Ngopi Cantik 3: Beautiesquad Komunitas Beauty Blogger Indonesia

Hi semuanya, masih dalam rangka perayaan 1st Anniversary Beautiesquad, kali ini aku mau share sama kalian tentang Beautiesquad Komunitas Beauty Blogger Indonesia. Aku yakin, banyak dari kalian yang penasaran dan bertanya – tanya: apa itu Beautiesquad? Siapa foundernya? Kapan berdirinya? Dan seterusnya.

So, let me share with you sejarah Beautiesquad yang dishare langsung oleh Chief mereka dalam acara Ngopi Cantik 3 Beautiesquad yang diadakan beberapa waktu yang lalu.

Beautiesquad Komunitas Beauty Blogger Indonesia

Beautiesquad adalah komunitas Beauty Blogger Indonesia. Komunitas ini terbentuk tepat 1 tahun yang lalu, yaitu pada tanggal 23 November 2016. Diawali oleh beberapa orang beauty blogger yang adalah founders Beautiesquad – Virly (founder utama), Nisa dan Liana; komunitas beauty blogger indonesia ini dibentuk dengan kerinduan untuk menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama.

Pada masa awal terbentuknya, BS (singkatan Beautiesquad) menerima semua orang. Baik yang punya blog maupun yang tidak punya blog, yang hanya sekedar mau chat saja, yang mencari teman, dst., semuanya diterima. Namun, pada awal 2017, BS membentuk kepengurusan dan memutuskan bahwa semua member harus memiliki blog. Hal ini diwajibkan agar sesuai dengan visi dan misi Beautiesquad.

Founder Beautiesquad Komunitas Beauty Blogger Indonesia
Founder Beautiesquad Komunitas Beauty Blogger Indonesia

Visi 

  1. Menjadi pionir Beauty Micro Influencer berkualitas di Indonesia
  2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Misi

  1. Menemukan talent – talent baru dan mengarahkan mereka untuk menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan.
  2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
  3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collaboration yang rutin digelar setiap bulan.
  4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiast ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website Beautiesquad (coming soon)

 

Beautisquad Officers

Seperti telah aku ceritakan diatas, komite kepengurusan BS pertama kali dibentuk pada awal tahun 2017 ini. Namun, pada pertengahan tahun 2017 ini kepengurusan BS melakukan reshuffle kepengurusan. Setelah melakukan musyawarah antara pengurus dengan member inti Beautiesquad, disepakatilah untuk pergantian nama dari Pengurus Beautiesquad menjadi Beautiesquad Officers. Kenapa diganti? Karena tujuan namanya adalah melaksanakan, bukan mengurus. Jadi para officers ini bertugas untuk melakasanakan tugas sesuai visi dan misi BS kedepannya, bukan mengurus tugas.

Berikut adalah struktur terbaru Beautiesquad:

  • Founder: Virly KA (Main Founder), Annisa Pertiwi dan Liana Eka.
  • Chief Officer: Vina Eska
  • Community Relation: Lia Melqha (supervisor), Ariani Rosidi dan Rahma Brilianita
  • Sekretaris & SEO Analysis: Fuji Astyani
  • Social Media Squad: Rani Lukman (supervisor), Devi Purwati, Khrairunnisa dan Savitri Hutapea
  • Photo Editor Squad: Raydita (supervisor), Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti

Program Beautiesquad

Seperti komunitas blogger Indonesia lainnya yang ada diluar sana, Beautiesquad pun memiliki agenda kerja. Agenda utama Beautiesquad ada 2, yaitu untuk mengakomodir setiap member untuk bisa berkembang bersama – sama, dan untuk mengakomodir kebutuhan brand. Oleh karena itu, setiap program kegiatan yang ada di Beautiesquad mempunyai member dan brand oriented.

Secara khusus, lewat kegiatan – kegiatan yang sudah diagendakan, BS berharap untuk bisa mengarahkan member facebook group agar bisa mengikuti standar blogger umum dan standar blogger BS, agar suatu hari bisa masuk sebagai member WA inti.

Berikut adalah Program BS yang sudah berjalan:

 

Ngopi Cantik

Ngopi Cantik adalah sarana untuk para member BS belajar ilmu atau skills baru (bila baru), atau mempertajam ilmu atau skills yang telah dimiliki (untuk yang sudah veteran).

Acara ini diadakan per-2 bulan sekali secara online lewat Group Whatsapp. Kenapa di group WA? Pertama, group WA lebih private. Kedua, lebih mudah untuk para peserta mengreview ulang ilmu yang telah dipelajari – bisa baca ulang dan media (gambar atau video) bisa disave. Last but not least, sarana ini adalah yang paling interactive; jadi, para member bisa bertanya jawab tanpa interupsi kecuali mereka habis kuota atau provider tiba – tiba down secara nasional.

Contoh topik acara Ngopi Cantik yang telah dibuat: Photography Flatlay, SEO with SEO Analyse – Mba Shintaries, dan Beautiesquad, which is postingan ini.

Ngopi Cantik 2 Beautiesquad - Belajar SEO Blog dengan Mba Shintaries. Click on the pictures to find out the tips!
Ngopi Cantik 2 Beautiesquad – Belajar SEO Blog dengan Mba Shintaries. Click on the pictures to find out the tips!

Makeup Collaboration

Makeup Collaboration adalah program bulanan BS. Lewat program ini, para member ditantang untuk upgrade skill makeup mereka. Well, namanya saja Komunitas Beauty Blogger Indonesia. So, sudah sewajarnya kita bisa expect untuk para member minimal punya skill makeup sehari – hari. Namun, sesuai visi misi BS, para member diharapkan untuk terus upgrade diri. Karena itu, para Officers sudah mengatur tema bulanan yang berbeda – beda.

Selain skill makeup, lewat makeup collaboration ini para member juga diasah kemampuan menulisnya. Jadi, setiap member diwajibkan untuk menulis tentang look yang dibuat – kenapa memilih tampilan tersebut, tingkat kesulitan, kendala yang dihadapi, dst.. Selain itu, para member juga bisa memberikan detail list produk yang digunakan, sehingga isi post jadi lebih informatif untuk pembaca.

Ini adalah hasil Makeup Collaboration Special Edition - Birthday Makeup, pasalnya bertepatan dengan 1st Anniversary Beautiesquad. Click on the picture for details.

 

Sponsored Review

Aku yakin, subtitle yang satu ini adalah yang paling diminati. Pasalnya, siapa sih yang tidak mau mendapatkan Sponsored Review?

Program yang satu ini adalah Limited Program. Jadi, tidak terbuka untuk semua member. Hal ini dikarenakan BS mempunyai standard umum dan standard khusus yang harus dipenuhi untuk menjadi blogger terpilih. Yup, you got it right. Hanya blogger yang dipilih oleh Officers saja yang bisa ikut.

Beautiesquad memiliki kriteria yang cukup ketat untuk bisa mendapatkan kerjasama Sponsored. Hal ini bukan hanya demi menjaga nama baik BS saja, tetapi juga karena BS ingin memastikan bahwa bloggers tersebut mempunyai kapasitas yang dibutuhkan dan sanggup untuk memenuhi kebutuhan Brand. Oleh karena itu, hanya blogger terpilih saja yang namanya akan diajukan kepada Brand.

So, kalau kalian ingin bisa jadi blogger terpilih, pastikan kalian terus upgrade diri dan aktif dikomunitas BS.

Odessa Cosmetic adalah salah satu Makeup Brand yang pernah kerjasama dengan BS. Click on the picture for the review!
Odessa Cosmetic adalah salah satu Makeup Brand yang pernah kerjasama dengan BS. Click on the picture for the review!

Insta Stories BS

Insta Stories BS adalah program terbaru yang baru saja diaktifkan. Singkatnya, BS akan memaksimalkan stories di Instagram sebagai Ngopi Cantik versi mini setiap minggunya. Topik yang akan dibahas dalam stories tentunya tidak jauh dari dunia beauty dan blog. You can call it Instagram Take Over.

 

Beautiesquad Membership

Nah, gimana caranya bisa begarbung dalam Komunitas Beautiesquad? Mungkin beberapa dari kalian sudah tahu, jadi Beautiesquad mempunyai 2 member platform: Whatsapp (Closed Group) dan Facebook Group (Open Group).

Jadi, untuk teman – teman yang ingin bergabung, asalkan kalian punya Blog, kalian bisa pertama – tama bergabung dalam FB Group BS terlebih dahulu. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan untuk bisa masuk dalam Group Inti WA BS, seperti dijelaskan diatas, ada kriteria yang perlu dipenuhi terlebih dahulu.

Melalui wadah page ini, para officers akan memonitor member mana saja yang aktif berpartisipasi. Seperti misalnya, rajin menulis dan mengshare blog post-nya, dan turut serta dalam kegiatan – kegiatan yang diadakan oleh BS setiap bulannya.

Harus diakui dalam Facebook Group BS, banyak member yang memiliki tulisan yang bagus dan potensi yang besar. Ada juga bahkan yang lebih terkenal dari member group inti. Namun, itu saja tidak cukup. Satu hal kita tidak boleh lupa adalah bahwa Beautiesquad adalah sebuah komunitas. Karena itu, penting untuk member yang bergabung untuk turut memberikan kontribusi ke komunitas dimana ia bergabung. Karena itu, Officers Beautiesquad hanya memberikan penawaran kepada member yang aktif, bukan yang hits.

Just a few of FB Group Family 🙂

Kapan bisa bergabung di Group WA?

So far, baru 2 orang dari FB Group yang telah berhasil lolos masuk group inti. Mereka yang berhasil masuk group inti adalah orang – orang yang sudah terbiasa menulis sesuai SEO. Selain itu, template mereka juga nyaman dilihat, dan mempunyai disiplin yang baik. 3 hal ini merupakan hal utama di BS.

Glimpse of Keluarga Member Inti WA BS
Glimpse of Keluarga Member Inti WA BS

Untuk membantu, berikut adalah list kriteria yang diset oleh Officer BS, semoga bisa membantu kalian to be a better blogger:

Punya Blog

Karena Beautiesquad adalah komunitas blogger Indonesia, tentu saja setiap orang yang mau bergabung jadi member harus memiliki blog. Tetapi bukan sembarang blog, atau asal punya blog saja. Blog tersebut harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik.

Selain itu, tata cara menulis pun harus sesuai SEO dan enak dibaca – jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca harus diperhatikan.

Top Level Domain (TLD)

Ini adalah peraturan yang baru saja disahkan. Hal ini diberlakukan karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk Paid Sponsored. Jadi, bloggers yang sudah TLD Blognya-lah yang akan diutamakan.

Untuk yang masih bingung apa itu TLD, TLD adalah blog yang alamatnya berakhiran .com / .net / .id atau . lainnya, bukan blogspot.com atau wodpress.com atau wix.com.

Hal ini penting karena dalam dunia blogging ada istilah DA (domain authority) dan PA (Page Authority). Kalau kita sudah TLD blognya, maka DA dan PA yang muncul adalah miliki blog kita sendiri. Namun, kalau kita masih menggunakan free blog seperti blogspot atau wodpress, maka DA dan PA yang muncul adalah milik mereka, bukan punya blog kita. Tinggi DA & PA itu berpengaruh pada keteranan blog kita, dan hal ini berimbas ke pendapatan kita sebagai blogger.

Minimal 2 Beauty Blog Post

Well, karena Beautisquad adalah komunitas beauty blogger Indonesia. So, sudah sewajarnya kita mengharapkan untuk member yang bergabung untuk memposting topik seputar kecantikan dalam blog mereka. Hal ini bukan berarti member tidak boleh membahas topik lain dalam blog-nya ya. Namun, diharapkan untuk memposting topik beauty, minimal 2 blogpost setiap bulannya.

Disiplin dan memiliki attitude yang positif

Masalah disiplin dan attitude yang positif adalah hal yang sangat penting. Lewat kedua karakteristik ini akan menentukan nasib kita sebagai blogger kedepannya. Kalau kita bisa disiplin dan memiliki attitude yang positif, percayalah bukan hanya didunia perbloggingan saja, tetapi dalam kehidupan sehari – haripun kita akan menuai banyak hal yang positif juga. Sebaliknya, kalau yang kita tabur sikap malas, tidak disiplin dan attitude yang negatif, maka yang akan kita tuaipun adalah hal – hal yang negatif.

Contoh disiplin dan sikap yang positif dalam komunitas beauty blogger, kita mengumpulkan foto collab atau link sponsor tepat waktu; mengkomunikasikan kepada PIC yang bersangkutan jika kita ada mengalami hal tidak terudga ketika collab atau melakukan job dari sponsor, setidaknya 1×24 jam, sehingga PIC tidak kelabakan cari kita, dan dapat mengkomunikasikan keterlambatan pada pihak sponsor. Selain itu juga, kalau sampai kita ada buat salah, kita berani minta maaf. Memiliki tutur kata yang baik dan sopan ketika berkomunikasi. Ini juga penting. Karena dari hal – hal inilah kita dilihat dan dinilai oleh orang lain.

Begitu juga ketika kita menghadiri suatu event. Salah satu hal baik yang dapat kita lakukan adalah menghargai penyelenggara. Caranya? Sangat mudah! Dengan kita datang tepat waktu kita menunjukkan pada mereka bahwa kita menghargai undangan mereka dan juga pihak penyelenggara. Lalu, penuhilah kewajiban yang diminta, seperti live sosmed post, event report, dst. Hal ini bukan hanya untuk nama baik komunitas saja, tetapi juga untuk nama baik kita sendiri.

Memiliki fanpage dan Twitter selain Instagram

Standard yang ditetapkan oleh BS adalah untuk member mengusahakan untuk memiliki Fanpage dan Twitter disamping Instagram. Hal ini penting karena ketiga sosmed ini bisa menjadi ladang Traffic untuk blog kita kalau kita dapat menggunakannya dengan bijaksana.

Untuk saat ini, minimum followers yang ditetapkan oleh BS adalah sebagai berikut:

  • Instagram: 500 followers
  • Twitter: 100 followers

Aktif

Aktif disini berarti kita aktif memberikan kontribusi kepada komunitas. Misalnya, aktif sharing blogpost di FB group, join monthly collaboration, ikut sesi Ngopi Cantik, dst. Jadi, kita tidak hanya sekedar join komunitas untuk jadi penonton saja.

Rajin Ikut Collaboration

Ini adalah salah satu kegiatan yang patut kalian ikuti kalau ingin dinotice oleh para Officer. Pasalnya, para officers akan secara khusus mengunjungi blog kalian dalam event ini. Selain itu, lewat event ini juga kita para officers akan memahami sejauh mana kemampuan blogging kalian, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya yang dinotice.

Lolos dari pandangan community relation, chief officers dan Founder.

Kalau menurut kalian, kalian sudah mengikuti semua hal diatas, namun kalian bingung kenapa tidak terpilih? Bisa jadi ada salah satu kriteria yang belum terpenuhi. Bisa juga ada masalah dengan attitude kalian, seperti misalnya suka telat, atau cara menulisnya masih kurang, atau jangan – jangan kalian beli traffic atau followers. Eitts.. hati – hati, para officers bisa tahu apakah followers kalian organic atau tidak.

Mungkin kalian merasa, kok ketat sekali ya? Well, hal ini diperlukan karena Beautiesquad ingin kita semua menjadi blogger yang baik, sehingga kita bisa mendapatkan banyak benefit seperti adsense, paid sponsored, free beauty box,  dan juga supaya BS bisa mengrekomendasikan kalian sebagai blogger terbaik yang dapat menjawab kebutuhan Brand.

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935