh cinta pada deep cleansing product. Singkat cerita, aku jatuh cinta pada kemampuannya untuk melting semua kotoran dan sisa makeup pada wajah sampai kedalam pori – pori. Malah kalau aku lagi tidak pakai makeup terlalu tebal, aku langsung bersihkan dengan Deep Cleansing Wash Elsheskin ini tanpa menggunakan makeup remover terlebih dahulu.

Untuk lebih lengkapnya, aku juga sudah pernah mengreview produk ini pada postingan sebelumnya, termasuk ingredient list-nya juga aku cantumkan semua disana: Review Deep Cleansing Oily ElshéSkin

Net: 100ml

Rekomendasi: Sangat aku rekomendasikan! Namun perhatikan saat membeli ya, varian yang gunakan disini adalah untuk kulit berminyak.

Harga: IDR 90,000.-*

Elsheskin Deep Cleansing Wash adalah produk skincare empties kelima yang aku telah habiskan

Fresh Soy Face Cleanser

Now, last but not least, my last skincare empties adalah Fresh Soy Face Cleanser. Aku sebenarnya suka sekali dengan sabun wajah ini. Walaupun foam free, tapi sabun ini efektif sekali buat membersihkan kotoran pada wajah. Disamping itu, Soy formulanya ini lembut sekali dikulit. So, kalau kalian punya kulit sensitif, boleh banget mencoba Soy Cleanser Fresh ini.

Hasil pemakaiannya, aku puas sekali dengan pembersih ini. Kulitku tidak keset sama sekali, malah terasa kenyal dan lembut. Selain itu, wajahku juga jadi lebih cerah alami, karena benar – benar seefektif itu pembersih wajah ini bekerja. Namun, ada 2 hal yang aku sayangkan: 1) belum masuk di Indonesia, dan 2) harganya sangat tidak bersahabat dikantong. Karena itu, aku masih belum repurchase lagi, harus nabung dulu.

Net:  50ml, 150ml & 200ml

Rekomendasi: Sangat recommended untuk kulit bermasalah atau kulit sensitif

Harga: 50ml – C$20, 150ml – C$49, 200ml – C$55*

skincare empties terakhir adalah Fresh Soy Face Clenaser

Notes

Harga di atas dapat berubah sewaktu – waktu tanpa notifikasi.*

pink-swirly-hi

 

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

my current daily makeup

hearts-line-divider-12541935