Carousell – Aplikasi Marketplace Untuk Bloggers

Hi guys, dalam postingan kali ini aku mau share tentang satu Aplikasi Marketplace For Bloggers, yang aku find very useful, khususnya untuk kita Ladies, especially kalau kamu juga adalah Beauty Bloggers kayak aku. Apps ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk beberapa orang, khususnya buat mereka yang pernah tinggal di luar negeri, seperti di Singapore.

Aku mengangkat topik ini, karena aku jadi keinget sama Carousell. Jadi ceritanya kemarin ini di group chat sempat heboh ngebahas soal etika bloggers menjual preloved items di blog, khususnya jika produk yang mau dijual adalah pemberian Sponsors. Lumayan seru debatnya. Ada yang bilang, itu adalah hak bloggers mau diapain produknya, termasuk dijual dalam Blog Sale, jika kerjasama sudah selesai; apalagi jika kita menjualnya sekitar 1 bulan lebih sesudah kerjasama berakhir. Tetapi ada juga yang kurang setuju. Mereka yang kurang setuju ini berpendapat bahwa adalah etika kita menghargai brands yang sudah memberikan produk itu pada kita; so, sebaiknya jangan dijual, walaupun kalau sudah menjadi milik kita. Plus, hal ini juga menyangkut integritas kita kepada pembaca juga; karena tidak semua orang paham dan mau mengerti alasan, kenapa kita mau menjual item tersebut.

Singkat cerita, setelah debat panjang, akhirnya mereka sepakat bahwa OK untuk menjual preloved items, tapi jangan dalam bentuk Blog Sale. Adalah lebih baik untuk menjual preloved itu di Marketplace, dan juga dengan nama lain. So, kita berjualan preloved-nya bisa lebih netral, dan tidak merugikan pihak manapun. So, melalui postingan ini, aku mau memperkenalkan Mobile & Online Community Marketplace yang sudah kupakai sejak tahun 2014 sampai dengan hari ini, Carousell.

pink-swirly-hi

About Carousell

Carousell adalah mobile dan online community marketplace asal Singapore. Berdiri sejak tahun 2012,  Carousell mengfokuskan jasanya sebagai consumer to consumer marketplace. Melalui aplikasi Marketplace ini, kita bisa melakukan transaksi jual – beli untuk segala keperluan. Mulai dari Fashion (baju, tas, aksesoris, sepatu), beauty products (makeup, skincare, haircare, nails, beauty tools),  furniture, arts, books, branded goods, bahkan sampai dengan barang – barang antik, mobil, sepeda dan rumah. Hingga saat ini, aplikasi Marketplace Carousell telah beroperasi disejumlah negara lain seperti Malaysia, Indonesia, Taiwan dan United States.

pink-swirly-hi

My Carousell Experience

Aku pertama kali tahu tentang Carousell adalah pada tahun 2014 dari teman dan salah satu beauty blogger favoritku, Stephanie – The BeautyBucketter. Saat itu aku baru saja memutuskan untuk serius menjadi beauty blogger. Karena masih baru, of course, aku belum punya banyak makeup collection. So, when Steph announced di Instagram-nya bahwa dia mau menjual preloved beberapa makeup collection-nya, tentu saja aku tertarik.

Awalnya aku mengira kalau Steph akan menjual preloved makeup-nya di blog, tapi ternyata dia menjualnya di aplikasi marketplace Carousell. Karena penasaran items apa saja yang dia jual, akhirnya aku cari dan download dari Apps Store iPhoneMy first impression saat itu, aplikasi marketplace Carousell lucu banget. Design icon apps-nya mengingatkanku pada 3 hal: Lensa Camera, korena mata dan Soft-lens. In my oppinion, iconnya ini mengekspresikan slogan mereka, “Snap to sell“, perfectly.

Icon Apps Carousell

The Carousell Features

As mentioned above, apps ini bisa kita pakai online dari Official Website Carousell, dan  mobile dari aplikasi handphone mereka yang bisa didownload dari Apps StoreIOS & Android. Basically, tidak ada perbedaan features dari kedua platform Carousell, hanya lokasinya saja yang beda.

Carousell Mobile - Home Layout
Carousell Mobile – Home Layout
Home Layout Aplikasi Marketplace Carousell Website
Home Layout Aplikasi Marketplace Carousell Website

Fungsi Features Carousell

Untuk membantu teman – teman yang masih baru sama Caoursell, berikut adalah list fungsi features yang ada di aplikasi marketplace Caoursell:

  • Search box – well, sesuai namanya, fungsi dari box ini adalah untuk membantu kita mencari items yang kita butuhkan dengan cara memasukan nama atau kata kunci yang berhubungan dengan item tersebut. So, kita tidak perlu repot – repot menjelajahi gallery Carousell untuk menemukan brang tersebut.
  • Loved items – disini kita bisa menemukan semua item yang kita like/love ketika browsing the gallery.
  • Chat – sesuai namanya, disinilah terjadi pembicaraan atau diskusi jual beli antara kita dengan calon pembeli / penjual.
  • Browse – melalui feature ini, kita bisa melihat – lihat atau menjelajahi Carousell Community Marketplace.
  • Groups – group komunitas yang ada di Carousell – baik yang sudah kita join maupun yang belum. So, disini kita bisa menjelajahi komunitas yang ada, dan terlibat dalam komunitas tersebut.
  • Sell – feature untuk menambahkan items yang mau kita jual di Carousell.
  • Activity – notification feature yang berfungsi untuk memberi tahu kita jika ada yang liked items, follow dan juga chat kita.
  • Me profile Carousell kita.

pink-swirly-hi

Cara Pakai Aplikasi Marketplace Carousell

Cara pakai aplikasi Carousell sangatlah mudah. All you have to do is, Snap, deskripsikan item yang kita jual, dan list the item. Gampang kan? 

Cara Listing di Carousell

 

Kalau sudah di list, items yang kita jual akan muncul di Profile kita. Jadi isi profile kita itu adalah details tentang kita dan items yang kita list-kan. Berikut adalah contoh dari Profile Carousell-ku. Seperti teman – teman bisa lihat dari foto berikut, di Carousell-ku ini, aku menjual preloved dan brand new makeup dan makeup related items.

 

Profile Carousell-ku
Profile Carousell-ku

 

Sewaktu listing barang yang mau kita jual, kita bisa listing juga di Group komunitas yang kita join. Tapi harus sesuai ya komunitasnya. Jangan list preloved makeup di group batik, nanti didelete sama adminya. So, pastiin teman – teman listing di group yang sesuai ya. Group komunitas Carousell ini bisa kita browse dari features Groups. Kalau di website Carousell adanya dibagian atas sebelah kiri tombol sell. Disitu ada banyak sekali group komunitas berdasarkan interest kita. Seperti misalnya akukan beauty junkie. So, aku join group kecantikan seperti NYX Beauties.

Cara listing items yang sudah diupload; simply click "Sell in group"
Cara listing items yang sudah diupload; simply click “Sell in group”

Setelah di list, kita bisa menemukan likes dari orang – orang berpotensi jadi calon pembeli. Informasi ini bisa kita dapatkan di page activity. Menurutku ini menarik, karena kita jadi tahu orang – orang yang punya interest yang sama dengan kita. So, kita bisa browse back halaman mereka dengan click icon foto mereka yang ada di page activity kita. Begitu juga ketika kita likes list orang lain, hal ini berguna buat kita saling visit, which kalau kita blog kita saling BW gitulah. Siapa tahu ada yang menarik atau ada barang yang kita butuhkan.

Activity Page Carousell - it shows siapa saja dan items apa yang orang lain likes dari list kita
Activity Page Carousell – it shows siapa saja dan items apa yang orang lain likes dari list kita

Nah, pas lagi BW, items yang kita likes nanti bisa kita temukan di page likes kita, which icon-nya berbentuk hati. So, items tersebut akan ke list disana, sehingga kita bisa cari lagi item yang kita minati tanpa ribet.  Kalau harus dibrowse lagi kan belum tentu ketemu item yang sama. Atau kalau itemnya samapun belum tentu dengan harga yang sama, dan dengan kualitas atau kondisi yang sama baiknya.

Like Page Carousell - it listed all items yang kita likes
Likes Page Carousell – it listed all items yang kita likes

Kalau kita sudah suka dengan barangnya, atau ada orang yang sudah interested dengan barang yang kita list, kita bisa bernegosiasi harga dengan cara chat penjualnya. Disitulah terjadi tawar menawar dan diskusi mengenai listing tersebut sampai deal, termasuk cara pembayaran. So, kalau deal nanti uangnya langsung masuk ke rekening penjual. Jadi tidak ada fee alias FREE untuk berdagang di Carousell. This is why aku senang pakai Carousell.

Chat Features Carousell - Disini kita diskusi, bernegosiasi dengan calon pembeli/penjual sampail transaksi selesai.
Chat Features Carousell – Disini kita diskusi, bernegosiasi dengan calon pembeli/penjual sampail transaksi selesai.

 

pink-swirly-hi

Where To Download Apps Carousell

Teman – teman bisa mendowload Aplikasi Carousell dari Appstore IOS atau Android.

For more information, teman – teman bisa mengecheck website atau Sosial Media Carousell berikut:

Websitehttps://id.carousell.com/

Facebook: https://www.facebook.com/carousell.id/

Twitter: @thecarousell

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Berjerawat

pink-swirly-hi

So, that’s all my review for the day. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

 

 

Comments

Comments

  1. Winda Carmelita says:

    Dulu sih malas2an kalau mau jualan barang preloved di socmed, karena PR banget ngumpulin followers dulu. Kalau di Carousell jadi lebih gampang karena siapapun bisa lihat barang yg kita jualin. Asyik ya ^^

  2. Gracia Cita says:

    Pakena gampang kok. Design dia friendly.
    Klo nanya2 sih pasti. Krn harga bs dinego disna, unless kt infoin fix price / no nego. Tp itupun org psti msh akan cb nego. Kejual lmyan kok.. aku d jual byk 😃

  3. Cindy says:

    Gampang ga sih kak pakenya? terus banyak yang nanay2 dan beli ga setelah jual preloved disini? Pengen nyoba juga 😀

    http://www.cindyartha.com

  4. Gracia Cita says:

    Iya sis.. dan gak ada fee atau hidden fee juga buat pakai aplikasi ini 😀

  5. Ellen Lim says:

    Wah, terlihat gampang ya, apalagi mengijinkan kita jual preloved2~

  6. Gracia Cita says:

    Gampang kok.. bs dr browser jg.. jd asik banget ☺️ sm2 Lia! 💖

  7. Liamelqha says:

    Wah, gampang yah kak makenya. Boleh di coba nih.. Tfs kaakk..

    Lia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*