Pentingnya Memiliki Daily Skincare Routine

Mayoritas wanita, pasti punya Daily Skincare Routine masing – masing. Dalam postingan kali ini, aku mau share my daily skincare routine. Jadi, aku akan share both, day and night skincare routine. Selain step – stepnya apa saja, aku juga akan menjelaskan prosesnya dan juga rekomendasi produk yang memang aku pakai.

Rutinitas Daily Skincare Routine

Please notes, produk rekomendasi aku akan share sesuai dengan jenis kulitku, yaitu kulit berminyak. So, kalau teman – teman punya jenis kulit yang berbeda, mohon untuk diperhatikan ya. Hal ini penting agar teman – teman jangan sampai salah menggunakan produk. Terima kasih dan selamat membaca! <3

pink-swirly-hi

My Daily Skincare Routine

Sebelum aku menceritakan proses daily skincare routine, yuk kitq diskusi dulu. Apa itu Daily Skincare Routine? Kenapa hal ini penting untuk dilakukan?

Daily Skincare Routine adalah proses perawatan sehari – hari yang penting untuk dilakukan. Proses perawatan ini penting karena seperti tubuh kita butuh makanan sebagai sumber energi dan kesehatan, begitu juga dengan kulit kita. Lewat Skincare Routine inilah kulit kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar kulit kita bisa melakukan proses regenerasi, berada dalam kondisi yang sehat dan prima, dan juga cerah. Tanpa skincare routine, ibarat kata tubuh kita suruh puasa, pasti akan menjadi kusam, kering dan mengalami masalah atau berada dalam kondisi yang kurang baik.

Proses Skincare Routine

Proses perawatan ini harus dilakukan sehari – hari. Namanya saja sudah Daily Skincare Routine. Karena itu harus dilakukan sehari – hari. Otherwise, namanya berubah menjadi weekly atau monthly skincare routine, atau yaa.. sesuai dengan seberapa sering kita melakukan perawatan kulit ini.

Routine ini dibagi menjadi 2 tahap – Day Skincare Routine atau Perawatan dipagi hari, dan Night Skincare Routine atau perawatan dimalam hari. Berikut adalah Steps dan Produk Rekomendasinya:

Day Skincare Routine

Untuk Day skincare Routine, berikut adalah proses atau tahapan yang biasa dilakukan dari aku bangun tidur:

1. Minum segelas air sejuk

Tahap ini sering sekali dianggap remeh. Namun, step ini sebenarnya sangatlah penting. Ketika kita tidur sepanjang malam, tubuh kita mengalami dehidrasi. Pasalnya, walaupun kita sedang beristirahat tidur, tetapi sel – sel dan organ – organ tubuh kita tetaplah bekerja – proses detox. Karena itu, ketika kita bangun tidur, kita merasa haus. Dengan kita meminum segelas air, kita sedang membantu pencernaan sistem kita dari sejumlah gangguan tubuh sehingga dapat menyerap nutrisi ketika sarapan dengan baik. Kalau tubuh kita kurang nutrisi dan vitamin, pasti kulit kita juga akan menjadi kusam dan nampak tidak sehat. Plus, dengan meminum cukup air, kita dapat mencegah berbagai macam penyakit loh!

Pic Cred: Pinterest
Pic Cred: Pinterest

2.Mandi dan Mencuci Wajah hingga bersih

Ketika mandi, aku bukan hanya sekedar menyiram badan dengan air saja, tetapi juga menggunakan sabun mandi khusus untuk badan. Untuk sabun yang aku gunakan saat ini adalah Biore Anti-septic yang berwarna merah. Aku dan keluargaku sudah lama menggunakan sabun Biore yang jenis ini. Kita secara khusus pilih yang anti-septic karena alasan kesehatan. Selain itu, jenis yang ini lebih less fragrant. Simply, kita percaya sabun itu tidak butuh parfum. Untuk pewangi, kita akan menggunakan proper perfume yang memang diciptakan untuk membuat badan kita menjadi harum.

Pic cred: Google imageUntuk sabun wajah atau facial wash, dipagi hari aku menggunakan Cetaphil. Aku memang sudah menggunakan sabun Cetaphil ini sejak masih duduk dibangku SMP. So, it went back to long time ago before Cetaphil masuk di Indonesia. Orang tuaku dulu suka titip ke teman atau saudara yang lagi pergi ke Singapore untuk bawain pulang. Pertama kali pakai dan tahu merek ini karena direkomendasikan oleh Dokter Kulit di Singapore. Waktu itu, kulit wajahku penuh dengan taburan bintang berwarna merah dan putih. Parah banget deh.. Akhirnya, setelah aku perawatan rutin dengan menggunakan Cetaphil Cleaners ini, wajah dan badanku sembuh juga.

Image result for cetaphil
Pic Cred: Google Image

3.Menggunakan Toner

Ini adalah step yang seringkali diskip oleh banyak orang – baik morning skincare routine, maupun night skincare routine. Penyebabnya adalah karena banyak yang berpikir kalau toner itu tidaklah penting. Padahal, penting sekali untuk menggunakan Toner. Toner bermanfaat sebagai penyegar kulit, untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi normal kembali (retune the skin), dan juga bermanfaat untuk membersihkan residue yang tidak terangkat ketika mencuci wajah.

Untuk produk, salah satu toner favoritku adalah Face Toner Fanbo Precious White. Aku suka karena mengandung kandungan aktif yang dapat membantu mengecilkan pori – pori dan membuat kulit terasa lebih segar dan kencang. Untuk lengkapnya, bisa baca reviewnya di postingan Fanbo Precious White Series ya.

Toner Fanbo
Toner Fanbo

4.Mengaplikasikan Moisturizer

Step Daily Skincare Routine yang satu ini pasti sudah pada tahu dan biasa lakukan-lah ya. Tapi aku akan menghighlight ulang, kepada teman – teman semua untuk pakai pelembab setiap pagi. Entah kalian diam dirumah atau pergi kuliah atau pergi bekerja. Step ini tidak boleh diabaikan. Pasalnya kulit kita rentan menjadi kering dan rusak. Kulit menghasilkan minyak berlebih karena kulit kita memberi signal pada otak bahwa kondisinya kering. Sebaliknya, kalau kondisinya lembab, maka produksi minyakpun akan berkurang. That’s why, sekalipun kalian punya kulit berminyak sepertiku, tetap harus menggunakan pelembab.

Sejak aku pakai Clinelle Hydracalm Lotion, aku setiap pagi hanya menggunakan skincare ini saja. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk ini, kalian bisa baca reviewnya dipostingan Clinelle Hydracalm Lotion Review-ku ya.

Clinelle Pureswiss Hydracalm Lotion

pink-swirly-hi

Daily Night Routine

Untuk step dan proses Daily Night Routine sebenarnya mayoritas sama. Karena itu, aku hanya akan memberikan step – step yang biasa aku lakukan dan produk rekomendasinya saja.

1. Membersihkan wajah dengan metode double cleansing

Sepulang bekerja atau kuliah, tentunya wajah kita kotor – kena debu, polusi, produk makeup, dsb. Karena itu penting untuk membersihkan dengan mengaplikasikan double cleansing method. Metode ini bermanfaat untuk memastikan wajah bersih total.

Pic Cred: Theindonesianskin
Pic Cred: Theindonesianskin

Seperti infographic diatas sudah jelaskan prosesnya, pada step pertama, aku menggunakan Ovale Micellar Cleansing Water untuk membersihkan makeup dan kotoran – kotoran yang menempel pada wajahku. Aku suka micellar water ini karena tidak perih dimata dan sangat efektif dalam mengangkat kotoran dan makeup diwajahku. Untuk review lengakpanya, kalian bisa baca di postingan Ovale Micellar Cleansing Water Review-ku.

Ovale Beauty Micellar Water

Lalu pada step kedua, aku mencuci wajah dengan menggunakan Nivea Makeup Clear 2in1 Foam. Aku lebih suka yang mud foam, karena versi yang ini tidak sampai membuat wajah keset. Untuk review lengkapnya kalian bisa baca dari postingan Top 3 Drugstore Facial Foam For OIly Skin-ku

Nivea Makeup Clear 2in1 Foam

2. Menggunakan Toner untuk retuning kulit wajahku

Untuk produk yang digunakan, aku menggunakan Biokos 20s Purifying Astringet. Produk ini secara khusus aku rekomendasikan buat kalian yang berusia minimal 20 tahun. Selain membantu mengontrol produksi minyak, membantu mengecilkan pori – pori, terasa ringan, lembut, tidak lengket dan menyegarkan dikulit. Apalagi kalau pulang kerja, berasa sekali segarnya, like my skin feels alive lagi. Yuk baca lengkapnya di postinganku tentang 7 cara merawat kulit berminyak.

Biokos 20s Astringent

3. Gunakan Night Cream

Again, aku gak akan bosan – bosan untuk ingetin kalian untuk menggunakan pelembab, dan secara khusus pada step ini adalah night cream. Kenapa Night Cream, karena formulanya berbeda. Pada krim malam, konsentrasi formulanya lebih tinggi. Pasalnya, produk tersebut kudu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit kita sampai pagi hari (kurang lebih 6-8 jam) tanpa di touch up.

Produk yang kupakai untuk Night Skincare Routine, terkadang aku pakai masker wajah setelah memakai Clinelle Pureswiss Hydracalm Lotion. Untuk jenisnya, aku pakai silih berganti, tergantung kondisi kulit wajahku saat itu. Tapi untuk merek, so far aku suka dengan Celebon

Masker Celebon
Pic Cred: Google Image

Otherwise, aku pasti menggunakan Aloe Vera Gel The Saem. Aku sukanya karena skincare ini ringan dan cepat menyerap dikulit. Selain itu, menyebar banget, jadi gak boros pakenya. 1 tub bisa dipake 2-3 bulan.

Pic Cred: Google Image

4. Last but not least, menggunakan Body Serum

Selain kulit wajah, dalam Daily Skincare Routine, kulit badan pun harus diperhatikan. Thanks for whoever created body serum, sejak ketemu Nivea Body Serum, aku jadi makin rajin perawatan badan juga. Pasalnya, body serum itu lebih cepat menyerap dibanding jenis body care lainnya. Untuk review lengkapnya stay tune ya!

Nivea Body Serum

pink-swirly-hi

Weekly Skincare Routine

Ok, ini benar – benar yang terakhir, Exfoliation. Step yang satu ini aku tidak masukan sebagai Daily Skincare Routine, karena tidak aku lakukan setiap hari. Pasalnya kalau dikerjakan setiap hari, justru malah membuat kulit kita menjadi rusak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai bahayanya over exfoliation, kalian bisa baca dari postinganku mengenai exfoliasi.

Untuk produk wajah, aku akhirnya menemukan yang sangat pas dihati dan diwajah, yaitu Kohvee Story Kopi Tubruk Face Scrub.

Kohvee Story Kopi Tubruk Face Scrub

Untuk badan, sama – sama kopi (Yess.. segitu sukanya aku sama scrub kopi!), tapi beda brand (tapi sama – sama merek lokal Indonesia loh!) dan beda jenis juga. Karena yang Kohvee Story punya memang khusus untuk wajah, dan yang berikut, Roro Mendut Coffee Scrub ini memang khusus untuk badan saja.

Scrub Roro Mendut

pink-swirly-hi

Collaboration Partner

Yess.. ini adalah Blog Post Collab. Dan Collaboration ini diselengarakan oleh Komunitas Beauty Blogger & Vlogger Indonesia. Karena ini kolaborasi, tentu ada partnernya donkk… yuk cek juga postingan Daily Skincare Routine dari Olaole. Siapa tahu ada yang jenis kulitnya sama dengan kalian, jadi bisa dicoba produk rekomendasinya. Atau mungkin sekedar iseng – iseng baca juga boleh kok. Coz banyak membaca banyak sekali manfaatnya!

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935