doTERRA Essential Oil (Bahasa Indonesia)

Hi all, hari ini aku mau sharing sama kalian mengenai doTERRA Essential Oil. Mungkin banyak dari kalian yang masih asing sama brand ini. Tapi aku yakin setidaknya pernah mendengar tentang doTERRA dan penasaran ingin tahu lebih lanjut; otherwise, kalian tidak mungkin sampai pada blog post ini.

doTERRA Family Essential Kits

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai doTERRA, ijinkan aku menjelaskan terlebih dahulu apa itu essential oil. Karena aku mendapati masih ada banyak sekali orang yang belum terlalu paham tentang minyak esensial. Kebanyakan dari kita pasti menganggap minyak esensial sebagai aroma therapy untuk mengharumkan ruangan. Well, tidak salah juga, tetapi minyak esensial mempunyai manfaat yang lebih hebat dari sekedar membuat ruangan menjadi wangi.

pink-swirly-hi

Apa itu Essential Oil?

Essential oil atau minyak esensial atau juga yang dikenal dengan istilah minyak astiri adalah ekstrak minyak yang didapat dari hasil penyulingan tanaman, bunga, akar, kayu atau biji buah. Selain bermanfaat untuk relaksasi dan menenangkan pikiran, minyak esensial yang murni mempunyai manfaat kesehatan juga loh! Hal ini dikarenakan minyak esensial tidak mengandung asam lemak. Karena itu, komponen yang ada pada EO benar – benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya.

Berikut adalah beberapa contoh manfaat essential oil (EO) untuk kesehatan:

  • Membantu mengatasi masalah pencernaan
  • Membantu mengatasi masalah pernafasan
  • Membantu meningkatkan stamina
  • Membantu meningkatkan energi tubuh
  • Membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol
  • Membantu memperbaiki suasana hati
  • Membantu mengendalikan gejala depresi
  • Membantu mendetoks racun dalam tubuh
  • Membantu mengatasi jerawat
  • Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Membantu mengatasi gejalas PMS
  • Membantu masalah tidur
  • Membantu mengurangi nafsu makan
  • Membantu mengobati pilek dan flu
  • Membantu mencegah infeksi
  • Membantu mengatasi masalah ketombe
  • dst.
The top 10 essential oil doTERRA
The top 10 essential oil doTERRA

pink-swirly-hi

Jenis – jenis Essential Oil

Setelah mengetahui apa itu EO dan manfaatnya, yang menjadi pertanyaan adalah Essential Oil mana yang bagus dan aman untuk digunakan? Pasalnya, ada banyak sekali EO dijual secara bebas, baik merek lokal maupun merek luar negeri. Varian harganya pun ada banyak. Namun, tidak semua EO itu aman untuk digunakan.

Sejauh ini ada 4 jenis EO:

  • Synthetis: tipe ini adalah EO yang sifatnya perfume / industrial, alias tidak murni. Oleh karena itu, harganya pun relatif murah. Namun, jenis ini dikuatirkan dapat mengganggu kesehatan.
  • Food Grade / GRAS Standard: tipe ini biasanya paling sering ditemukan ditoko bahan makanan, dan banyak digunakan oleh bakers/cook/bartender untuk meningkatkan cita rasa dan aroma makanan atau minuman yang disajikan.
  • Therapeautic: EO tipe ini bukan hanya food grade (aman dikonsumsi) tetapi juga mempunyai efek kesehatannya.
  • CPTG: EO tipe ini sangatlah langka ditemukan. Pasalnya, kebanyakan EO stop sampai dilevel therapeautic, tetapi tanpa bukti bahwa EO mereka benar murni dan memiliki efek therapeutic (healing). Karena itu, pada level ini EO yang bersangkutan telah diuji dan sudah terbukti oleh pihak ke-3 (bukan klaim dari brand lagi) sebagai Certified Pure Therapeutic Grade. Untuk lebih lanjutnya dapat kalian baca pada seksi CPTG dibawah.
the doTERRA doctor oil (maksudnya untuk membantu improving our immune system, preventing penyakit)
the doTERRA doctor oil (maksudnya untuk membantu improving our immune system, preventing penyakit)

pink-swirly-hi

Why I Choose doTERRA?

Untuk aku pribadi dan keluarga, aku memutuskan untuk menggunakan essential oil doTERRA. Hal ini dikarenakan doTERRA adalah world leader dalam dunia aromatherapy dan essential oils market. Selain itu, mereka juga sudah terbukti Certified Pure Therapeautic Grade (CPTG). Plus, Oktober 2019 ini doTERRA resmi menjadi mitra dengan St. Elizabeth Healthcare sebagai bagian dari integrative oncology di Cancer Center mereka. Secara khusus, akan ada 1 lantai dengan luas 8,400 square feet didedikasikan sebagai calming space bagi pasien St. Elizabeth dimana mereka dapat menikmati penggunaan EO doTERRA (aromatherapy, yoga, meditation dan juga spa).

Namun, bukan karena alasan diatas saja aku memilih doTERRA. Bagiku alasan – alasan ini terlalu marketing banget. Yang akhirnya membuatku merasa nyaman dan aman menggunaka EO mereka adalah karena mereka transparan. Dibandingkan EO lainnya yang pernah aku pakai, baru doTERRA saja yang aku dapati terbuka banget, expose ingredients / kandungan yang ada didalam EO mereka. Coba kalian bandingkan dengan EO lainnya, hampir tidak ada yang menaruh list ingredients pada kemasan botol mereka. Selain itu, sejauh ini aku juga belum pernah menemukan company EO lain yang mempublikasikan hasil lab mereka per-batch yang dijual secara terbuka online. Inilah alasan terkuat aku memilih doTERRA.

Mari kita pertimbangkan secara logika. Salah satu saran cara pemakaian EO adalah dioleskan dikulit atau bisa juga dikonsumsi. Jangankan ke-2 hal ini, di-diffuse saja aku sudah merasa kuatir. Karena, apapun yang di-diffuse pasti akan kita hirup. Artinya, pemakaian EO dapat memberikan dampak kesehatan pada kita dan orang yang ada bersama dengan kita diruangan tersebut. Makanya setelah memahami EO lebih lanjut, aku jadi sangat berhati – hati. Sempat aku stop memakai EO selama beberapa bulan sampai aku menemukan doTERRA. Pasalnya aku tidak mau gara – gara mengharumkan ruangan, kesehatan aku dan keluarga jadi terganggu.

doTERRA Trio Beginner, if you are new to EO and not sure where to start.. these are the must have ones
doTERRA Trio Beginner, if you are new to EO and not sure where to start.. these are the must have ones

Read also: The Trio Beginner Oil doTERRA Indonesia

pink-swirly-hi

doTERRA

So, seperti telah kutulis pada title blog post ini, doTERRA adalah brand yang memproduksi dan menjual produk essential oil. Nama doTERRA sendiri berasal dari bahasa Latin [doh-teh-ruh] yang berarti “Gift of the Earth” / Hadiah dari tanah.

Didirikan pada tahun 2008 oleh sekelompok health-care dan business professionals, doTERRA hadir sebagai alternatif kesehatan baru yang alami tetapi powerful. Karena itu, essential oil (EO) doTERRA didesign dengan cara yang professional, dengan bahan yang terbaik dari sumber terbaik, dan dengan approval dari pakarnya. Hal ini penting agar hanya the purest dan the highest-grade essential oil saja yang di-deliver untuk kesehatan kita dan keluarga kita.

Sebagai wujud komitmen untuk menjaga standar kualitas, para founders doTERRA bekerjasama dengan APRC (Aromatic Plant Research Center) sebagai pihak ke 3. Jadi fungsi lembaga ini adalah untuk melakukan tes pada setiap batch minyak esensial yang diproduksi agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Supaya lebih meyakinkan, hasil lab ini dapat kita check online dari website sourcetoyou.com (baca cara mengunduh hasil lab-nya pada penjelasan dibawah). Komitmen inilah yang kini kita kenal sebagai CPTG (Certified Pure Therapeautic Grade).

Kini doTERRA beroperasi secara international , dan tidak memiliki hutang! Berikut adalah list doTERRA International market:

  1. North America
    1. United States
    2. Canada
    3. Mexico
  2. Central America
    1. Costa Rica
    2. Guatemala
  3. South America
    1. Colombia
    2. Ecuador
  4. Greater China
    1. China
    2. Hongkong
    3. Taiwan
  5. Asia
    1. Japan
    2. Singapore
    3. Korea
    4. Mayalsia
    5. Indonesia (Coming Soon! Lagi dalam proses masuk secara resmi)
  6. Europe
    1. Andora
    2. Austraia (EU)
    3. Belgium (EU)
    4. Bulgaria (EU)
    5. Croatia (EU)
    6. Cyprus (EU)
    7. Czech Republic (EU)
    8. Denmark (EU)
    9. Estonia (EU)
    10. Finland (EU)
    11. France (EU)
    12. Germany (EU)
    13. Greece (EU)
    14. Hungary (EU)
    15. Iceland
    16. Ireland (EU)
    17. Israel
    18. Italy (EU)
    19. Liechtenstein (EU)
    20. Lithuania (EU)
    21. Luxembourge (EU)
    22. Malta (EU)
    23. Netherlands (EU)
    24. Norway
    25. Poland (EU)
    26. Portugal (EU)
    27. Romania (EU)
    28. Spain (EU)
    29. Sweden (EU)
    30. Slovenia (EU)
    31. Spain (EU)
    32. Sweden (EU)
    33. Switzerland
    34. Great Britain (EU)
  7. Oceania
    1. Australia
    2. New Zealand
doTERRA Sourcing Map
doTERRA Sourcing Map

pink-swirly-hi

Apa itu CPTG?

I know, ada banyak spekulasi diluar sana yang mengatakan kalau CPTG (Certified Pure Therapeautic Grade) itu adalah trademark doTERRA semata. Tapi kalau kalian cari tahu lebih lanjut, CPTG bukanlah sekedar trademark atau semboyan yang dinyanyikan oleh doTERRA untuk mendapatkan trust pelanggan mereka. CPTG sebenarnya berbicara tentang quality testing. Jadi, ini adalah metode uji tingkat purity EO yang dilakukan oleh pihak ketiga, which is APRC, untuk doTERRA. Lewat test ini, EO doTERRA dijamin standard kualitas dan kemurniannya; dalam pengertian lain terjamin aman untuk digunakan karena bebas dari germs, heavy metals, atau adulterants (no added fillers, synthetic ingredients, dan bahan berbahaya lainnya) yang berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. EO yang tidak murni dapat menimbulkan efek iritasi, efek berlawanan dari fungsi yang seharusnya, sampai dengan menyebabkan sang pengguna jatuh sakit.

Secara singkat, berikut adalah 8 quality control CPTG:

  • Organoleptic testing
  • Microbial testing
  • Gas chromatography
  • Mass spectrometry
  • Fourier Thransform Infrared Spectroscopy (FTIR)
  • Chirality testing
  • Isotopic analysis
  • Heavy metal testing

Untuk informasi lebih lanjut atau detail mengenai proses CPTG dapat kalian baca dari laman CPTG .

Cara Download file CPTG

Pada setiap botol EO doTERRA, dapat kita temukan 2 hal: kode ID quality dan expiry date. Kode ID quality inilah yang menjadi bukti CPTG dan dapat kita download file-nya dari website sourcetoyou.com. Berikut adalah cara download file CPTG:

1. Check kode dibalik botol doTERRA oil Anda, contoh kode ID quality Peppermint aku adalah 191074J

2. Masukan kode tersebut pada quality ID search box pada pojok kanan atas diwebsite sourcetoyou.com, lalu enter.

3. Akan muncul laman Test Result seperti berikut

4. Pada bagian bawah terdapat file PDF hasil lab yang dapat kita download.
Berikut adalah link PDF untuk batch Peppermint Oil punyaku.

 

pink-swirly-hi

Essential Oil doTERRA

Karena blog post ini sudah cukup panjang, aku akan bahas detail tentang EO mereka pada next post ya. Untuk saat ini, kalian bisa check varian produknya dari official doTERRA US / official doTERRA Singapore, untuk Indonesia punya masih coming soon!

Namun, komunitas doTERRA Indonesia sudah ada loh! Kalian boleh kontek aku via email / whatsapp / facebook page doTERRA Indonesia (page ini handled by me, jadi bukan official page ya!) untuk informasi lebih lanjut, termasuk bagaimana caranya menjadi member doTERRA Indonesia, atau bagaimana caranya mendapatkan produk doTERRA di Indonesia.

doTERRA Tangerang Page
doTERRA Tangerang Page

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

Hi it's me blossomshine