Copyright For Bloggers – Ngopi Cantik 6

Hi gengs, update blog hari ini aku mau sharing tentang Copyright For Bloggers yang aku dapat dari acara Ngopi Cantik 6 Beautiesquad. Aku berharap lewat sharing ini dapat membantu sesama bloggers dan vloggers, apapun kategori yang kita pilih, untuk bisa sama – sama saling menghargai Hak Cipta konten yang dibuat. Aku percaya, dengan kita memahami lebih jauh tentang Copyrights, kita dapat membuat industri kreatif Indonesia menjadi lebih maju.

Ngopi Cantik 6 - understanding copyright for blogger
Ngopi Cantik 6 – understanding copyright for blogger

Ngopi Cantik 6 Beautiesquad

Buat teman – teman yang baru pertama kali mendengar tentang Ngopi Cantik Beautiesquad, kalian pasti penasaran; “apa sih Ngopi Cantik itu? kapan dan dimana diadakannya? Gimana sih cara joinnya?”

Ngopi Cantik adalah kelas online yang diadakan setiap bulannya oleh Beautiesquad (komunitas Beauty Bloggers Indonesia). Lewat kelas ini, Beautiesquad memperlengkapi anggota – anggotanya dengan berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang penting untuk dimiliki dan diketahui oleh konten creator, secara khusus untuk bloggers. Karena alasan ini jugalah, Beautiesquad memastikan narasumber Ngopi Cantik adalah seorang pakar dibidangnya.

Contohnya,  pada Ngopi Cantik 2 – SEO Blog, Beautiesquad mengundang Mba Shinta Ries, seorang pakar SEO yang juga adalah Founder dari Blogger Perempuan, sebagai narasumber. Lalu pada kesempatan berikutnya, kita juga mendapat kesempatan untuk belajar How To Create Beauty Content  bersama Grisselda Nihardja, Senior Beauty Editor di Beauty Journal.

Sampai sini, aku yakin teman – teman pasti pada minat untuk ikutan Ngopi Cantik berikutnya. Cara ikutannya gampang kok, cukup kalian join FB Group Beautiesquad dan follow IG Beautiesquad. Nanti info kelas berikutnya akan diupdate pada social media mereka.

Belajar SEO Blog with mba Shintaries

Copyright For Bloggers

Narasumber

Untuk narasumber kali ini adalah seorang ahli hukum bernama Laudita Chayanti S.H. Sebagai seorang sarjana hukum, Laudita juga memiliki ketertarikan didunia kecantikan. Ketertarikannya ini disalurkannya lewat media blog. Karena itu, informasi yang beliau bagikan bukanlah sekedar teori, tetapi adalah masalah nyata yang perlu para konten creator ketahui dan pahami.

Berikut adalah sharing yang disampaikan oleh Laudita:

Blog Copyright

Pada awal sharing, Laudita menegaskan bahwa sebagai seorang konten creator, kita perlu tahu bahwa masalah konten atau hak cipta itu dilindungi oleh pemerintah melalui UU No. 28 tahun 2014.

Copyright atau hak cipta memang adalah suatu hal yang seringkali dianggap remeh oleh banyak orang di Indonesia. Hal ini disebabkan Hak Cipta bukanlah suatu benda yang “kelihatan”, sehingga tidak dianggap berharga. Padahal hak cipta tidaklah sesederhana itu.

Apa itu Hak Cipta?

Berdasarkan Undang – Undang, yang dimaksud dengan Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata, tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

Sesuai dengan pengertian di atas, kita dapat simpulkan bahwa Hak Cipta itu timbulnya  OTOMATIS setelah kita menciptakan sesuatu dalam bentuk NYATA, baik secara fisik, maupun secara elektronik.

pic by: logodesignteam
pic by: logodesignteam

Siapakah Pencipta?

Pencipta adalah orang yang namanya:

  • Disebut dalam ciptaan;
  • Dinyatakan sebagai Pencipta pada suatu ciptaan;
  • Disebutkan dalam surat pencatatan ciptaan; dan/atau
  • Tercantum dalam daftar umum ciptaan sebagai Pencipta.

Lebih spesifik, dalam UU Hak Cipta terdapat dua istiralh, yaitu Pencipta dan Pemegang Hak Cipta.

Jadi, Pencipta sebagai pemilik Hak Cipta. Sedang Pemegang Hak Cipta adalah pihak yang menerima hak tersebut secara sah dari Pencipta, atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut secara sah.

Jadi, kalau Pencipta sudah pasti pemegang Hak cipta. Namun, dalam beberapa kasus, kita dapat memberikan hak cipta kepada orang lain. Orang lain inilah yang disebut sebagai Pemegang Hak Cipta.

Hi it's me Gracia <3 I am a beauty writer and vlogger
Hi it’s me Gracia <3 I am a beauty writer and vlogger

Perlindungan Copyright

Ciptaan apa saja yang dapat dilindungi Hak Ciptanya?

Ciptaan yang dilindungi meliputi ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra seperti:

  1. Buku, pamphlet, perwajahan karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lainnya;
  2. Ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan sejenis lainnya;
  3. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan;
  4. Lagu dan/atau music dengan atau tanpa teks;
  5. Drama, drama musical, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomime;
  6. Karya seni rupa dalam segala bentuk seperti lukisan, gambar, ukiran, kaligrafi, seni pahat, patung, atau kolase;
  7. Karya seni terapan;
  8. Karya arsitektur;
  9. Peta;
  10. Karya seni batik atau seni motif lain;
  11. Karya fotografi;
  12. Potret;
  13. Karya sinematografi;
  14. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, basis data, adaptasi, aransemen, modifikasi dan karya lain dari hasil transformasi;
  15. Terjemahan, adaptasi, aransemen, transformasi, atau modifikasi ekspresi budaya tradisional;
  16. Kompilasi ciptaan atau data, baik dalam format yang dapat dibaca dengan program computer maupun media lainnya;
  17. Kompilasi ekspresi budaya tradisional selama kompilasi tersebut merupakan karya yang asli;
  18. Permainan video; dan
  19. Program computer.

Hasil karya tulis kita sebagai blogger, masuk ke dalam kategori poin A – sebagai karya tulis lainnya, sedang hasil foto – foto produk kita yang aestetik masuk ke dalam poin K. Karena itu, teman – teman semua tidak perlu khawatir. Kita sudah dilindungi dengan baik oleh Hukum Hak Cipta ini.

Colourbox Mono Eyeshadow - click the picture for the review
Colourbox Mono Eyeshadow – click the picture for the review

Tambahan

Pelindungan hak cipta ini sudah termasuk pelindungan terhadap ciptaan yang tidak atau belum  dilakukan pengumuman tetapi sudah diwujudkan dalam bentuk nyata yang memungkinkan Penggandaan Ciptaan tersebut.

Misalnya, saya sudah menuliskan review sebuah lipstick di Ms. Word, tetapi belum dipostingkan ke blog. Lalu, ada teman saya yang mengcopy file tersebut dan mempublikasikan di blog miliknya. Ini sudah termasuk pelanggaran hak cipta, dan saya sebagai owner, bisa menuntut teman saya tersebut atas perbuatannya.

Yang tidak dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta

Namun, ada beberapa kegiatan yang tidak dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta.

Penggunaan, pengambilan, penggandaa, dan/atau pengubahan suatu ciptaan secara seluruh atau sebagian yang substansial tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta jika sumbernya disebutkan atau dicantumkan secara lengkap untuk keperluan:

  1. Pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masala dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta atau pemegang hak cipta;
  2. Keamanan serta penyelanggaraan pemerintahan, legislatif, dan peradilan;
  3. Ceramah yang hanya untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau
  4. Pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayar dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.

Jadi, hal ini tidak dianggap pelanggaran hak cipta asalkan sumbernya disebutkan atau dicantumkan secara lengkap dan digunakan untuk kepentingan pendidikan atau akademik.

Hak sebagai pencipta

Sebagai pencipta atau pemegang hak cipta, kita mendapatkan Hak Moral dan Hak Ekonomis atas ciptaan kita.

Hak Moral adalah hak yang melekat secara pribadi pada diri Pencipta untuk:

  1. Tetap mencantumkan atau tidak mencantumkan namanya pada salinan sehubungan dengan pemakaian ciptaannya untuk umum;
  2. Menggunakan nama aliasnya atau samarannya;
  3. Mengubah ciptaannya sesuai dengan kepatutan dalam masyarakatl
  4. Mengubah judul dan anak judul ciptaan; dan
  5. Mempertahankan haknya dalam hal terjadi distorsi ciptaan, mutilasi ciptaan, modifikasi ciptaan, atau hal yang bersifat merugikan kehormatan diri atau reputasinya

Hak ekonomi merupakan hak eksklusif pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomis atas ciptaan:

  1. Penerbitan ciptaan,
  2. Penggandaan ciptaan dalam segala bentuknya,
  3. Penerjamahan ciptaan,
  4. Pengadaptasian, pengaransemenan, atau pentrasnformasian ciptaan,
  5. Pendistribusian ciptaan atau salinannya,
  6. Pertunjukan ciptaan,
  7. Pengumuman ciptaan,
  8. Komunikasi ciptaan, dan
  9. Penyewaan ciptaan

Hal ini sangatlah penting, secara khusus untuk kita para bloggers! Karena setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi WAJIB mendapatkan izin pencipta atau pemegang hak cipta. Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang untuk menggandakan dan/atau menggunakan suatu ciptaan secara komersial.

Demikian juga dengan kita, para bloggers juga wajib untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum  menggunakan konten milik orang lain. Karena itu, apabila kalian mengambil gambar dari internet, akan lebih aman untuk mengambil gambar dari sumber yang legal dan gratis seperti dari FREEPIK misalnya.

Kalau kita ambil konten dari platform seperti Freepik, kita tidak perlu lagi meminta izin kepada penciptanya. Hal ini dikarenakan konten – konten tersebut diunggah langsung oleh pencipta untuk menjadi milik umum. Namun, tetap kita tidak boleh lupa untuk menyebutkan sumber dan penciptanya, sesuai dengan etika yang berlaku.

Handswatch of Purbasari Matte Lip Cream (Click the picture for the review)
Handswatch of Purbasari Matte Lip Cream (Click the picture for the review)

Copyright Issues

Mengambil konten tanpa izin

Mengambil konten tanpa izin dan tidak mengreferensikan ke sumber konten dan pencipta adalah kasus umum diseluruh dunia. Di Indonesia, tidak sedikit yang akhirnya menjadi drama seru di social media. So, apa yang harus lakukan kalau hal ini terjadi pada kita? Apakah harus kita langsung kasih pasal – pasal UU kepada mereka?

Well, sikap terbaik yang pertama perlu kita lakukan adalah menjadi tenang. Setelah kita sudah tenang, kontaklah si pelaku, dan minta beliau untuk menurunkan postingan tersebut secara baik – baik. Kalau kita bisa menyelesaikan dengan damai, kenapa harus rebut dan bikin drama di social media? Bukankah tindakan tersebut hanya akan membuat masalah jadi semakin runyam?

Sebenarnya di Indonesia tidak segala sesuatu harus langsung kasih pasal – pasal. Cara kerja penyelesaian masalah yang paling dianjurkan sebenarnya adalah dengan mengusahakan musyawarah atau negosiasi. Namun, kalau tidak mencapai kesepakatan barulah dianjurkan untuk masuk ke pengadilan.

Untuk efek jera, sebenarnya kalau orang tersebut tahu diri, ketika kita kontak untuk minta diturunkan saja dia seharusnya sudah merasa malu. Tapi kalau ternyata orangnya tidak tahu diri, mungkin bisa kita coba sedikit gertak dengan menggunakan peraturan yang berlaku.

Copyright Background Lagu

Masalah yang satu ini mungkin lebih banyak menyangkut kepada Instagramer dan Vloggers. Argumentasinya dari jaman Michelle Phan dituntut adalah kita tidak berfokus kepada lagu, tetapi kepada produk yang kita endorse, atau kepada tutorial yang kita berikan. Lagu hanyalah bonus saja.

Well, jika kita lihat kembali kepada materi diatas; lagu merupakan hak ekonomi dari pemilik hak cipta lagu tersebut. Karena itu, untuk amannya, lebih baik kita menggunakan atau mengganti background lagu video kita dengan lagu yang no-copyright.

Kasus serupa bahkan pernah dialami oleh brand yang membuat iklan melalui jasa agensi. Agensi yang bersangkutan menggunakan lagu yang diunduh secara illegal. Alhasil, sang pemilik lagu menggugat brand tersebut.

So, kalau kita tidak mau mengalami kejadian serupa, sebagiknya menggunakan atau mengganti lagu yang legal dan no-copyright.

Clinelle Pureswiss Thermal Spring Water
Clinelle Pureswiss Thermal Spring Water

Jangka waktu hak moral Pencipta

Perlindungan hak cipta itu ada jangka waktunya. Jangka waktu hak moral pencipta untuk tetap mencantumkan atau tidak mencantumkan namanya pada salinan sehubungan dengan pemakaian ciptannya untuk umum; menggunakan nama alias atau samarannya; dan mempertahankan haknya dalam hal terjadi distorsi ciptaan, mutilasi ciptaan, modifikasi ciptan, atau hal yang berisfat merugikan kehormatan diri atau reputasinya berlaku tanpa batas waktu.

Namun, hak moral pencipta untuk mengubah ciptaanya sesuai dengan kepatutan dalam masyarakat; dan mengubah judul dan anak judul ciptaan berlaku selama berlangsungya waktu hak ciptas atas ciptaan yang bersangkutan.

Pelindungan hak cipta atas ciptaan:

Pelindungan hak cipta atas ciptaan:

  1. Buku, pamphlet, dan semua hasil karya tulis lainnya;
  2. Ceramah, kuliah, pidato dan cipta sejenis lainnya;
  3. Alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan;
  4. Lagu atau music dengan atau tanpa teks;
  5. Drama, drama musical, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomime;
  6. Karya seni rupa dalam segala bentuk seperti lukisan, gambar, ukiran, kaligrafi, seni pahat, patung, atau kolase;
  7. Karya arsitektur;
  8. Peta; dan
  9. Karya seni batik atau seni motif lain.

Berlakus selama hidup pencipta dan terus berlangsung selama 70 (tujuh puluh) tahun setelah pencipta meninggal dunia, terhitung mulai tanggal 1 januari tahun berikutnya.

Sedangkan untuk pelindungan hak cipta atas ciptaan:

  1. Karya fotografi;
  2. Potret;
  3. Karya sinematografi;
  4. Permainan video;
  5. Program computer;
  6. Perwajahan karya tulis;
  7. Terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, basis data, adaptasi, aransemen, transformasi, atau modifikasi ekspresi budaya tradisional;
  8. Kompilasi ciptaan atau data, baik dalam format yang dapat dibaca dengan program computer atau media lainnya; dan
  9. Kompilasi ekspresi budaya tradisional selama kompilasi tersebut merupakan karya yang asli.

Berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali dilakukan pengumuman.

So, that’s all my sharing for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935