All About Body Care (Bedanya body lotion, body cream, body butter, body milk, body serum, body oil, body gel, body mist)

Apa sih bedanya produk body care (body lotion, body cream, body butter, body milk, body serum, body oil, body gel, body mist) ? Ah sama sajalah.. sama – sama produk perawatan tubuh. Itu cuma akal – akalan marketing saja!

Hayoo ngaku, siapa yang suka bingung dengan produk body care yang ada di market place, dan membuat statement seperti statement diatas? Aku yakin kalian juga pasti sama pusingnya dengan aku. Saking banyaknya produk, ampe mabok. Makanya kalian klik link postingan ini.

Mungkin kalian mikir, “Ah.. masa sih kakak bingung.. kakak kan beauty blogger!”

Eittsss… Jangan salah… Meskipun aku adalah beauty blogger, tapi aku juga pernah bingung loh dengan bedanya produk – produk body  care  (body lotion, body cream, body butter, body milk, body serum, body oil, body gel, body mist) yang ada di toko. Kadang kalau lagi dikonter supermarket atau pas pagi ditoko kecantikan, aku harus baca berulang – ulang untuk mencerna perbedaanya. Namun, pada akhirnya aku tetap saja tidak mengerti. Pasalnya, deskripsi pada kemasan tidak menyatakan perbedaan fungsi dengan jelas. Jelas saja, karena tujuan dari deskripsi dikemasan adalah untuk menjelaskan kelebihan produk saja.

Karena itu, untuk menjawab pertanyaan kita bersama, akhirnya aku memutuskan untuk membuat postingan ini. Hopefully, lewat postingan ini, bisa menjawab perbedaan produk – produk body care tersebut.

Notes: referensi diambil dari cewekbanget.grid.id, Beautynesia, shesintheglow.com, womantalk.com, dan akisayreviews

body care

pink-swirly-hi

Jenis – jenis body care

Semua produk perawatan tubuh pada prinsipnya punya fungsi yang berbeda satu dengan yang lain. Dari namanya saja sudah beda. Karena itu, fungsinya pun pasti beda.

Kalau kalian perhatikan, nama dari produk body care pasti mengandung  nama generic, sesuai dengan bentuk, tekstur dan fungsi masing – masing. Hal ini bertujuan untuk menekankan manfaat masing – masing produk yang berbeda – beda. Ada yang diciptakan untuk perawatan intense, ada juga yang dibuat untuk keperluan pijat memijat, dan ada yang diciptakan untuk kebutuhan sesuai dengan musim.

Berikut adalah penjelasan detailnya:

Body Lotion

Body lotion adalah pelembab badan yang paling populer dan paling umum. Aku yakin barang yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi buat kita semua. Pelembab yang satu ini memiliki formula yang paling encer dibandingkan Body Cream atau Body Butter. Hal ini disebabkan karena lotion memiliki kandunga minyak paling sedikit. Karena itu, ketika dioleskan, produk ini lebih cepat diserah oleh kulit.

Kandungan pelembabnya yang ringan, cocok untuk dipakai ketika udara lagi panas, dan cocok untuk teman – teman yang memiliki kulit normal atau tidak terlalu kering.

Vaseline Intensive Care Body Lotion
Vaseline Intensive Care Body Lotion

 

Body Cream

Body Cream atau krim badan memiliki bentuk yang lebih kental dan mengandung minyak lebih banyak dari body lotion. Karena itu, krim badan cocok untuk teman – teman yang mempunyai kulit kering. Secara khusus, produk ini cocok untuk dipakai pada bagian tubuh yang cenderung lebih kering dari area lainnya seperti lengan dan kaki.

Clinelle HOT Body Cream
Clinelle HOT Body Cream

Body Butter

Body Butter (tidak ada istilah Indonesianya, dan tidak mungkin diterjemahkan juga, karena aneh kan kalau kita bilang “mentega badan”. LOL!) adalah produk pelembab kulit badan yang memiliki porsi kandungan minyak paling tinggi. Karena itu, produk ini memiliki bentuk mirip dengan margarin atau mentega. Itulah sebabnya, produk ini dinamakan Body butter.

Pelembab kulit yang satu ini cocok untuk orang – orang yang memiliki kulit super kering seperti kulitku. Secara khusus, produk ini cocok untuk dioleskan diarea seperti sikut, lutut dan tumit. Biasanya orang cenderung memakai produk ini dimalam hari supaya tidak transfer kemana – mana.

Pic by Coralista

Body Milk

Dibandingkan dengan body lotion, apalagi jika dibandingkan dengan body cream dan body butter, Body Milk memiliki tekstur yang lebih encer. Jadi pelembab ini lebih ringan dan lebih cepat meresap dikulit dari body lotion. Karena itu, kalau diletakan ditangan, body milk akan langsung meleleh atau seperti mencair.

Vitacreme B12 Body Milk
Vitacreme B12 Body Milk

Body Serum

Sama seperti body milk, body serum juga memiliki formula yang lebih ringan dan cepat meresap dikulit. Namun yang membedakan body serum dengan milk adalah formulanya. Jadi, formula dari body serum itu memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, dan mengandung bahan molekul aktif. Selain itu, serum juga mampu untuk menargetkan langsung ke bagian yang bermasalah. Biasanya produk serum itu water-based. Karena itu, produk ini cocok untunk digunakan oleh shiny-proned skin, dan enak dipakai dimusim semi dan musim panas.

Produk serum secara khusus ideal untuk mereka yang mempunyai kulit super kering. Karena serum melembabkan jauh dari dalam kulit sekaligus mengnutrisi kulit. Jadi perawatan yang diberikan oleh serum itu lebih intensif dari produk lainnya.

NIVEA Extra White Radiant & Smooth Body Serum
NIVEA Extra White Radiant & Smooth Body Serum

Body Oil

Body oil adalah pelembab badan berupa minyak. Jenis ini adalah produk badan yang paling lembut. Tekstur dari produk ini menyerupai minyak alami kulit. Karena itu, produk ini mudah diserap oleh kulit. Meski body oil cenderung bersifat non-comedogenic atau ttidak menyumbat pori – pori, tetapi ada baiknya untuk kita menghindari menggunakan produk ini pada area ‘rawa’ jerawat seperti di dada dan dipunggung.

Ovale Body Oil (Click the picture for OVALE Beauty Box Unboxing)
Ovale Body Oil (Click the picture for OVALE Beauty Box Unboxing)

Body Gel

Body gel ada produk perawatan tubuh baru yang baru – baru ini lagi mulai booming di Indonesia. Biasanya terbuat dari Aloe Vera (pada umumnya), body gel punya ciri utama berwarna bening, dan memiliki tekstur cair yang lembut. Karena itu, produk ini mudah diserap oleh kulit. Kandungan Aloe Veranya ini mempunyai banyak sekali fungsi yang bermanfaat untuk penggunanya.

Tipe ini cocok untuk teman – teman yang mempunyai kulit berminyak. Kandungannya yang ringan memungkinkan untuk produk ini multifungsi untuk perawatan badan dan wajah.

SOQU Aloe Vera Soothing Gel
SOQU Aloe Vera Soothing Gel

Body Mist

Last but not least is Body mist. Beberapa orang berargumentasi kalau body mist itu lebih tepat digolongkan sebagai pewangi atau parfume. Tapi ternyata, Body Mist itu sebenarnya adalah body care. Hal ini dikarenakan formulanya (walaupun hanya sedikit) yang bermanfaat untuk kulit – terdiri dari: 2% essential oil, alcohol dan air. Karena itu, body mist dipercaya dapat melembabkan kulit agar tidak pecah – pecah, dan juga bermanfaat sebagai penyegar.

Untuk tekstur, Body Mist memiliki tektsur paling cair, karena mirip sekali dengan air. Selain itu, body care ini ringan, menguap di udara dan wangi. Karena itu, produk ini sering juga disebut sebagai Body Spray. 

Produk ini sering diformulasikan dengan pengharum seperti edt dan Toilette. Makanya tidak heran orang lebih banyak mencari produk ini sebagai alternatif dari parfum, karena harganya juga jauh lebih murah.

Yves Laroche Paris - Innocent Orchid
Yves Laroche Paris – Innocent Orchid

Body Scrub

Body Scrub adalah body product yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan mengangkat kotoran yang telah menyumbat pori kulit. Penting untuk kita melakukan scrub karena kulit kita secara alami beregenerasi selama 14 sampai 21 hari. Dengan scrub, kulit kita jadi lebih sehat.

Laurent Body Scrub
Laurent Body Scrub

pink-swirly-hi

So, that’s all my sharing for today. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935