4 Tips Shopping Irit Ala Beauty Bloggers

Hi beautiful, hari ini aku mau share tips untuk Shopping Irit tapi bisa tetep tampil cantik? Aku yakin disini pasti bukan cuma aku yang punya issue hobby belanja. Pasalnya, emank ada cewek yang gak doyan belanja? Mayoritas dari kaum wanita pasti senang berbelanja. Tapi jangan salah, kaum pria juga ternyata banyak loh yang ternyata hobby belanja. So, yuk Shopaholics, cek Shopping tips berikut.

Oh iya, post ini brought to you by Komunitas Beauty Vloggers & Bloggers. For more information about this community, you can check them out here.

Perbedaan Cara Belanja Pria & Wanita

First of all, let me share with you hasil observasi pribadiku tentang perbedaan hobby belanja antara pria dan wanita. Perbedaan paling significant antara hobby belanja pria dan wanita adalah dijenis barang dan cara belanjanya.

Kaum wanita cenderung terpikat dan senang dengan barang yang lucu – lucu atau barang yang terlihat cantik. Entah itu barang – barang kebutuhan sehari – hari yang adalah kebutuhan primer seperti makanan dan minuman, pakaian, alas kaki (sepatu dan sendal), sikat gigi, sabun, shampoo, odol, dst; maupun pernak – pernik dan mainan yang adalah kebutuhan sekunder atau bahkan sebenarnya kita tidak butuh sama sekali, seperti pajangan, aksesoris (pin rambut lucu dan jewelry), slime, glitters, kutek, limited edition makeup, dst; semuanya ini menarik hati para wanita. Meskipun tidak lagi sale, asal mereka sudah senang, most likely akan dibeli. Apalagi kalau lagi Sale? Jumlah belanjaan mereka mungkin banyak, tetapi nominal transaksi perkali belanjanya sedikit. Namun, frequensi belanjanya sering. Oleh karena itu, tanpa sadar, ketika cek mutasi akhir bulan, mereka akan mendapati list transaksi dengan nominal kecil yang panjang dan banyak, sehingga jumlah total pengeluaran akhirnya besar juga.

Sebaliknya, kaum pria cenderung terpikat dengan barang yang menurut mereka berguna atau mereka pikir akan berguna, meskipun barang tersebut pada akhirnya belum tentu benar – benar akan berguna. Contohnya: kabel, sekrup, alat – alat perkakas (seperti obeng, tang, dst), elektronik (komputer, laptop, handphone), aksesoris untuk barang elektronik, dst. Sebelum membeli barang – barang ini, mereka akan mempelajari dengan seksama terlebih dahulu, dan takes their time untuk membandingkan harga. Bisa dibilang bahwa kaum pria adalah careful buyers. Dibandingkan dengan wanita, jumlah transaksi kaum pria mungkin lebih sedikit. Namun, jumlah nominal pertransaksinya besar.

Tips Shopping Irit

Pada dasarnya, kalau mau irit, ya jangan window shopping dan jangan belanja. Uangnya sebaiknya disimpan dalam tabungan deposito dibank. Namun, sepertinya sulit banget ya. Karena godaan untuk belanja itu pasti ada. Karena itu, dalam postingan ini aku mau share dengan kalian Tips Shopping Irit. Aku yakin tips ini bukan hanya akan berguna untuk teman – teman yang hobby shopping saja, tetapi juga untuk emak – emak seperti saya yang ingin berhemat dalam belanja untuk kebutuhan rumah tangga saja. Lumayan banget kan kalau bisa irit. Jadi uangnya bisa disimpan untuk kebutuhan yang tidak terduga, atau mungkin ada yang bermimpi untuk bisa pergi holiday keluar kota atau keluar negeri.

Ps: Tips berikut adalah dari pengalaman aku pribadi.

Tips 1: Plan Your Shopping List

Sebelum pergi belanja, aku suka membuat list item apa saja yang perlu dibelanjakan. Berikut beberapa manfaat dari Shopping list secara umum:

  1. Membantu kita untuk planning budget 1 bulan kedepan.
  2. Berguna sebagai check list. Kadang pas belanja kita suka lupa, items penting apa yang perlu dibeli. Dengan adanya check list, kita tinggal cek items mana yang belum diambil.
  3. Berguna untuk memberi tahu kita items mana yang menjadi prioritas untuk dibelanjakan.
  4. Berguna sebagai reminder dan latihan disiplin yang baik agar kita stick with the plan. Jadi kita tahu mana items yang sebenarnya kita tidak butuh, atau hanya sekedar ingin beli karena lapar mata.
  5. Untuk moms, shopping list ini juga berguna untuk membantu kita planning meals untuk 1-2 minggu kedepan loh!

Dari segi kecantikan, Shopping List bermanfaat untuk:

  1. Membantu kita untuk tahu, koleksi makeup apa saja yang sudah kita punya. Secara khusus, kita jadi ingat bahwa kita sudah punya warna dan jenis makeup apa saja di laci makeup kita.
  2. Membantu kita untuk disiplin diri. Secara sadar, ketika kita menulis shopping list ini, kita telah buat komitmen untuk hanya membeli barang yang ada di list.
  3. Membantu mengingatkan kita akan budget belanja kita, supaya kita tidak over shopping. Karena kecenderungannya kan kita cuma lapar mata. Seperti ada wods saying, dari mata turun kehati, lalu timbulah keinginan. Hehehe…

Untuk menambah semangat, berikut aku mau share juga dengan kalian Printable Shopping List yang super lucu dari blognya Abby. Meskipun judulnya grocery list, tapi bisa juga dimanfaati untuk bikin list yang lain. Tinggal kita ganti aja judul kolomnya dengan title yang kita mau.

Click the picture to get the Printable Shopping List
Click the picture to get the Printable Shopping List

Tips 2: Check Promosi

Hari ini, dengan semakin maraknya online shop dan e-commerce, toko – toko offline dan supermarket jadi merasa tersaingi. Namun persaingan ini bukan hanya dirasakan oleh mereka yang berdagang offline saja. Para pemiliki olshop dan e-commerce pun merasa persaingan di marketplace jadi semakin ketat. Pasalnya, banyak orang termasuk perusahaan sekarang juga beralih ke media online dan aplikasi untuk memasarkan produk mereka. Oleh karena itu, para pemilik toko berlomba – lomba untuk memberikan their best offer kepada kita. Nah, hal ini dapat kita manfaatkan untuk membantu kita bisa Shopping Irit.

Karena aku adalah beauty blogger, maka aku akan menggunakan contoh yang berhubungan dengan Beauty. Contoh termudah adalah Toko Guardian. Buat teman – teman yang suka belanja di Guardian, Promosi apa yang langsung muncul dibenak kalian? Pasti promosi +1000 kan? Yup, promosi ini disukai banget sama para wanita. Simply, karena promosi ini super hemat. Oleh karena itu, promosi asik banget untuk kita Re-stock kebutuhan kesehatan dan kecantikan yang rutin kita pakai, seperti masker wajah dan pembalut misalnya. So, pastiin kalian subscribe atau follow sosmed atau aplikasi dari toko favorit kalian.

Promo Guardian +1000, cocok banget buat shopping irit
Promo Guardian +1000, cocok banget buat shopping irit

Contoh lainnya adalah Promosi akhir bulan. Meskipun orang suka bilang tanggal tua adalah tanggal nyesek, namun justru diakhir bulanlah biasanya para E-Commerce mengadakan Promosi Gajian. Coba deh kalian cek ke e-commerce seperti Lazada, Shopee, Sociolla, Berrybenka, Zalora, Tokopedia, dst. pas akhir bulan; kalian pasti akan menemukan diskon akhir bulan. 

Promo Gajian Tokopedia
Promo Gajian Tokopedia

Untuk supermarket, biasanya mereka punya promo harian yang sudah rutin dan berlaku sepanjang tahun. Seperti Transmart Carrefour misalnya, mereka punya promosi Kartu Kredit Carrefour dimana setiap pembelanjaan kita sudah otomatis mendapatkan diskon sebear 10%. Contoh lainnya, supermarket Giant. Disamping promo harian, mereka juga promosi koran dan promosi katalog yang diupdate berkala, yang bisa kalian cek juga dari website resmi supermarket yang bersangkutan.

Kalau mau shopping irit, jangan lupa check katalog sebelum berbelanja ya ;)
Kalau mau shopping irit, jangan lupa check katalog sebelum berbelanja ya 😉

Read Also: 3 Warna Terbaru Lip Coat BLP Beauty

Tips 3: Gunakan Voucher

Bentuk promosi lainnya yang suka digunakan oleh brand dan juga online shop adalah Promosi Voucher Diskon. Cara mendapatkan voucher ini ada banyak, tergantung dari toko yang ingin kalian kunjungi. Hal ini disebabkan, setiap toko punya kebijakan dan aturan main masing – masing. Seperti misalnya Aeon Mall Indonesia. Mereka punya sistem membership*, dimana setelah member berhasil mengumpulkan loyalty point sjumlah xxx, maka kita bisa menukarkannya dengan Shopping Voucher.

*Rules may change anytime without notice

Ada toko yang menggunakan jasa promosi seperti Groupon, yang kini berubah nama menjadi Fave. Diwebsite ini, mereka menjual berbagai macam jenis voucher yang menawarkan promosi yang berbeda –  beda pula. Seperti kalian bisa lihat dari foto berikut, diFave kalian bisa menemukan voucher restaurant, Spa treatment, kelas makeup, villa, promosi dimall bahkan sampai dengan paket liburan. Lumayan banget kan untuk Shopping Irit.

Groupon Indonesia, sekarang namanya Fave
Groupon Indonesia, sekarang namanya Fave

Selain itu, banyak E-Commerce juga suka menawarkan Voucher Diskon untuk member baru. Biasanya promosi ini muncul dalam bentuk pop-up yang muncul ketika kita mendarat diwebsite e-commerce tersebut. Menurut pendapat pribadiku, ini adalah smart marketing move. Karena cara ini memberikan win-win solution. Brand mendapatkan new member yang berpotensi menjadi loyal customer, while at the same time, sang new members mendapatkan kesempatan untuk belanja hemat. So pastiin kalian sign up dipop-up box tersebut. Karena, kalau bukan di pop-up box tersebut, kita tidak akan mendapatkan Welcome Voucher tersebut.

Pastiin teman - teman untuk sign up lewat pop up box seperti ini. Otherwise, kita tidak akan mendapatkan Welcoming Vouchernya. Lumayan banget kan untuk irit ;P
Pastiin teman – teman untuk sign up lewat pop up box seperti ini. Otherwise, kita tidak akan mendapatkan Welcoming Vouchernya. Lumayan banget kan untuk irit ;P

Tips 4: Gunakan Discount Code

Last but not least, untuk bisa shopping irit, gunakanlah Discount Code. Banyak Brand, secara khusus di Beauty Industry yang bekerja sama dengan Influencers, Vloggers dan Bloggers (yup, aku membedakan mereka, karena influencers belum tentu adalah seorang Blogger ataupun Vloggers, dan sebaliknya) untuk memberikan rewards berupa Discount Code kepada followers, subscribers atau readers mereka. Salah satu contohnya, tidak lain dan tidak bukan adalah Sociolla Discount Code-ku. Hehehe.. Sekalian promosi ya. Siapa tahu ada yang lagi berpikiran untuk belanja di Sociolla.

Lumayan banget kan, belanja minimal transaksi IDR 250,000.- bisa dapat potongan sebesar IDR 50,000.-. Caranya juga mudah. Cukup masukin kode SBNLA5P3 saat check out. Easy banget kan?

 

So, that’s all my Shopping Tips. Hopefully, it may help you untuk Shopping Irit. I hope you all having a great reading time, and find the information useful. Don’t forget to follow me on my social media for more beauty boosts and updates.

Instagram: @blossom.shine

Facebook: Gracia Cita

Twitter: @jovialbeauty

Youtube: Gracia Cita

xoxo

Blossom Shine

hearts-line-divider-12541935

 

 

Comments