Apa Itu Essential Oil? Apa bedanya dengan Aroma Therapy?

Hi guys, hari ini aku mau bahas tentang apa itu Essential Oil. Topik ini diangkat karena aku mendapati bahwa sekalipun essential oil sedang trending, tapi masih banyak orang yang belum benar – benar memahami apa itu essential oil dan apa perbedaannya dengan minyak lainnya, khususnya jika dibandingkan dengan aroma therapy. 

doterra essential oils

Kalau kalian pernah menikmati harumnya wangi bunga Rose, berarti kalian sudah pernah menikmati aroma berkualitas dari essential oils. Hal ini dikarenakan senyawa aromatik yang terkandung dalam bunga Rose inilah yang lalu diekstrak dan diproses menjadi salah satu kandungan dari produk yang kita kenal sebagai essential oils.

Disamping bunga, senyawa aromatik ini juga dapat kita temukan dalam bij-bijian, kulit kayu, batang, akar, dan bagian tanaman lainnya. Karena itu, essential oils ada banyak sekali pilihannya. Begitu juga dengan kuat lembutnya, aroma pun tergantung dari jenis tanaman aslinya. Kalau dasar tanamannya adalah kayu, maka aromanya pun akan terasa lebih berat atau bervolume; kalau dasar tanaman yang disuling adalah bunganya, maka aromanya akan cenderung lebih ke floral.

Essential oil / Minyak astiri yang terkandung dalam tanaman, memberikan masing – masing tumbuhan aroma khas tersendiri yang membedakan mereka dari tanaman yang lainnya. Selain itu, minyak astiri juga bermanfaat untuk melindungi tanaman dan berperan dalam penyerbukan tanaman.

Disamping manfaat intrisiknya untuk tanaman dan keharumannya yang indah, minyak esensial juga sudah digunakan sejak lama untuk berbagai keperluan masak memasak, perawatan kecantikan, dan juga dalam praktis kesehatan.

pink-swirly-hi

Apa itu Essential Oil?

Secara singkat, essential oil adalah molekul organik kecil yang cenderung berubah dengan cepat dari bentuk padat atau cairnya menjadi gas pada suhu ruangan. Karena itu, essential oil dikenal juga sebagai volatile aromatic compound. 

Ketika Anda pertama kali membuka sebotol essential oil, maka Anda dapat merasakan aromanya yang kuat secara langsung, dan bahkan aromanya juga dapat tercium juga dari jarak tertentu. Sifat fisik dan kimia dari senyawa aromatik yang volatile inilah yang memungkinkan mereka untuk bergerak cepat di udara dan berinteraksi secara langsung dengan olfactory sensor pada indra penciuman kita.

Properti unik inilah yang membuat essential oil menjadi pilihan ideal untuk aplikasi inklusi dalam aromaterapi – menggunakan senyawa dari tanaman hidup untuk membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh – serta aplikasi lainnya. Jenis senyawa aromatik yang terkandung dalam essential oil menentukan baik jenis aroma maupun manfaat yang diberikan.

one of the way to use essential oil is by diffusing them
one of the way to use essential oil is by diffusing them

pink-swirly-hi

The Essential Oil Herbs

Hingga saat ini, ada setidaknya 3,000 jenis tanaman dengan volatile aromatic compounds. Meskipun rasionya halus, namun komponen inilah yang membuatnya unik dan mampu memberikan manfaat spesifik. Karena itu, sifat dari essential oil bervariasi dari tanaman ke tanaman, dan dari spesies ke spesies.

Fun Facts 1

Dalam minyak astiri murni, komposisi dari minyak yang terkandung dapat bervariasi tegrantung pada waktu, musim, lokasi geografis, metode dan durasi penyulingan, tahun tumbuh, dan cuaca, membuat setiap langkah proses produksi menjadi penentu kualitas dari essential oil yang dihasilkan.

Fun Facts 2

Tahukah kalian bahwa Essential oils, selain dapat membantu physical wellness, dapat juga digunakan untuk membantu emotional wellness? Hal ini berlaku baik untuk single essential oils atau juga dalam bentuk essential oil blends, tergantung dari manfaat yang ingin diperoleh.

Ingin belajar lebih lanjut mengenai essential oil dan cara penggunaan yang benar, tepat dan aman? Pastiin kalian Subscribe blog aku ya! Karena aku akan post secara terpisah, kalau tidak postingan ini jadinya akan terlalu panjang.

meet the doterra oregano oil

 

pink-swirly-hi

Baca juga: